Mengenali Fotografer Selebriti Ibukota Mario Ardi Lebih Dekat

From self-discovery to fame.

Mario Ardi yang menggagas Mario Photographie adalah seorang fotografer yang karyanya telah dipublikasikan berbagai media massa masif nasional, seperti salah satunya ELLE Indonesia, dan telah bekerja bersama brand masif sekelas Garuda Indonesia hingga Adidas. Setelah menerjuni karier sebagai fotografer profesional tujuh tahun lalu, Mario telah mengekspansi karya fotografinya dalam spesialisasi beauty shoots, editorial, katalog, campaign, wedding, selebriti, hingga sutradara video musik.

Apa yang membuat Anda tertarik dengan dunia fotografi?

Dari SMA saya sudah menyenangi fotografi, dan saat saya melihat foto yang dipajang, ingin rasanya bisa menghasilkan yang sama. Dari situ, saya mengulik bagaimana seseorang bisa menangkap gambar, bagaimana pencahayaannya, kemudian saya mulai mencoba-coba.

Kapan Anda akhirnya terjun secara profesional dalam dunia fotografi?

Tahun 2005 saat SMA, walaupun awalnya masih untuk proyek-proyek sekolah, dan walau dengan bayaran semurah mungkin seperti 150.000 rupiah.

Banyak bidang dalam fotografi yang bisa dieksplorasi, seperti fashion photography, food photography, beauty photography. Ke mana arah fotografi Anda?

Awalnya saya memulai dari bekerja sebagai fotografer majalah interior, food, dan still life product. Selanjutnya saya mengekspansi haluan ke mengarahkan video clip, kemudian barulah fashion, beauty, hingga sekarang commercial dan wedding, termasuk selebriti.

Apa yang paling menarik dari menangkap potret selebriti?

Selebriti dan real people berbeda dengan model. Bila model sudah mengerti apa saja yang tampak bagus dalam foto, memotret selebriti dan real people menjadi menantang karena saya bisa mengarahkan dan menonjolkan image apa yang bold dari mereka. Bahkan lewat fotografi, image tertentu selebriti bisa diubah hingga memberikan feeling yang berbeda terhadap mereka. Maka dari itu, hasil foto saya kebanyakan tampak sederhana namun bisa menunjukkan kecantikan otentik mereka.

Salah satu karya Mario Ardi bersama ELLE Indonesia yang menampilkan Marshanda sebagai ELLE Profile edisi September 2017

Apa ciri khas fotografi seorang Mario Ardi?

Warna yang bold, jarang yang tampak gloomy, dan natural seperti tidak diedit.

Proyek impian yang ingin Anda wujudkan?

Saya senang salah satunya sudah terwujud, yaitu pameran tunggal. Tapi saya memimpikan suatu proyek atau pameran yang publikasinya hype se-antero Indonesia!

Apa saran Anda untuk fotografer di luar sana yang mulai merintis kariernya dalam fotografi?

Biasanya fotografer pemula masih bingung menentukan taste karyanya. Tapi cobalah eksplorasi semua dan pelajari semuanya. Karena dari sanalah Anda akan mengenali dan membangun arah dan feel karya Anda, yang nantinya pasti juga sejalan dengan kata hati Anda. Dan jangan pernah berpikir bahwa untuk menghasilkan karya fotografi menakjubkan, segalanya adalah tentang equipment yang mewah. Kamera dan lighting kit yang bagus memang menunjang, tapi percayalah kreativitas dalam memanfaatkan alat dan properti apapun akan membuat karya Anda tampak mengagumkan.

Adakah satu nasihat yang membuat Anda terpacu?

Intinya, saya adalah tipe yang selalu berusaha untuk terus berkarya, dan jangan pernah mudah puas.

Anda pun kini telah mengembangkan vlog personal, boleh ceritakan lebih mengenai vlog Mario Photographie?

Awalnya saya membuat YouTube channel, kami membuat vlog mulai dari one minute tips dari para selebritis tentang real life yang sangat fun, hingga keseharian tim Mario Ardi. Menantang untuk mengembangkan ini, karena YouTube channel kami belum terlalu terekspos, tapi kami terus memproduksinya baik ada yang menonton atau tidak, because it’s fun!

Salah satu karya beauty shoot Mario Ardi dalam ELLE Beauty Get The Look

Comments

Share this article: