Mengakhiri Bekerja sebagai Siklus Tiada Akhir Mendatangkan Pundi-pundi Semata

It’s not just about money, honey.

Saya yakin Anda pasti memiliki kenalan atau bahkan sahabat karib yang hingga detik ini telah bekerja di perusahaannya pada jangka waktu yang lama dan membuat Anda sedikit berpikir, mungkin separuh dari sisa hidupnya akan ia habiskan di tempat kerjanya tersebut. Sulit memungkiri bahwa bekerja dalam jangka waktu yang lama pada sebuah perusahaan faktanya tidak seburuk apa yang terlihat. Bekerja untuk sebuah perusahaan dalam hitungan tahun bertambah tahun adalah bagian dari loyalitas pribadi, dan pastinya setiap individu memiliki alasannya sendiri untuk bertahan di sebuah perusahaan. Namun, benarkah faktor keuangan juga menjadi hal paling berpengaruh terhadap loyalitas seseorang di sebuah perusahaan? Saya berbincang bersama tiga orang perempuan dengan jenjang karier yang gemilang di mana mereka pun menceritakan faktor-faktor tidak kasat mata dalam sisi pekerjaan yang mungkin diimpikan oleh banyak orang. Ok, have a seat  because it’s not just about money, honey…

 

Passion But….

Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you,” tukas host sekaligus business-woman Oprah Winfrey. Pada akhirnya, sulit melepaskan passion sebagai faktor yang menjadi sumber semangat seseorang untuk terus bekerja dan bersikap loyal pada perusahaannya. Tiga tahun menjabat sebagai Vice President Public Relations Indosat, Adita Irawati pun sadar benar bahwa pekerjaannya saat ini, yang mencakup seluruh aktivitas komunikasi perusahaan, baik ke eksternal maupun internal, hubungan dengan media, corporate social responsibility, dan reputasi, adalah bagian dari passion dirinya.

 

“Bagi saya, bekerja dengan passion membuat kita tidak hanya sekadar melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai karyawan, tetapi bekerja dengan semangat untuk menghasilkan yang terbaik bagi diri sendiri, tim, dan terpenting perusahaan. Passion juga membuat kita tidak mudah menyerah dan bergairah mencari tantangan baru sehingga dapat menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan.” Seiring dengan berjalannya waktu, ada hal lainnya yang didapat Aditia dari pekerjaannya saat ini, yaitu dinamika yang dirasanya menguji kemampuannya dalam berkomunikasi sebagai individu yang terjun dalam dunia komunikasi. Dinamika itu pula yang akhirnya mendewasakan dirinya dalam melihat banyak hal pada pekerjaannya. Satu hal yang Adita yakini dan tentunya dapat Anda tiru adalah bekerja berdasarkan kepuasan hati dan membawa perubahan yang positif. So are you working with no passion? It’s not the end of the world. Jangan berhenti belajar. Tetap fokus, and push your limit.

 

Challenge to Grow

Enam tahun berada di perusahaan yang sama, plus dua tahun mendalami posisi sebagai ‎Senior Product Manager L’Oréal, Nurul Sulisto belajar banyak bahwa pekerjaannya sekarang sangat membantu dirinya untuk terus menantang dirinya yang ternyata berdampak positif. “Saya merasakan perkembangan profesional saya dalam hal marketing berkembang dengan baik. Di sini selalu ada challenge baru yang membantu mengembangkan professional skill saya saat menangani sebuah brand atau kategori yang membantu saya untuk membangun entrepreneurial skills.” Bagi banyak orang, challenge terlihat menakutkan, namun tanpa itu, sebuah pekerjaan mungkin saja menjadi tidak menarik. Ibarat memasak, jika Anda selalu mencoba resep yang sama, pasti akan terasa membosankan. Namun dengan challenge, itu pula yang membawa seseorang untuk take lead in things hingga keluar dari comfort zone dan membuatnya turut mempelajari hal-hal baru yang bisa mengembangkan skill pribadinya. Sometimes going out of your comfort zone can be scary, but very rewarding. Jadi berbahagialah Anda yang masih sering mendapatkan challenge dari pekerjaan Anda saat ini, karena itu artinya peluang Anda untuk berkembang selalu terbuka lebar.

 

 

Jadi apakah saat ini Anda merasa bekerja hanya untuk uang semata tanpa ada hal-hal yang bermanfaat bagi diri Anda sendiri? Jika ya, setidaknya sekali dalam hidup Anda, temukanlah sesuatu yang sangat penting dan membuat Anda berdedikasi untuk melakukannya. Bukan hanya karena materi semata, tetapi hal lain yang membuat Anda bahagia hingga tidak sabar untuk bertemu dengan pagi dan memulai pekerjaan Anda. Seperti kata Jessie J pada lagunya berjudul Price Tag; Money can’t buy us happiness. Can we all slow down and enjoy right now?

 

 

TEXT: Giovani Untari

PHOTOGRAPHY: IMAXtree

Comments

Share this article: