Inilah Karya Lukisan Para Maestro Indonesia yang Dipamerkan di Bulgaria

Proud to be Indonesian!

Galeri Nasional Indonesia (GNI) dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengadakan pameran seni rupa yang diadakan di Bulgaria. Pameran ini berlangsung dari tanggal 5 Oktober – 12 November 2017 di National Art Gallery, Palace, Sofia. “Wonders of Indonesia”, menjadi tema besar pada perhelatan yang di inisiasikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria.

Pameran ini bertujuan untuk memaparkan sejarah dan perkembangan seni rupa melalui karya-karya seni lukis yang diciptakan oleh seniman berbakat Indonesia pada era 1950-an hingga 1980-an. Berbagai macam aliran seni lukis menjadi suguhan yang menakjubkan bagi para pecinta karya seni lukis, dari mulai aliran realisme, decorative, hingga abstrak. Affandi, Popo Iskandar, AD Pirous dan Fadjar Sidik adalah beberapa pelukis yang karyanya juga berperan penting dalam perkembangan seni rupa modern-kontemporer bangsa Indonesia pada saat itu.

Karya yang dipamerkan merupakan koleksi dari GNI dengan berbagai macam teknik seni lukis yang diciptakan. Seperti cat minyak pada kanvas dan oil pastel pada kertas. Saat ini, ada lebih dari 1.800-an karya seni rupa modern kontemporer yang dikoleksi oleh GNI, dan telah beberapa kali mengadakan pameran ke beberapa negara, yaitu Malaysia, Vietnam, Jerman, sampai ke Amerika Serikat. Selain memberikan nilai edukasi, apresiasi dan historis, pameran ini juga mengeratkan tali diplomasi budaya antara Indonesia dan Bulgaria. We should be proud being Indonesian!

Comments

Share this article: