Art & Culture

Record Store Day: Menilik 5 Rilisan Vinyl Album Terlaris

08 Apr 2017 11:00 by: Hafni Kusumawardhani

Setiap tanggal 22 April, Record Store Day dirayakan hampir di seluruh dunia. Record Store Day yang awalnya hanya dirayakan di Amerika pada tahun 2007, kini telah meluas ke berbagai negara di dunia. Selebrasi ini tidak lain merupakan sebuah perayaan atas api semangat musik indie dari seluruh elemen yang terlibat di dalamnya, termasuk di antaranya musisi, pendengar, pemilik toko musik, label rekaman, produser bahkan seorang sound engineer. Tercatat setidaknya ada lebih dari 1400 partisipan yang bergabung dalam merayakan Record Store Day termasuk dari Indonesia.

Banyak pihak yang merayakan Record Store Day dengan membuat produksi khusus yang didedikasikan sebagai kontribusi bermusik lewat jalur indie. Beberapa musisi bahkan merilis vinyl album dan didistribusikan tepat di hari perayaan tersebut. Terlebih di sepanjang tahun 2016, lebih dari 3,2 juta piringan hitam terjual. Angka ini sekaligus menjadi angka penjualan terbesar sejak tahun 1991. Namun, dari banyaknya piringan hitam dari berbagai musisi di seluruh dunia, berikut adalah lima vinyl album terlaris:

1.       Daft Punk - Random Access Memories

Vinyl album milik duo electro asal Perancis ini dirilis pada tahun 2013. Direkam oleh dua label sekaligus yakni Daft Life yang berkalaborasi dengan Colombia. Dalam album ini, musik yang dibawakan oleh Daft Punk digadang-gadang sebagai album vinyl komersil terbaik sepanjang masa dan membawanya meraih penghargaan Grammy Awards untuk kategori Album of the Year, Best Dance/Electronica Album dan Best Engineered Album, Non-Classical, serta menang dalam ajang penghargaan Annual Grammy Awards di tahun 2014 sebagai Record of the Year dan Best Pop Duo/Group Performance.

 

2.       Adele – 21

Adele memang telah menjadi salah satu penyanyi terkenal dunia. Album ini meraih kesuksesan yang sama dengan album dalam bentuk CD. Berisi 11 lagu, album ini akan memanjakan Anda dengan vokal khas milik british singer berusia 28 tahun tersebut. Selain berisi lagu-lagu apik, kualitas audio yang diberikan oleh vinyl album ini dapat memuaskan para pendengar.

 

3.       Amy Winehouse - Back To Black

Dalam vinyl album versi khusus ini terdapat bonus track tersembunyi yang berjudul 'You Know I'm No Good' (feat. Ghostface Killah). Album ini merupakan album kedua dari penyanyi Amy Winehouse yang juga dirilis dalam format vinyl. Berisi 11 lagu, Anda dapat memutar berulang kali lagu ‘Rehab’ yang menjadi salah satu lagu andalan Amy di rumah Anda.

 

4.       David Bowie - The Next Day

Dirilis pada 1 April 2013, vinyl album ini memuat 14 lagu dengan 3 bonus track yang akan memuaskan para pendengar ketika memutarnya. Label rekaman kenamaan Sony Music yang memegang lisensi rekaman atas produksi album ke-27 dari musisi legendaris David Bowie. Menurut BBC review, album ini menyajikan musik yang cukup dramaris untuk menemani waktu santai para pendengar.

 

5.       Pink Floyd - The Dark Side of the Moon

Band psychedic rock ini merilis album yang bertajuk The Dark Side of The Moon pada 22 April 2003 atau tepat pada perayaan Record Store Day. Diproduksi oleh label rekaman Capitol, album ini berisi sembilan lagum dalam satu disc berbobot 180gram. Selain merayakan Record Store Day, vinyl album ini dibuat untuk merayakan hari jadi band asal London ini yang ke-30 tahun. Berdasarkan review yang dihimpun di salah satu situs belanja internasional, banyak pendengar yang sangat puas memiliki album ini. So, which one are you going to buy?

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER