Yoga Time! Kenali 4 Manfaat Dari 26 Gerakan Bikram Yoga

Steal The Benefits!

We already know, yoga merupakan salah satu telah jenis olahraga pilihan kaum urban. Sifatnya yang stress relief, stretching, balancing namun tetap efektif dalam membakar sejumlah kalori di tubuh memang menjadi modal utama olahraga ini. Dan tentu saja, olahraga yang bahkan telah tertulis dalam sebuah buku tertua di dunia, berjudul Rig Veda tersebut juga mengalami banyak variasi dan aliran yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Salah satu variasi yoga yang cukup unik dan diminati masyarakat saat ini adalah bikram yoga. Bikram yoga sendiri diciptakan oleh Bikram Choudhury, pendiri Bikram’s Yoga College of India sebagai bagian dari proses penyembuhannya paska cidera yang ia alami sebelumnya. Ia pun lantas menciptakan gerakan dari rangkaian dari Hatha Yoga, lalu merancang postur khusus untuk kesehatan jutaan orang di seluruh dunia dan menyebarkan nilai terapeutik Hatha Yoga.
Lantas apa yang membedakan bikram yoga dengan yoga lainnya? “Bikram yoga memiliki 26 urutan postur, yang secara sistematis bekerja setiap bagian tubuh, membuat aliran darah dan oksigen berjalan lancar, memaksimalkan kinerja organ internal, semua pembuluh darah, ligamen, dan otot. Juga mampu menjaga berat badan dan kesehatan tubuh,” tutur Lisa Samadikun, Bikram Yoga Teacher dan juga Director Yoga42 Indonesia.
HOT TIME

Bikram yoga pun semakin bermanfaat sebab umumnya dilakukan dalam ruangan bertemperatur hangat sesuai suhu tubuh yang diatur mulai dari 38 – 42 derajat celcius. Ruangan bersuhu hangat ini sendiri dirancang agar tubuh mengeluarkan keringat secara maksimal dan juga memiliki banyak manfaat internal dalam tubuh seperti: membakar lemak secara efektif (we know you would love it!), mempercepat metabolisme tubuh, membuat otot serta jaringan ikat menjadi lebih elastis dan fleksibel yang membuat tubuh terhindar dari cidera, membuang racun di dalam tubuh, serta suhu udara yang hangat pula menstimulasi fungsi T-cell yang bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh dalam mencegah infeksi. A lot of benefits!

THE MIRACLE OF 26 POSES

Diciptakannya rangkaian sebanyak 26 gerakan, nyatanya setiap gerakan secara sinergis memiliki manfaatnya sendiri. Berikut beberapa manfaat dari gerakan tersebut:

  • Dandayamana-Janushirasana (Standing Head to Knee Pose)

Meningkatkan konsentrasi, memperkuat otot punggung, melancarkan sistem pencernaan dan organ reproduksi hingga baik bagi para penderita diabetes.

  • Trikanasana (Triangle Pose)

Meningkatkan fleksibilitas pada pinggul. Memperlancar fungsi ginjal, tiroid, dan menstimulasi kerja otot secara bersamaan.

  • Bhujangasana (Cobra Pose)

Membantu meringankan dan mencegah permasalahan tulang belakang, meningkatkan masukan aliran darah yang baik bagi tubuh, meningkatkan fleksibilitas.

  • Kapalbhati in Vajrasana (Blowing in Firm Pose)

Membantu detoksifikasi tubuh dengan cara membuang racun dan udara yang buruk dari dalam paru-paru. Menguatkan organ tubuh bagian atas dan baik bagi penderita darah tinggi.

Itu merupakan empat dari 26 gerakan yang terdapat dalam bikram yoga. Tertarik untuk merasakan benefit lebih dalam dari olahraga ini?

Comments

Share this article: