13 Superfood Baru Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Wajib Dicoba!

Hidup sehat dengan konsumsi superfood.

Momen Hari Raya Idul Fitri baru saja selesai. Kami yakin Anda sangat menikmati liburan Anda. Banyaknya hidangan pada saat momen silaturahmi, membuat Anda lupa untuk mengontrol asupan makanan dengan baik. But it’s ok.. semua sangat wajar dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Sebagai perempuan yang concern dengan kesehatan tubuh, tentu superfood sudah bukan hal yang asing bagi Anda. Mulai sekarang Anda bisa mencoba ganti pola makan Anda dengan asupan superfood. Bagi Anda yang sudah menjalankan asupan superfood sebagai konsumsi sehari-hari, tentu Anda sudah akrab dengan kale, chia seeds, dan acai berry. Tetapi saat ini superfood tidak hanya berkisar pada bahan pangan tersebut. Seiring dengan berbagai penelitian untuk konsumsi sehat yang semakin gencar, kini telah terungkap berbagai kandungan dan khasiat super dari berbagai bahan pangan untuk meningkatkan kesehatan manusia di masa kini. Berbagai bahan pangan tersebut bahkan sudah dikategorikan sebagai superfood. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, kategori superfoods ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Apa saja superfood tersebut?  ELLE merangkumnya untuk Anda.

1.Kelp

                                                  

Kelp merupakan salah satu jenis rumput laut yang dapat dikonsumsi. Mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi yang dapat menyehatkan tulang, kulit, dan rambut Anda.

2.Rutabaga

Rutabaga atau lobak kuning kaya akan vitamin C dan memiliki rasa gabungan manis dan pahit. Dapat digunakan sebagai subtitusi mashed potato, rutabaga kaya akan vitamin C. Anda dapat menggabungkannya dengan daging kambing agar seimbang.

3.Lobak Daikon

Kaya akan potassium, magnesium, vitamin B6 dan vitamin C, lobak Daikon akan memberi sedikit rasa pahit pada makanan. Which is good karena dapat mengontrol dan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis.

4.Daun Brokoli

Ya, daun brokoli ternyata juga dapat dikonsumsi. Mengandung vitamin A, C, K, folat, dan potassium yang mampu mendetox racun dari tubuh dan mengurangi efek radikal bebas serta mengandung anti oksidan yang baik untuk tubuh.

5.Microgreens

Sayuran dalam ukuran mini yang biasa Anda temukan sebagai pelengkap di menu dinner Anda. Biasa ditemukan dalam menu restoran, microgreens sebenarnya adalah sayuran muda yang masih berusia kurang dari 14 hari. Terbukti enam kali lebih sehat dibandingkan sayuran yang telah berusia dewasa.

6.Dandelion

Tak hanya cantik, bunga dandelion dapat menyediakan  111% kebutuhan tubuh akan vitamin A, C, zat besi, dan juga mengandung antioksidan.

7.Maca Root

Tumbuhan asli Peruvia ini terbukti sejak lama mampu meningkatkan energi dan fokus pada manusia. Juga berfungsi untuk mengurangi simptom menopause, menstabilkan fungsi hormon, meningkatkan mood, dan juga dapat meningkatkan libido! Kaya akan kandungan antioksida, protein, kalsium, zat besi, dan magnesium yang baik untuk tubuh. Biasanya sudah dijual dalam bentuk powder dan dapat Anda temukan di berbagai toko makanan sehat.

8.Reishi Mushroom

Dijuluki sebagai “mushroom of immortality”, reishi mushroom sudah terkenal sebagai obat-obatan herbal Asia. Berkhasiat untuk menghentikan perkembangan sel kanker dengan meningkatkan fungsi sistem imun. Selain itu reishi mushroom berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai pengobatan alergi.

9.Ho Shou Wu

Dikenal sebagai salah satu obat herbal dari China, Ho Shou Wu dapat memperkuat kuku dan menurunkan kolestrol. Juga baik untuk mensupport fungsi hati dan ginjal. Ho Shou Wu juga dikenal dapat meningkatkan sex drive.

10.Banana Flour

Pisang dikenal memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh. Kini, tepung dari pisang sudah dapat dikategorikan ke dalam superfood karena kemampuannya melindungi Anda dari kanker usus besar dan diabetes. Berguna juga untuk mengontrol gula darah.

11.Kefir

Kefir mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sama seperti yoghurt yang dihasilkan dari fermentasi, kefir kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan. Kefir rendah akan laktosa namun mengandung kalsium dan fosfor dalam kadar tinggi.

12.Kaldu Tulang

Kaldu yang berasal dari tulang ini baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat mencegah insomnia kelelahan, hingga gangguan kecemasan. Untuk kecantikan, kaldu tulang baik untuk kesehatan tulang dan kulit. Kaya akan sodium, potassium, protein, kalsium, magnesium, kolagen, dan gelatin.

13.Maple Water

Dengan rasa yang manis yang dapat Anda jadikan sebagai pelengkap rasa, cairan dari pohon maple ini baik untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan fungsi tiroid. Memiliki kandungan anti oksidan dan mineral. Maple water juga disebut-sebut sebagai “new wonder water”.

 

Ilustrasi: Dok. Chanel Fall Winter ’14-15

Comments

Share this article: