Kisah Skandal Karl Lagerfeld Dan Kekasihnya Dijadikan Buku

Scandalous! The master sat with the author for the first time!

Persaingan yang terkenal antara dua sosok legendaris fashion Karl Lagerfeld dan Yves Saint Laurent yang terjadi sepanjang dekade ’70-an memang bukanlah sebuah rahasia. Namun, seorang laki-laki yang dahulu berada pada puncak perseteruan fashion tersebut tampaknya telah tinggal relatif di bawah radar — sampai saat ini. Namanya adalah Jacques de Bascher, dan kini ia adalah subjek sebuah buku baru yang berjudul Jacques de Bascher: Dandy de l’ombre karya jurnalis Prancis Marie Ottavi.

Buku ini menyoroti kehidupan orang Prancis tersebut yang sulit dipahami. Jacques sendiri kehilangan nyawanya karena mengidap AIDS pada tahun 1989 silam. Merupakan seorang produk era ’70 dan ’80-an, serta kebiasaan berpesta dengan obat terlarang, Jacques adalah partner Karl Lagerfeld selama 18 tahun, namun sempat memiliki affair dengan Saint Laurent, sehingga akhirnya memicu perselisihan yang di antara dua couturier Paris tersebut.

Meskipun kehidupan Jacques telah ditulis sebelumnya dalam buku karya Alicia Drake ‘The Beautiful Fall: Fashion, Genius, and Glorious Excess in 1970s Paris’ pada tahun 2006 dan bahkan juga telah digambarkan dalam dua film, dengan aktor Louis Garrel pada drama biografi Prancis di tahun 2014 dan Xavier Lafitte dalam Yves Saint Laurent setahun sebelumnya, buku ini menandai pertama kalinya Karl Lagerfeld setuju untuk duduk bersama dan mendiskusikan mantan dan satu-satunya kekasih yang diketahui publik. 

Dalam sebuah pernyataan, Marie mengatakan, “Mungkin inilah saat yang tepat baginya. Ia ingin memperbaiki beberapa hal yang telah ditulisnya. Ia tidak mengatakan apa tepatnya, tapi ia ingin membenarkan record-nya.”

Sementara Karl telah sering mengatakan bahwa mereka tidak pernah berhubungan seks, seperti dikutip dari pernyataannya dalam buku tersebut, “Saya sangat mencintai anak laki-laki itu tapi saya tidak memiliki kontak fisik dengannya”, namun muncul dugaan tentang detail perselingkuhannya dengan Saint Laurent, yang diduga terkunci dalam lemari sebagai bagian dari permainan seks. Ini tentu saja merupakan hal yang memicu rasa cemburu pada partner Saint Laurent, Pierre Bergé, sesuatu yang juga dibicarakan Karl dalam buku ini.

Marie juga berbicara dengan Kenzo Takada, Betty Catroux, Diane de Beauvau-Craon, Pat Cleveland, dan Philippe Heurtault mengenai sosok jet-setter yang menggoda ini. 

Jacques de Bascher: Dandy de l’ombre telah tersedia sekarang.

Comments

Share this article: