Mulai Gaya Hidup Sehat di Kantor untuk Efektivitas Kerja Maksimal

You can start now!

Memiliki segudang deadline pekerjaan dan bertatapan konstan delapan jam di depan layar komputer hingga lembur, mungkin menjadi penyebab utama Anda tidak dapat memiliki gaya hidup sehat. Alasan umumnya yaitu seperti tidak sempat untuk lari pagi di sekitar rumah dua kali seminggu, atau merasa bahwa tiap weekend adalah waktunya istirahat total. Pekerjaan tiada akhir yang selalu menuntut konsentrasi penuh sering kali membuat Anda lebih memforsir diri untuk tetap on. Tapi dengan tidak membiarkan diri rehat sejenak, kenyataannya bukan hasil kerja maksimal yang didapat, justru daya tahan tubuh Anda yang cenderung menurun dan lebih cepat lelah dalam jangka waktu panjang. Penting untuk diketahui bahwa kebiasaan-kebiasan kecil yang rutin dapat memberikan impact yang besar di kemudian hari, termasuk dalam hal pekerjaan. Hal “sepele” seperti punggung sering terasa nyeri ketika terlalu banyak duduk, bisa berpotensi buruk akan masa depan karier Anda. Gaya hidup sehat di lingkungan pekerjaan kita bisa dimulai dengan hal-hal sederhana seperti di bawah ini.

loveretouch.com

  1. Take a little break

Beristirahatlah sejenak ketika sudah bekerja di depan monitor komputer selama satu jam dengan memejamkan mata selama satu hingga dua menit. Let your eyes chill a bit, jika terlalu lama membiarkan mata melihat cahaya layar komputer, Anda bisa merasakan dampak seperti menjadi lebih mudah pusing. Kemudian Anda bisa merilekskan punggung dan otot-otot jika sudah merasa pegal dengan sekadar berjalan ke toilet untuk mencuci muka, atau pergi ke pantry untuk membuat vanilla latte panas. Hal ini penting untuk refresh kembali pikiran Anda agar mendapatkan konsentrasi penuh untuk pekerjaan-pekerjaan yang sudah menanti.

Jika Anda melakukan brainstorming, jangan paksakan berpikir dalam satu waktu ketika sudah stuck. Anda justru bisa mendapatkan ide-ide yang lebih fresh sembari berjalan­-jalan di sekitar kantor atau sambil melihat-lihat hiasan dekorasi kantor yang dapat memanjakan mata sejenak. Seperti yang dikatakan Dr. Meggie Smith, DC,  “Getting up and moving during the day will help prevent pain in your back and in your joints. An added benefits is that studies have shown that you are more creative when you are walking. If you brainstorming a new initiative or trying to solve a problem at work, take a walk.

  1. Stretch it out!

Olahraga tidak harus dilakukan di gym atau jogging setiap pagi, Anda cukup melakukan stretching tangan, kaki, dan kepala di tempat duduk untuk menghindari otot tegang karena terlalu lama duduk statis di meja kerja. Tinggalkan barbel kecil dengan berat satu hingga dua kilogram di meja kerja Anda dan lakukan olahraga tangan ketika sedang istirahat atau sambil membaca hasil pekerjaan. Tidak ada barbel? Gunakan barang-barang di sekitar Anda dengan berat yang kira-kira sama seperti tumpukan buku atau botol minum berisi air. Melakukan olahraga-olahraga kecil seperti ini tidak menghabiskan banyak waktu atau mengganggu waktu kerja Anda, cukup lakukan dua hingga lima menit secara rutin.

avenuelifestyle.com

3. Drink a lot of water

Mineral water is a must! Anda perlu mengubah kebiasaan meminum minuman bersoda atau minuman berpemanis buatan, dengan air mineral. Selain untuk mencegah dehidrasi, air mineral dapat mengembalikan konsentrasi Anda sekaligus mendetoks racun dalam tubuh secara alami. Selingi juga dengan jus buah-buahan seperti jeruk, tomat, buah naga, hingga ceri terutama jika Anda mulai merasa tidak mood. Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk menenangkan pikiran sekaligus menambah energi, Anda bisa membuat cokelat panas.

  1. Eat Healthier!

Anda bisa membawa makan siang sendiri dari rumah dengan menu makanan sesuai selera. Perbanyak mengonsumsi sayuran, lalu kurangi karbohidrat. Misalnya Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam yang rendah gula. Secara tidak langsung Anda dapat lebih berhemat sekaligus menghindari pengonsumsian penyedap rasa yang biasanya terdapat pada makanan-makanan di restoran atau junkfood. Sebagai pengganti cemilan manis seperti waffer atau cemilan asin yang mengandung penguat rasa, akan jauh lebih baik apabila Anda perlahan menggantinya dengan buah-buahan atau kacang-kacangan seperti kacang pistachio, mete, dan walnut.

  1. Keep it clean

Menjaga kebersihan merupakan faktor penting yang sering kali luput dalam keseharian Anda. It’s simple, mulailah membiasakan membereskan tumpukan buku atau kertas sebelum pulang, sekali atau dua kali seminggu membersihkan mouse dan layar komputer, juga memastikan tidak ada sampah sisa makanan di atas meja kerja untuk menghindari munculnya serangga-serangga. But before that, clean yourself first! Biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh meja kerja ketika baru datang dengan air atau hand sanitizer. Akan jauh lebih nyaman untuk bekerja selama berjam-jam jika lingkungan kerja Anda bersih. So, start it by now!

Comments

Share this article: