Fashion

Maria Grazia Chiuri hadirkan tema whimsical di koleksi perdana haute couture Dior

25 Jan 2017 09:00 by: Rayoga Akbar

Spirit female empowerment tengah bergaung dimana-mana. Desainer Maria Grazia Chiuri selaku Creative Director Dior mungkin menjadi desainer pertama yang merespon akan fenomena ini pada peragaan koleksi lini siap pakai spring/summer 2017 lewat sebuah T-shirt berslogan “We Should All be Feminist”. Namun pada debut koleksi Dior haute couture musim ini, Maria berani medobrak ekspektasi publik dengan menghadirkan nuansa whimsical yang kontras dengan gaung feminis yang ia lancarkan sebelumnya. Bertempat di Musée Rodin, Dior mengubah bangunan historis tersebut menjadi taman labirin. Sebuah setting yang tepat kala seorang desainer ingin menegaskan konsep fairy tale dalam rancangannya.

Sesuai tradisi, setiap show akan dibuka dengan eksplorasi desainer untuk menerjemahkan gaya New Look yang ikonis. Di tangan Maria, bar jacket dipadankan dengan rok midi dengan garis desain yang dibuat minimalis. Aksen hoodie pada jaket di look nomor satu terasa menjadi inovasi yang cukup striking dari sang desainer. Garis desain tailoring pun digantikan oleh parade ball gown dalam beragam material, aksen, dan detail. Kehadiran headpiece yang avant-garde kian menguatkan unsur magical dari koleksi ini. Para penggemar rancangan Maria dan stylist para selebriti mungkin akan menjatuhkan pilihan pada rangkaian gaun transparan yang ethereal dan merupakan signature rancangan Maria. Tapi mereka juga patut untuk mempertimbangkan pada gaun lipit metalik yang memberikan nuansa festive dan kontemporer pada koleksi ini. Dalam sebuah kesempatan wawancara Maria mengungkapkan bahwa ia ingin menjaga esensi fantasi dari koleksi haute couture sembari membuatnya tetap wearable.

Rangkaian peristiwa dunia belakangan ini yang membuat kita merasa skeptis dan resah, mungkin menjadi salah satu alasan mengapa fashion harus tetap mempertahankan unsur imajinatifnya. Berlangsung sehari setelah para perempuan di Amerika Serikat turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya, sekilas peragaan koleksi ini mungkin menjadi sebuah antithesis. Namun sebenarnya mengirimkan pesan empowerment lewat barisan gaun transparan yang anggun adalah metode favorit Maria dalam menyuarakan aspirasinya mengenai perempuan. Kembali ke tahun 2010 di awal penunjukannya sebagai pimpinan kreatif Valentino, kala itu Italia dihebohkan dengan skandal yang melibatkan mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi dengan sejumlah perempuan. Maria bersama rekan kerjanya Pier Paolo pun menghadirkan gaun lengan panjang sebagai aksi untuk mengubah citra perempuan Italia kala itu untuk menjadi lebih sopan dan elegan. Rancangan tersebut pun langsung menjadi favorit dan bersinonim kuat dengan rumah mode Valentino. Present day, Maria taught us to be strong without loosing feminity and tenderness. We hope the message will be more viral in her next stage.

 

Images: Coutesy of Dior & IMAXtree.

 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI