Christopher Bailey Resmi Mengundurkan Diri dari Burberry

Will Phoebe Philo become the new Creative Director?

Industri fashion benar-benar menuju sedang ke sebuah era baru. Hal tersebut dibuktikan melalui aksi pergantian desainer di sejumlah rumah mode. Tahun ini menandai debut diantaranya untuk  Clare Waight Keller di Givenchy, Natacha Ramsay-Levi di Chloé, dan Shayne Oliver di Helmut Lang. Kini ditahun 2018, pergantian masif akan datang dari Burberry yang baru saja mengumumkan bahwa Christopher Bailey selaku Chief Creative Director resmi mengundurkan diri. Telah menangani Burberry selama 17 tahun, Bailey sukses mentransformasikan label historis tersebut menjadi salah satu label kontemporer dan populer di ranah popculture. Bailey tidak hanya mengeksplorasi dari segi desain lewat beragam tema dan merekonstruksi desain trench coat ikonis Burberry tapi juga bergerak mengikuti zaman. Burberry menjadi salah satu rumah mode pionir dalam pemanfaatan media sosial, live streaming, sistem seenow buynow, dan baru-baru ini berkolaborasi dengan desainer luar untuk pertama kalinya yakni Gosha Rubchinskiy.

Peran Christopher Bailey bahkan sempat meluas di Burberry kala di tahun 2014 turut dipercaya untuk memegang jabatan CEO sebelum akhirnya digantikan oleh Marco Gobetti di awal tahun ini. Burberry mengumumkan bahwa Christopher Bailey akan resmi meninggalkan rumah mode tersebut per Maret 2018. Kini spekulasi pun beredar mengenai sosok yang tepat menggantikan desainer asal Yorkshire tersebut. Para pelaku industri fashion meyakini bahwa Burberry akan menunjuk Creative Director Celiné, Phoebe Philo. Dugaan tersebut diperkuat bahwa Marco Gobetti sebelumnya adalah orang dibalik kesuksesan bisnis dari Celiné, dan baru-baru ini berhembus kabar bahwa Phoebe akan mengundurkan diri dari posisinya.

Apalagi bila ia mau menerima tawaran untuk memegang Burberry, ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di London bersama keluarganya. Sebuah faktor pertimbangan utama bagi Philo kala ia menerima tawaran untuk mengepalai Celiné.

Mengenai  rencana selanjutnya dari Christopher Bailey, ia berujar bahwa ia sedang terlibat proyek kreatif.

Comments

Share this article: