Art & Culture

Tattoo Report: Salah Satu Bentuk Seni Tertua yang Menjadi Kultur Global

10 Feb 2017 16:30 by: Givania Diwiya Citta

Selama lebih dari tiga dekade terakhir, kesenian tato telah melalui perubahan dramatis di kebudayaan global. Flashback ke era ‘70-an, para seniman traditional fine art bereksplorasi untuk melakukan tattooing melalui jarum di mesin elektrik, serta menghadirkan imagery yang beragam warna dan detail.

Nicole Richie

Sebenarnya, tato telah menjadi bagian dari tubuh manusia sejak ribuan tahun lalu, seperti yang dapat dilihat pada bangsa Polinesia, Mentawai, hingga para Samurai Jepang. Ada perubahan persepsi di mana tato pernah diasosiasikan dengan aktivitas anti-sosial di era ‘60-an dan berubah menjadi statement fashion yang trendy di era ‘90-an, dan kini membuat tato sebagai ikon pop culture. Sejak musisi, atlet, model, dan selebritis memperkenalkan tato di tubuh mereka, praktek ini pun mengaburkan definisi tabu akan tato di budaya kontemporer.

Alice Carrier, Tattoo Artist

Alice Carrier, tattoo artist berbasis di Portland, Amerika, yang ELLE wawancarai menyetujui fenomena tersebut. Dan kini, Pew Research Center dalam penelitiannya mengatakan bahwa lebih dari satu pertiga populasi dewasa muda American memiliki paling tidak satu tato di tubuh, hingga menjadikan industri ini sebagai peringkat ke-enam fastest-growing business di Amerika.

Salah satu karya Alice Carrier

Tapi bagi Alice yang merupakan perempuan normal pada umumnya yang memiliki suami dan anak laki-laki, ia mencintai seni dan counterculture – itulah yang membuatnya mengejar mimpi sebagai tattoo artist di umur 20 tahun. Ia pun mengambil studi jurusan fine art dan belajar di bawah seorang mentor, hingga menemukan tema floral yang menjadi signature style karyanya.

Freja Beha

Penemuan yang lebih menarik, pelanggan Alice dominan perempuan. Bukan karena drawing feminin Alice yang menggiring mereka, namun keinginan dalam mengapresiasi tubuh lah yang membuat mereka mendekorasi tubuh dengan hal-hal cantik dan indah hasil karya Alice. Tapi yang pasti, tato adalah simbol penggerak dalam hal taking ownership of our own bodies. “I feel incredibly lucky that my work inspires people to change their bodies,” tutupnya.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI