Marc Jacobs Akui Dirinya Tidak Sensitif Dengan Tatanan Rambut Gimbal Runway SS17

He was critiqued for cultural appropriation 

Meskipun mungkin Anda sudah lupa tentang skandal perampasan budaya Marc Jacobs selepas presentasi koleksi spring/summer 2017-nya, sepertinya ia belum. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Marc tampaknya telah mundur dari sudut pandang aslinya mengenai masalah ini, dengan mengakui, “Mungkin saya tidak sensitif.”

Mengangkat inspirasi dari cyber goth, seluruh model dalam pertunjukan itu mengenakan tampilan rambut gimbal dalam nuansa permen nan colorful. Dan menurut kritikus, hal itu sangat problematik, mengingat kebanyakan dari model tersebut berkulit putih. Dan faktanya, dari 52 tampilan dalam presentasi tersebut, terdapat kurang dari 10 models of color.

Marc kemudian merespons kritik dengan sebuah posting dalam akun Instagram-nya, “Semua orang yang berteriak mengenai perampasan budaya atau omong kosong apa pun tentang ras atau warna kulit tertentu yang mengenakan rambut mereka dalam gaya tertentu — lucu bagaimana Anda tidak mengkritik perempuan dengan warna untuk meluruskan rambut mereka.” Ia kemudian menambahkan, “Saya tidak melihat warna atau ras – saya melihat orang tersebut.” Banyak orang menganggap desainer kelahiran New York tersebut meremehkan rasisme secara umum. Memang ia telah meminta maaf setelahnya, namun dirinya mengklaim bahwa ia percaya pada kebebasan untuk berbicara serta pengekspresian dirinya melalui seni, busana, dan rambut.

Tampaknya Marc telah memberikan kontroversi tersebut beberapa pemikiran lebih lanjut. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan, “Apa yang telah saya pelajari dari semua itu, yang membuat saya berhenti sebentar setelah hal itu surut, adalah mungkin saya tidak memiliki bahasa yang tepat untuk ini.”

Meskipun telah beredar rumor bahwa koleksi musim spring/summer 2018 mendatang akan menjadi koleksinya yang terakhir, Marc membantahnya. Namun, kami yakin bahwa tidak akan ada tatanan rambut gimbal dalam runway show-nya dalam waktu dekat.

Images: Courtesy of Marc Jacobs

Comments

Share this article: