Art & Culture

Garage to Gigs: Musisi Dunia yang Mengawali Karier Musik dari Garasi Mobil

10 Jan 2017 13:00 by: Givania Diwiya Citta

Dalam hal musik, sebuah garasi mobil bisa beralih fungsi menjadi sebuah studio musik. Tak mengejutkan bila video musik banyak yang diangkat dari setting garasi, seolah mempertunjukkan asal muasal mereka yang humble. Seperti No Doubt dalam Don’t Speak dan Sunday Morning, atau bahkan Call Me Maybe milik Carly Rae Jepsen yang instan menjadikannya bintang pop.

The Runaways

Berangkat dari persepsi bahwa nuansa raw mendominasi musik yang dimainkan oleh para garage band, sebutan genre garage rock menjadi populer di era ‘60-an. Tapi tak berarti hanya musik rock yang dimainkan di garasi, musik blues seperti milik Johnny Otis dan The Sonics pun tak luput diperdengarkan. Apalagi di era tahun ‘70-an dan ‘80-an di mana sebuah garasi juga memamerkan showcase musik elektronik. Seperti yang dilakukan DJ Larry Levan, seorang influencer terhadap kemunculan genre garage baru seperti UK garage, serta US garage atau New York house.

DJ Larry Levan

Bukan tanpa tujuan sebuah night club di New York dinamai Paradise Garage. Selama lebih dari dua dekade, klub yang berasal dari garasi parkir milik DJ Larry Levan tersebut menjadi scene musik dance sekaligus musik lain yang menjadi hits di Amerika. Garasi tersebut juga telah melahirkan musisi dan lagu populer seperti Peech Boys, Taana Gardner, Yazoo.

Foo Fighters

Pada tahun 2011 lalu, band Foo Fighters merekam album Wasting Lights di garasi Dave Grohl sang vokalis, plus melakukan live performance di delapan garasi milik para fans di delapan kota di Amerika. Musik mereka di mulai dari garasi, ke panggung worldwide, kemudian kembali lagi ke garasi. Atau cerita Johny Depp yang mulai bermain gitar di garasi sejak berusia 12 tahun. Walaupun ia seorang aktor, ia berhasil untuk menjadi rock star di panggung klub musik hingga panggung MTV Music Awards. Tempat ikonis ini bukan hanya menjadi base bagi musisi amatir yang bermain musik secara fun, melainkan rumah bagi bintang profesional.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER