Health & Fitness

Latihan Sederhana Dan Bermanfaat Untuk Perempuan Aktif Dan Dinamis

27 Mar 2017 17:00 by: Karin Ceatarine

Saat ini, perempuan dengan segudang aktivitas dan kesibukan yang menyita waktu bukanlah hal yang asing lagi. Perempuan berkarir, entertainer, ataupun seorang ibu yang harus selalu siaga menjaga si kecil kini memiliki porsi kesibukan dan tingkat kelelahan yang hampir sejajar dan tentunya menyita waktu. Selain menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan nutrisi, olahraga merupakan suatu hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tentunya sehat. Namun jika Anda merupakan salah satu perempuan yang termasuk dalam golongan tersebut, kata olahraga seolah menjadi suatu hal yang mustahil dilakukan. Padahal, olahraga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran agar Anda dapat menjalani kesibukan dengan maksimal di kemudian hari.

Namun, Anda tidak perlu menyerah pada keadaan dan memutuskan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Karena walaupun hanya dilakukan dalam porsi minim, olahraga tetap memberikan manfaat positif bagi tubuh. Olahraga demikian dapat Anda lakukan di sela waktu luang dan tidak memakan banyak waktu. Kira-kira olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan? ELLE berikan informasinya untuk Anda!

 

Working Woman

Working Women

 

Sebagai seorang perempuan karir, sebagian besar waktu Anda tentunya tersita untuk kepentingan pekerjaan. Jam kerja yang padat dan berbagai kondisi yang Anda hadapi di kota besar pun tentunya menjadi salah satu faktor penghalang niat berolahraga Anda. Jika Anda menghadapi kondisi demikian, Anda bisa mencoba olahraga yang hanya membutuhkan 10 hingga 30 menit berikut. Di tahap awal, Anda bisa melakukannya dalam waktu 10 menit. Namun jika Anda sudah melangkah ke tingkat yang lebih advanced, Anda bisa menambahkannya menjadi 30 menit.

Untuk pemula, mulailah dengan jab, cross, front. Berdiri dengan kaki kanan di depan kaki kiri dan pinggul menghadap sisi kiri. Angkat tangan membentuk posisi boxing, jab ke depan dengan tangan kanan, lalu ganti dengan gerakan yang sama pada tangan kiri menyilang ke arah kanan. Selanjutnya, jumping jacks. Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul dan naikkan tangan ke atas, kemudian kembali ke posisi awal dengan tangan di paha dan kaki dalam posisi tertutup. Ulangi gerakan dengan cepat. Terakhir, sumo squats. Posisikan kakilebih lebar daripada pinggul dan jinjitkan hingga membentuk 45 derajat. Konsentrasikan berat badan pada tumit, punggung datar, busungkan dada, dan rendahkan badan Anda sehingga paralel dengan lantai. Kencangkan bagian paha dalam, perut dan kembali ke posisi awal. Ulangi dan lakukan pendinginan dengan menyejajarkan kaki.

 

Busy Model

Menjadi seorang model, kebugaran dan bentuk tubuh yang ideal merupakan salah satu tuntutan pekerjaan yang harus dipenuhi. Selain dipenuhi berbagai kegiatan seperti photo shoot dan sibuknya fashion show yang harus Anda lakukan, berbagai kegiatan seperti hadir dalam berbagai event tentunya menjadi bagian dari hari-hari Anda. Lalu bagaimana cara yang tepat dan singkat untuk menjaga kebugaran dan bentuk tubuh?

Anda dapat memulai dengan squats yangmerupakan gerakan terampuh untuk menguatkan otot paha, betis, dan bokong. Gerakan ini juga menguatkan otot perut dan punggung untuk meningkatkan keseimbangan tubuh. Dengan menggunakan resistance band, awali dengan posisi jongkok, kedua tangan menggenggam pegangan tali, tahan bagian tali dengan kedua kaki, berdiri tegak sambil menarik tali, lalu ulangi. Kemudian, bicep curl. Berdiri tegap, kedua tangan menggenggam pegangan tali, tahan bagian tengah tali dengan kedua kaki, tekuk kedua siku ke arah dada, fokuskan pada kekuatan bisep dan jangan mengayun, kemudian kembali ke posisi semula. Lalu, rotation row. Berdiri sedikit membungkuk, kaki kiri sedikit ditekuk di depan menahan tali, tangan kanan memegang pegangan tali sambil menarik tali ke arah dada. Putar tubuh ke kanan, tahan beberapa saat, ulangi dan ganti dengan sisi berlawanan.

 

Super Mom

Super Mom

Siapa bilang menjadi ibu merupakan hal yang mudah? Selain membutuhkan kesiapan dan kesiagaan selama 24 jam, menjadi seorang ibu tentunya membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Untuk berolahraga, Anda bisa memulai dengan latihan selama 10 menit. Latihan ini dapat dilakukan selama satu menit dan ulangi kembali selama yang Anda mampu. Mulailah dengan melekukkan dengkul dan berlutut dengan satu sisi kaki secara bergantian. Batasannya, lutut harus berada di belakang jempol kaki. Kedua, gerakan lunges dengan tangan menyentuh lantai setiap kali kaki lurus ke belakang. Posisikan punggung sejajar kepala. Ketiga, bentuk badan membungkuk datar seperti meja. Kencangkan perut dan gerakkan ke atas dan ke bawah secepat mungkin. Rentangkan kaki, tidak lebih dari lebar punggung. Keempat, pushups. Lekukkan kedua lutut kaki ke arah dalam sampai menyentuh lantai, lalu kembali ke posisi pushup. Pastikan kepala menatap lurus ke depan. Kelima, posisikan tubuh seolah sedang bersiap lari. Lekukan dan rentangkan kaki ke belakang menyilang, dengan posisi kaki kiri di belakang kaki kanan. Kemudian, kembali ke posisi squats.

 

 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET