ELLE Indonesia Exclusive! F IS FOR FENDI: POKRAS LAMPAS

Inside Rome’s largest calligraffiti work

Apakah yang akan terjadi jika salah satu rumah mode kenamaan Italia mengajak seorang seniman untuk melukis sebuah rooftopA larger-than-life art piece! Untuk kolaborasi teranyarnya, tim millenial di belakang project F IS FOR… mendebut karya seni dari seorang seniman kaligrafi modern, Pokras Lampas. Merupakan guru kaligrafi modern dan juga Official Calligraffiti Ambassador, Pokras diberi kesempatan untuk melukis atap gedung headquarter Fendi di Italia dengan kata-kata dari sebuah puisi spesial.

Memilih lokasi ikonis, yaitu the Palazzo Della Civiltà Italiana, masterpiece ini mengusung konsep “Calligraffiti”. Dalam nuansa warna nan vibran khas Fendi, yang adalah canary yellow, kaligrafi Pokras nan ambisius tersebut merupakan karya seni terbesar di Italia pada saat ini. Menggunakan lebih dari 550 liter cat untuk meng-cover area sebesar 1,270 meter persegi, seniman asal Rusia ini menghabiskan waktu selama dua hari penuh untuk menyelesaikan karya seninya.

Project kolaborasi F IS FOR… FREEDOM OF EXPRESSION menyediakan sebuah platform bagi Pokras untuk membagikan suara artistiknya. Dalam pernyataannya, seniman muda ini menuturkan, “Hal ini adalah mengenai dekonstruksi dan menyoroti arti sebenarnya dari kata-kata dan surat.” Didebut pada awal tahun ini oleh Worldwide Communications Director Fendi, Cristiana Monfardini, mengatakan bahwa F IS FOR… di desain sebagai sebuah platform untuk anak muda, menyediakan ruang digital bagi generasi muda yang sadar budaya.

Pokras sendiri telah mempresentasikan karyanya dalam exhibition yang diadakan di Rusia, Perancis, Jerman, dan Korea Selatan. Dan sepertinya, masa depan hanya akan semakin cerah untuk seniman kaligrafi ini.

Images: Courtesy of Fendi

Comments

Share this article: