Articles

Lavish Glare: 10 karya memorable Zaha Hadid

07 Apr 2016 19:30 by: Rayoga Akbar

Minggu lalu dunia kehilangan seorang arsitek handal sekaligus visioner yakni Zaha Hadid. Garis desain yang dinamis dan berkesan futuristik menjadi ciri khas perempuan kelahiran Irak dan Inggris ini. Menamatkan studi di salah satu sekolah arsitek prestisius yakni Architecture Association, membuatnya memiliki kesempatan untuk bekerja bersama sejumlah arsitek kenamaan lainnya seperti Rem Koolhaas, Elia Zenghelis, dan Bernard Tschumi. Hingga pada tahun 1979 ia mendirikan kantor desainnya yakni  Zaha Hadid Designs. Karya pertamanya yang berhasil mencuri perhatian publik adalah kala mendesain Vitra Fire Station di kota Weil am Rhein, Jerman. Meski bertujuan sebagai sebuah pos pemadam kebakaran sebagai langkah antisipasi akan terjadinya kembali bencana kebakaran yang melanda kampus Vitra di tahun 1981, Zaha selaku arsitek memamerkan kepiawaiannya dalam memadukan unsur fungsional dan tetap mengedepankan desain penuh statement.  Proyek yang selesai pada tahun 1993 ini tidak hanya menunjukan garis desain Zaha namun juga pendekatannya kala merancang. Dikelililingi taman hijau menunjukan kecenderungannya untuk membangun sebuah gedung dalam ruang terbuka yang luas dan dekat dengan alam. Desainnya yang modern dan dinamis tetap memiliki keterikatan dengan landscape disekitarnya, khususnya alam. Zaha bukanlah hendak menampilkan sebuah kontras yang berkesan raw dan hanya menjadikan bangunannya sebagai pusat perhatian, ia justru hendak menjadikan ruang disekitarnya sebagai sebuah kesatuan dengan karyanya. Tengok sejumlah karya lainnya yang bersentuhan dengan alam seperti Glasgow Riverside Museum, dan Messner Mountain Museum Corones yang terletak di lereng pegunungan Kronplatz yang curam.

Zaha tak hanya menginspirasi dunia arsitektur namun secara khusus perempuan untuk mulai menekuni bidang yang masih didominasi laki-laki. Hal itu dibuktikan dengan menjadi perempuan pertama yang memenangkan penghargaan Pritzker Architecture Prize dan dua kali memenangkan penghargaan prestisius lainnya di bidang arsitektur yakni RIBA Stirling Prize

Through her design she takes us to the future while we’re still in the present. No doubts, if she’s always one step farther, even if she is not here anymore.  

Berikut karya memorable lainnya dari Zaha Hadid:

Mobile Art Chanel Contemporary Art Container

Bekerja sama dengan rumah mode Chanel, Zaha mendesain sebuah pavilion mobile yang terinspirasi dari detal koleksi lini siap pakai Chanel yang digunakan untuk kepentingan pameran seni dan telah berkeliling ke sejumlah kota penting seperti Paris, New York, Tokyo dan Hong Kong.

 

Glasgow Riverside Museum of Transport

Selain desain garis bagian atas yang modern, tata pencahayaan adalah highlight lainnya dari museum ini. Penggunaan kaca yang tinggi memungkinkan cahaya matahari bisa menembus hingga ke main hall.

 

Guangzhou Opera House

Alam kembali menjadi inspirasi Zaha Hadid. Untuk bangunan seluas 7.000 meter persegi ini, Zaha terilhami akan kontur dan proses alami seperti erosi.

Heydar Aliyev Center

Melalui bangunan ini Zaha menerjemahkan konsep urban landscape yang modern dari negara bekas Uni Soviet.

Vitra Fire Station

 

Merupakan masterpiece pertama dari Zaha Hadid, kini bangunan ini beralih fungsi menjadi museum.

London Aquatics Centre

Dibangun dalam rangka Olimpiade musim panas tahun 2012 disebut terinspirasi dari arus gerak geometri air dan atapnya mencirikan akan sebuah ombak. 

Messner Mountain Museum Corones

 

Merupakan salah satu destinasi traveling yang patut didatangi. Selain menikmati arsitekturnya yang unik, dimusim panas Anda dapat menjajal jalur hiking di pegunungan ini. Dan dimusim dingin Anda dapat bermain ski. Selain itu terdapat sejumlah festival yang layak untuk tidak dilewatkan.

Beijing New Terminal Airport

Masih dalam tahap pembangunan, terminal ini disebut akan menjadi salah satu terminal bandara terbesar di dunia.

Port House

Terletak di Antwerp, Belgia merupakan perpaduan gaya modern Zaha lewat bangunan yang menggambarkan bentuk berlian yang menjadi ciri khas kota ini berdiri diatas bangunan klasik Hansa House.

The Kartal Pendik Masterplan

Merupakan pemenang dari proposal mengenai perpaduan antara konsep tempat tinggal yang berkesinambungan dengan sarana transportasi dan komersil. Proyek ini akan dibangun di Istambul, Turki.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI