6 Minyak Alami Terbaik Untuk Kecantikan Kulit Anda

The true potential of oil products, in every drops.  

Tentu tidak ada yang mampu menghentikan tren pada dunia kecantikan yang berputar cepat dalam setiap musimnya. Tetapi key ingredients ini pun tak pernah kehilangan momen untuk menjadi holy grail item yang versatile dan kaya manfaat di setiap variannya.

  • OLIVE OIL

Tidak hanya menjadi kunci dari diet sehat ala Mediterania dan dressing pada sejumlah salad, olive oil atau minyak zaitun nyatanya memiliki zat oleocanthal yang bermanfaat sebagai zat anti inflamasi serta iritasi pada kulit. Minyak dari buah petite berwarna hijau ini pun kaya akan vitamin E dan polyphenols, yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk mencegah penuaan, efek radikal di kulit, serta agen yang menutrisi secara sempurna.

TRY IT:

Rendam kuku jari Anda menggunakan minyak zaitun selama 10 menit setiap harinya. Atau oleskan minyak zaitun di malam hari sebelum waktu tidur Anda dan bilas menggunakan air hangat pada pagi hari. Minyak zaitun dapat memperkuat serta menutrisi jaringan kutikula bagi kuku yang rentan rapuh akibat penggunaan nail polish dalam jangka waktu lama. Poin plus-nya, minyak ini mampu membuat kuku terlihat shiny.

  • ARGAN OIL

Disebut sebagai gold oil berkat manfaatnya yang irristisible, argan oil diperkaya kandungan asam lemak berupa omega 3 yang dua kali lipat lebih tinggi dibanding minyak ikan. Minyak argan sendiri pun baik untuk meredakan eksim serta kulit gatal yang meradang. Buah argan yang berasal dari Maroko ini secara magical mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV, menutrisi rambut agar tumbuh sehat serta menjaga warna cat rambut Anda agar bertahan lama berkat kandungan vitamin E nya, bahkan mencegah stretch mark yang menjadi momok bagi para perempuan.

TRY IT:

Calling all frizzy hair ladies! Katakan selamat tinggal pada rambut kering Anda dengan cara membalurkan minyak argan dari kulit kepala hingga ujung rambut sepanjang malam. Tutup dengan menggunakan shower cap dan bilas di pagi harinya. Lakukan overnight hair treatment ini dua kali seminggu dan rasakan perubahannya pada kulit kepala dan helai rambut Anda.

  • COCONUT OIL

Bertransisi dari ingredients yang ada pada kitchen stash, superfood ini pun turut menyumbang manfaat bagi dunia kecantikan. Zat lauric acid di dalam minyak kelapa memiliki manfaat dalam membunuh bakteri di kulit, mencegah hingga 20% paparan sinar UV yang mampu merusak kulit. Asam lemak di dalamnya pun efektif mereduksi tanda penuaan di kulit dan menjaga kulit selalu lembut dan kenyal.

TRY IT:

Tuangkan minyak kelapa pada kapas dan gunakan sebagai makeup remover natural yang lembut dan aman pada kulit. Selain kemampuannya dalam menghapus seluruh makeup (even the waterproof one), minyak kelapa juga melembapkan dan menjadikan kulit lebih glowing. Another beauty secret, usapkan sedikit pada bagian cheekbones Anda sebagai primer untuk highlighter Anda. Now your dewy skin goes a long way!

  • AVOCADO OIL

Tidak hanya kaya akan lemak baik bagi tubuh, minyak alpukat pun memiliki kandungan gluthatione, sebuah zat yang kaya anti oksidan dan membantu mencerahkan kulit secara alami (you would love it!). Kandungan multi vitamin berupa vitamin A, E, serta D juga bermanfaat atas nutrisi kulit termasuk meningkatkan kemampuan sel dalam meregenerasi sehingga kulit terlihat lebih radiant serta healthy secara effortless.

TRY IT:

Baik waxing maupun bercukur, semua aktivitas tersebut dapat memicu jaringan kulit meradang dan iritasi setelahnya. Untuk itu campurkan minyak kelapa beserta pure lotion pada area tubuh paska melakukan waxing atau bercukur. Minyak kelapa dapat menenangkan kulit dan membuatnya terhindar dari iritasi. Atau campurkan juga beberapa tetes di dalam shaving foam favorit Anda untuk hasil yang lebih nourishing.

  • TEA TREE OIL

Tea is always be the miracle plant in the world! Maka tidak heran jika minyak dari pohon teh pun menyumbang banyak benefit. Salah satu yang paling tersohor adalah kemampuannya dalam meredakan jerawat dan masalah kulit lainnya berkat kandungan anti mikrobakterialnya. Sifat antiseptik di dalamnya juga mampu mengatasi kulit kepala kering, gatal, dan ketombe secara natural tanpa adanya efek samping. Wangi alami dari tea tree oil sendiri nya juga merupakan satu minyak aromaterapi yang mampu meminimalisir kadar stress.

TRY IT:

If you’re mask addict, Anda dapat mencoba DIY face mask berikut agar menjaga kulit dari jerawat serta komedo terlebih bagi pemiliki kulit berminyak dan kombinasi. Caranya cukup campurkan tea tree oil dengan dua sendok makan madu serta yogurt dan usapkan merata di wajah. Tunggu hingga 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

  • ROSE OIL

Dengan keharuman yang calming dan menenangkan bagi tubuh, minyak bunga mawar menjadi pilihan utama sebagai minyak esensial dalam produk spa dan aromaterapi. Tetapi di balik itu, rose oil turut memiliki kandungan astringent yang berkhasiat meredakan kemerahan dan menenangkan kulit. Ia juga bersahabat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Minyak bunga mawar sendiri memiliki sifat cicatrisant yang mampu memudarkan bekas imperfection pada kulit seperti jerawat dengan cara merawatnya secara alami dari dalam lapisan.

TRY IT:

Bersihkan area yang memiliki jerawat dan kemerahan lalu usapkan dua tetes rose oil pada kapas dan usapkan pada area yang mengalami masalah tersebut. Untuk efek wajah yang fresh dan luminous,  Anda dapat mencampurkan setengah botol rose oil dengan air dan gunakan sebagai face mist yang dapat mencerahkan wajah seketika.

Credit for Beauty Photoshoot:

Photography      : Albert Wolf

Styling                   : Astriana Gemiati

Makeup               : Adi Adrian, Adi Adrian beauty course Jl. Senopati 61, Kebayoran Baru – Jaksel (0817186824)

Hair                        : Aleon

Model                   : Alya (Amor Model)

 

*Photography : Dari berbagai sumber

 

Comments

Share this article: