Art & Culture

Cara Menikmati Kopi Tingkat Lanjut Lewat Coffee Painting

31 Mar 2017 18:00 by: Hafni Kusumawardhani

Kebiasaan mengonsumsi kopi rasanya telah beken sejak lama di berbagai belahan dunia. Meski berwarna hitam pekat dengan rasa pahit yang dominan, namun banyak orang begitu menggemari minuman ini. Industri  minuman kopi di tanah air juga semakin menggeliat, terbukti dari menjamurnya coffee shop di kota-kota besar. Namun para pecinta kopi, mungkin banyak yang belum mengetahui kegunaan biji kopi dalam penciptaan karya seni.

Meski telah ada tahun 2012, namun seni melukis dengan menggunakan ampas air kopi atau coffee painting baru dikenal secara luas terutama di Indonesia sejak 2014. Anda mungkin tak akan menyangka, bahwa sisa kopi di gelas Anda ketika bersantai di coffee shop atau di rumah, dapat menghasilkan suatu karya seni visual yang bernilai estetika tinggi.

Dengan menggunakan teknik melukis, sisa seduhan kopi tersebut dapat disulap menjadi lukisan berwarna monokrom yang indah. Melukis dengan kopi memang membutuhkan skill yang cukup tinggi, keuletan dan ketelitian. Karakteristik seduhan kopi yang cenderung cair membuatnya lebih sulit untuk dibentuk. Tetapi justru dengan kesulitan yang dimiliki pada seni coffee painting, membuat banyak orang tertarik mencobanya. Banyak talenta berbakat yang kemudian sukses dikenal sebagai coffee artist.

1.         Angel Sarkela Saur dan Andrew Saur

Selama lebih dari satu dekade, mereka telah melukis menggunakan medium kopi dan telah berhasil mengembangkan tekniknya tersebut sehingga mereka menjadi dikenal. Menariknya, kopi yang digunakan untuk melukis tersebut tidak dimasukkan pada pallet atau medium sejenis lainnya yang biasa digunakan untuk wadah cat, melainkan tetap menaruhnya pada suatu cangkir kopi seperti halnya kita sedang minum kopi di teras ataupun coffee shop. Selain menggunakan kopi sebagai cat lukis, keduanya juga kerap menjadikan kopi sebagai objek gambar mereka. Tidak mengherankan, bila mereka sangat dikenal sebagai seniman kopi pertama.

 

2.         Godfrey Caleb

Cerita Godfrey cukup menarik, penemuannya tentang melukis menggunakan kopi ditemukan secara tidak sengaja. Saat itu dia tanpa sengaja menumpahkan suatu kopi diatas kertas, namun dia membiarkannya beberapa saat karena saat itu Godfrey sedang bercakap-cakap dengan seseorang melalui telepon. Seraya melakukan percakapan telepon, ia membuat coretan-coretan pada kopi yang ditumpahkannya di atas kertas tersebut sampai mengering. Dan setelah itu, ia sangat terkejut ketika melihat hasil coretannya. Segera setelah kejadian tersebut, pensiunan arsitek tersebut mulai tertarik dengan teknik melukis menggunaan kopi ini.

 

3.         Karen Eland

Karen juga merupakan salah satu seniman kopi yang terkenal asal Tulsa. Para seniman kopi di sana terbiasa menggunakan kopi jenis espresso. Ia juga pernah melukis sebuah lukisan yang terkenal seperti The Last Supper and Stary Night. Melalui bakatnya, ia berhasil dikenal di televisi maupun internet. talentanya juga ditemukan secara tidak sengaja.

 

4.         Hong Yi

Perempuan juga termasuk dalam deretan seniman kopi berbakat di dunia. Seni kopi ini termasuk kedalam jenis seni yang konvensional. Melukisnya sungguh unik hanya dengan menggunakan kopi yang berada dalam cangkir dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Hong Yi dapat menghasilkan sebuah karya dengan menggunakan jenis kopi yang biasa digunakan yaitu kopi kemasan yang dijual di pasaran dan hasil karyanya yang terbaik dan populer yaitu the 3ft by 5.5 ft portrait of Taiwanese song-writer Jay Chou.

 

5.         Ghidaq Al Nazir

Muda dan bertalenta, itulah kalimat yang tepat untuk menggabarkan sosok pemuda ini. Ghildaq merupakan salah satu seniman kopi yang turut diperhitungkan di dunia. Beberapa media asing tertarik dengan karyanya. Ia sering melukis di atas piring, daun kering maupun di atas kertas. Tak jarang ia juga mengkombinasi alat-alat lainnya sebagai objek, seperti sendok atau earphone. Tidak hanya bermain dengan seduhan kopi, ia juga sering melakukan eksperimen dengan mengkombinasikan bubuk kopi dengan seduhan kopi sebagai alat lukisnya. Ghildaq merupakan penggagas kampanye zero waste coffee dan seni ampas kopi di media sosial.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI