Pengakuan Shahnaz Soehartono Mengenai #eatlikeshahnaz Yang Menjadi Viral

She told us everything!

Wajah Shahnaz Soehartono tentu telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat, terutama lewat acara Indonesian Morning Show yang menemani aktivitas di pagi hari. Potongan rambutnya yang fresh, sikap penuh integritas, serta senyum yang memancarkan positivity nyaris tidak pernah ia tinggalkan dalam setiap kesempatan. Menjadi daya tarik tersendiri bagi perempuan berzodiak Leo tersebut. Tentu segala aura yang ia pancarkan tidak terlepas dari bagaimana lulusan Seni Urban di Institut Kesenian Jakarta itu cermat menyeimbangkan jadwal, gaya hidup, dan workout secara serasi dan penuh konsistensi.

LIFE LIKE HER
Mengawali karier sebagai model lalu terjun ke dunia jurnalistik dan presenting memang membawa banyak warna bagi hidup Shahnaz Soehartono. Sadar akan betapa pentingnya menjaga penampilan dan juga suara sebagai bagian dari pekerjaannya, Shahnaz mengaku sempat melakukan program diet yang membawanya melakukan  pola clean eating sejak lima tahun kebelakang dan juga pescatarian (hanya konsumsi ikan) setahun silam. Melalui pola makan yang baik pula Shahnaz kemudian mempopulerkan hastag #eatlikeshahnaz yang menjadi ciri khas akun Instagramnya. “Saya termasuk tipe orang yang memiliki Obsessive–compulsive disorder (OCD) sehingga kalau makan piringnya pun harus rapi dan semua tertata. Berawal dari makanan pada saat saya diet, saya abadikan dan unggah melalui hastag #eatlikeshahnaz. Saya ingin mengajak orang agar lebih peduli atas makanan yang mereka konsumsi, terutama sayur dan buah,” tuturnya perempuan yang juga gemar memasak ini. Pola makan sehat yang ia jalani ternyata secara tak langsung turut menular kepada sang suami yang kini terbiasa dengan pola hidup sehatnya. “Biasanya saya selalu memasukkan buah potong ke kulkas sebagai snack pengganti chips. Menurut saya yang paling penting mengawali hidup sehat yaitu dengan menyiapkan makanan sehat di rumah. Simpel namun efektif sekali.”

KEEP RISING

Dan sebagai salah satu presenter yang memandu program pagi dan mengharuskannya stand by di studio sejak pukul empat pagi plus sejumlah jadwal lain yang menuntut mobilitas nan tinggi, Shahnaz ternyata memiliki pola tersendiri agar menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar di depan kamera dan di kehidupan nyata. “Saya selalu menjaga tubuh melalui workout empat kali dalam seminggu. Saya suka lari dan berenang karena memacu konsentrasi.  Lalu menyeimbangkan emosi dengan yoga, karena saat hectic kita merasa disconnected dengan jiwa, dan yoga akan membantu mengembalikannya,” ujarnya. “Salah satunya yang terpenting adalah istirahat dan biasanya juga saat ada acara besar saya memiliki detoks dengan mengatur pola makan tiga hari sebelum hari H dan menghindari makanan yang mengandung gluten,” tutup penganggum Riva G tersebut. Salute!

 

*Artikel ini telah di muat di majalah ELLE Indonesia edisi Juni 2017.

 

Akreditasi

Photography                    : Ely Ricardo

Styling                                 : Astriana Gemiati & Erika Tania

Makeup & Hair                : Laura Tri Agustin

Location                              : Shangri-La Hotel, Kota BNI, Jl. Jendral Sudirman Kav. 1 – Jakarta

Comments

Share this article: