Art & Culture

4 Alasan Mengapa Lolita Tetap Menjadi Perbincangan

02 Oct 2016 10:00 by: Givania Diwiya Citta

60 tahun sebelum novel erotis 50 Shades of Grey diterbitkan, terdapat sebuah karya fenomenal dengan benang merah cerita yang hampir serupa. ELLE memaparkan sebab Lolita tetap menjadi perbincangan hingga detik ini.

 

SOLID PORTRAYAL  

Penokohan yang kuat membuat novel ini mempunyai ruang tersendiri di hati para pembacanya. Humbert yang berasal dari keluarga terhormat adalah seorang intelektual. Nabokov dengan kalimatnya yang tegas mendeskripsikan kepribadian Humbert yang rumit, seorang pedofil, pengembara, mengidap skizofrenia, dan pencemburu. Penokohan kuat yang diciptakan penulis membuat sosoknya senantiasa membekas di benak pembaca.  Karakter Lolita juga dideskripsikan secara detail hingga sifatnya yang centil, manja, pembangkang yang terkadang misterius, tergambar sempurna di novel ini. Dengan piawai, Nabokov juga menggiring emosi pembaca untuk bersimpati sekaligus meradang terhadap tokoh Humbert dan Lolita.

 

THE CONTROVERSY

Hubungan Humbert dengan perempuan berusia 12 tahun bahkan setelah ia menjadi ayah tirinya adalah permulaan kontroversi yang dituai Lolita. Tema dan isinya dianggap melanggar standar moral masyarakat pada masa itu. Namun secara ajaib ketika Prancis akhirnya memutuskan untuk menerbitkan Lolita, novel ini langsung menjadi best seller. Dengan bergulirnya waktu dan pergeseran kebudayaan, maka setelah 53 tahun, Indonesia berani menerbitkan novel ini. Penerbit Serambi memilih Anton Kurnia — penerjemah novel Les Miserables untuk menerjemahkan karya sastra dunia ini.

 

THE ACHIEVEMENT

Perjuangan penulis untuk menerbitkan novel ini walaupun sempat mendapat penolakan, akhirnya menjadi salah satu karya sastra klasik dunia dengan label best seller di banyak negara selama puluhan tahun. BBC menganugrahi Lolita sebagai novel terbaik sepanjang masa. Novel ini juga masuk dalam daftar 100 novel terbaik berbahasa Inggris versi majalah TIME dan terpilih sebagai 100 novel terbaik abad ke-20 oleh Modern Library.

 

LOLITA THE MOVIE

Meneruskan kesuksesan novelnya, Lolita sempat diadaptasi ke layar lebar sebanyak dua kali. Tahun 1962 di bawah arahan Stanley Kubrick, James Mason memerankan tohoh Humbert Humbert, dan Sue Lyon dipilih memerankan tokoh Lolita. Kesuksesan film tersebut membuat sutradara Adrian Lyne kembali me-remake film Lolita di tahun 1997 dengan pemeran utama Jeremy Irons dan Dominique Swain.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI