FASHION

3 Mei 2024

Mengintip Koleksi Terbaru Kolaborasi H&M x Rokh Dalam Sebuah Wawancara Eksklusif


Mengintip Koleksi Terbaru Kolaborasi H&M x Rokh Dalam Sebuah Wawancara Eksklusif

Setiap tahun, kolaborasi H&M dengan desainer ternama selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu para pecinta mode, dan tahun ini, tidak diragukan koleksi 2024 patut dinantikan. Menggandeng desainer Rok Hwang, H&M kembali dengan koleksi teranyarnya. Meluncurkan 58 potongan pakaian ready to wear untuk perempuan dan laki-laki, mempersembahkan perpaduan eklektik dari ‘deconstructed structure’, yang telah menjadi ciri khas dari desainer kelahiran Korea Selatan tersebut. Merupakan desainer lulusan sekolah mode Central Saint Martins yang ternama serta sukses meraih Penghargaan Khusus LVMH pada tahun 2018, dan sempat mendapat pelatihan di bawah bimbingan Phoebe Philo di Celine, kreasinya dikenal akan sentuhan avant-garde pada busana sehari-hari yang ringkas. Dengan kolaborasi bersama Ann-Sofie Johannson, penasihat kreatif dan kepala desain busana wanita di H&M, koleksi ini berhasil menginterpretasi estetika Rok Hwang dalam detail utility yang memikat.

Kami pun berkesempatan untuk mewawancarai desainer Rok Hwang dan Ann-Sofie Johansson secara eksklusif berikut proses dibalik kolaborasi yang memukau ini. 





Rok Hwang:

Apa yang menginspirasi Anda dalam merancang koleksi kolaborasi ini?

“Inspirasi saya di Rokh selalu berasal dari situasi kehidupan nyata, terutama lingkungan kerja. Saya merasa sangat terinspirasi saat melihat perempuan-perempuan yang bekerja di studio saya, dan yang telah bekerja sama sepanjang karier saya – baik itu ibu saya atau Phoebe Philo – saat saya bekerja di bawah naungannya di Céline. Deret perempuan tersebut, sikapnya, dan bagaimana dia terlibat dalam kehidupan dengan sepenuh hati, telah menjadi referensi terus-menerus bagi Rokh. Hal tersebut juga merupakan inspirasi besar untuk kolaborasi H&M ini. Aksesori yang terinspirasi oleh peralatan kantor juga menjadi tonjolan dalam koleksi ini. Kami bahkan membuat sebuah briefcase gaya 1980-an yang menurut saya akan sangat diminati!”

Bagaimana proses merancang untuk koleksi ini?

“Ketika H&M pertama kali menghubungi, saya kaget – tetapi dalam cara yang sangat positif. Kami pertama bertemu lewat video-call, dan membahas apa yang bisa kita capai dengan kolaborasi ini, kemudian saya membuat proposal desain untuk tim H&M. H&M memiliki pengetahuan yang sangat dalam dan pendekatan 360 derajat yang sangat menginspirasi untuk dipelajari, dan saya bekerja pada segala hal mulai dari desain pakaian hingga gantungan baju untuk di toko. Pada saat proses desain, saya menghabiskan waktu untuk melihat arsip Rokh, memikirkan core values kami dan bagaimana cara menyampaikannya dalam kolaborasi ini. Saya menemukan baju-baju dari koleksi sebelumnya yang membuat saya jatuh cinta lagi dan memutuskan untuk membuatnya menjadi elemen kunci dari kolaborasi ini. Saya terbang ke Stockholm beberapa kali untuk melakukan fitting di atelier H&M – saya gemar turun tangan, saya suka merasakan kainnya dan memastikan setiap detailnya sempurna. Kemudian saya bekerja pada arahan gaya untuk pemotretan dan menyusun tampilan akhir. Itu adalah proses yang sangat menyenangkan.”

Bagaimana Anda menyatukan gaya khas ROKH dengan estetika H&M?

“Hal yang cukup istimewa tentang kolaborasi ini adalah bahwa fokus utamanya menjadi diri saya yang sejati. Pesan dasar dari H&M adalah untuk menyampaikan Rokh kepada dunia. Mereka memberi saya kebebasan penuh untuk mengeksplorasi ide-ide yang benar-benar istimewa.”

Bisakah Anda soroti beberapa desain atau detail yang mendefinisikan koleksi ini?

“Mantel trench adalah ikon dari Rokh, potongan yang benar-benar mencerminkan merek kami. Saya suka double trench untuk perempuan yang dapat disesuaikan dan dipakai dalam banyak cara yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk mantel multi-button laki-laki. Saya melihat pelanggan memakai mantel tersebut dengan gaya panel terbalik, dengan cara yang tidak pernah saya bayangkan ketika saya mendesainnya – selalu fantastis melihat orang menafsirkan koleksi ini dengan cara mereka sendiri.”

Bagaimana Anda membayangkan orang-orang bergaya dalam kreasi ini untuk kehidupan sehari-hari?

“Saya siap untuk terkejut! Tampilan-tampilan tersebut dirancang untuk dipakai dalam berbagai kombinasi, diintegrasikan dengan atribut dari lemari pakaian yang sudah ada, jadi saya tidak sabar untuk melihat orang-orang mengekspresikan diri dan bersenang-senang dengannya.”





Ann-Sofie Johansson:

Bagaimana kolaborasi antara Rok Hwang dan H&M terjadi?

“Kami telah memperhatikan Rokh dan desainer Rok Hwang selama beberapa tahun belakang. Yang membuat kami jatuh cinta pada awalnya adalah cara kerjanya dengan keterampilan tailoring yang presisi – deconstructed dan cukup konseptual dalam beberapa hal, tetapi juga sangat serbaguna dan dapat dipakai, yang merupakan keseimbangan yang disukai oleh pelanggan kami. Dalam hal strategi kolaborasi kami di H&M, kami selalu suka menggabungkan kreasi kami dengan merek-merek baru yang berkembang. Penting bagi kami untuk memberikan wadah dan dukungan kepada bakat-bakat muda, dan kami tahu pelanggan kami benar-benar menikmati mode terbaru yang mungkin belum mereka temui sebelumnya – dari desainer Irlandia, Simone Rocha hingga desainer Kolombia, Johanna Ortiz. Kami menghubungi tim Rokh tahun lalu dan pertama bertemu melalui video call untuk mendiskusikan bagaimana kami bisa berbagi estetikanya dengan lebih banyak orang. Kami sangat senang ketika dia menerima proposal kami.”

Apakah ada tantangan dalam menerjemahkan desain high-end Rok Hwang menjadi koleksi yang lebih dapat diakses untuk pelanggan H&M?

“Hal hebat tentang Rok Hwang adalah dia merancang dengan situasi kehidupan nyata dalam pikirannya. Dia ingin pakaiannya dikenali dan menarik, tetapi juga dapat dipakai dengan mudah. Dia menggabungkan pengetahuan mode yang dimilikinya berikut sentuhan dekonstruktif dengan visi yang praktis. Kami menyukai elemen-elemen dinamis dari garis rancangnya yang cukup kami tonjolkan dalam koleksi ini, tetapi secara keseluruhan, satu-satunya tantangan adalah memutuskan koleksi akhir yang akan dipasarkan. Rok mengusulkan begitu banyak desain fantastis, dan kami hanya perlu mengedit sedikit untuk menghadirkan koleksi yang benar-benar tepat.”

Apa yang membedakan kolaborasi ini dari kolaborasi desainer lain yang telah dilakukan H&M di masa lalu?

“Setiap kolaborasi difokuskan pada mengejutkan dan menyenangkan pelanggan kami, memberi mereka kreasi mode hebat dengan harga yang terjangkau yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Kami selalu mencoba memberikan desainer kebebasan sebanyak mungkin untuk mengekspresikan diri sehingga mereka benar-benar dapat menawarkan visi mereka kepada pelanggan. Dalam hal ini, saya harap kami dapat memperkenalkan Rokh kepada sebagian pelanggan kami yang mungkin belum pernah menemukannya sebelumnya, terutama teknik tailoring yang sangat baik – klasik dengan twist, dan sangat mudah dipakai.

Apa yang Anda harapkan dapat dirasakan atau dialami oleh pelanggan H&M saat mengenakan pakaian dari kolaborasi ini?

“Saya harap mereka merasa percaya diri! dan saya harap mereka merasa bisa mengekspresikan diri. Begitu banyak tampilan yang dapat disesuaikan atau dipakai dalam banyak cara berbeda sesuai dengan kepribadian Anda. Kami benar-benar tidak sabar untuk melihat bagaimana orang menafsirkan kreasi-kreasi tersebut.”

Bagaimana Anda melihat koleksi ini mempengaruhi tren atau membentuk mode di musim mendatang?

“Kami tidak begitu membahas tren secara internal akan tetapi lebih tentang semangat dan pola pikir. Menurut saya elemen-elemen yang dapat dikreasikan kembali dari koleksi ini, keserbagunaan, dan gaya yang tak lekang oleh zaman, semuanya adalah poin pembicaraan utama untuk mode di masa depan. Kami ingin pelanggan kami jatuh cinta dengan kreasi ini dan mengenakannya selama bertahun-tahun mendatang, dan saya pikir itu adalah prinsip yang bagus untuk industri mode saat ini.”