Quirky Flatforms: 10 Ugly/Pretty Shoes nan Edgy

Back with a cool style refresh!

Menurut Oxford Dictionaries, flatform didefinisikan sebagai sepatu flat dengan sole yang tinggi dan tebal. Merupakan sebuah bentuk derivatif dari platform, flatform memiliki sejarah mode yang cenderung lebih pendek namun tidak kalah menarik. Dan cara terbaik untuk memakai sepatu flatform ini selalu berevolusi, mengikuti waktu dan subjek yang memakainya. Aktris ikonis Marlene Dietrich misalnya, pertama kali mengenakan sepatu platform Moshe Kimmel pada dekade ’30-an silam, dan sejak saat itu sepatu tersebut menempati tempat khusus dalam sejarah footwear perempuan.

Fast forward sampai sekarang, seni dan gaya mengenakan sepatu flatform telah berubah secara substansial. Salah satu momen yang cukup terkenal adalah penampilan Emma Bunton yang mengenakan high platform trainers yang cukup curam dan berbahaya pada konser Spice Girls. Namun, tampilan Emma membawa a breath of fresh air pada pertengahan dekade ’90-an silam. Debut platform pada setting on-stage fashion yang diperkenalkan oleh girl band ikonis Spice Girls tersebut mengangkat status platform menjadi item fashion nan avant-garde. Flatform kemudian berkembang dengan desain yang bervariasi. Saat ini, flatform telah menjadi salah satu footwear favorit pencinta fashion. Tim ELLE Indonesia melihat evolusi dari tren ini dan beberapa cara utama untuk mengenakan summer staple shoes tersebut.

Beginning of platform
Pada awal dekade ’30-an, Moshe Kimmel, seorang desainer berdarah Yahudi-Jerman membuka pabrik sepatu di Los Angeles. Debut platform di Los Angeles meraih reaksi yang sangat baik. Para pencinta mode sangat ingin untuk mendapatkan modernist fashion item terbaru dari Eropa tersebut. Marlene Dietrich, yang merupakan ikon pada era itu pun tidak ketinggalan. Setelah debutnya, platform meraih status sebagai summer staple shoes dan memicu munculnya imitasi. Salvatore Ferragamo misalnya, mengambil desain Moshe dan menciptakan the Rainbow, yaitu sepatu sol cork berbalut pita nuansa pelanginya yang ikonis. Terinpirasi oleh Judy Garland, Ferragamo mengambil langkah yang bold dengan menamakan sepatu rancangannya dari lagu Judy yang terkenal, yaitu ‘Somewhere Over the Rainbow’ yang merupakan soundtrack film Wizard of Oz.

Platform pada dekade ini identik dengan musim panas. Jimmy Choo mengeksplorasi desain Ferragamo lebih jauh dengan mengganti pita nuansa pelangi dengan sol espadrille. Sedangkan Jil Sander menginjeksi desain ala Oxford dan lace-up, menghasilkan gaya klasik nan kontemporer.

Spice Girls
Ikon mode pertama yang berhasil memadukan warisan platform dengan desain yang lebih kontemporer adalah Spice Girls. Girl band legendaris ini mengadaptasi flatform ke dalam versi footwear yang beragam. Mewujudkan gaya Britania yang cool, Geri Halliwell terlihat mengenakan knee-high flatform boots, sedangkan Baby Spice lebih memilih moon shoes, yaitu trainers dengan mile-high flatform.
Mungkin platform setinggi empat inci yang terkenal pada akhir dekade ’90-an tidak sepenuhnya relevan bagi perempuan modern era ini, namun rumah mode Fendi sepertinya masih menggoda fashionista yang style-conscious dengan desain flatform-nya nan dramatis.

Flatforms of the future

Saat dekade ’90-an berubah menjadi ’00, flatform berubah menjadi staple yang identik dengan earthy-hipster chic, dengan aktris Kate Bosworth dan Elle Fanning yang tampil lebih sederhana, mempopulerkan gaya tersebut. Meskipun tidak meraih status high-fashion hybrid sampai akhir-akhir ini, tepatnya tiga tahun lalu, flatform made a comeback dengan desainer seperti Tommy Hilfiger dan Alice + Olivia yang membawa sepatu ini kembali ke dalam spotlight.

Musim ini, chunky flatform dikatakan sebagai sepatu yang akan menggantikan go-to flats Anda. Mengambil alih tren sepatu musim spring/summer 2017 sepanjang Fashion Week, rumah mode seperti Gucci, Balmain, dan Erdem tampak mengeksplorasi desain sepatu nan quirky ini. Injeksi update nan fashion-forward hadir dalam bentuk lace-up ribbons, silver hardware, serta motif grafis. Dalam ragam sol yang berbeda, mulai dari neutral, prints, espadrilles, edgy rubber, sampai soles with teeth, elevasi gaya berpakaian Anda dengan sepasang sepatu flatform nan edgy.

Berikut 10 flatform terkini hasil kurasi tim ELLE Indonesia:

  1. GUCCI

    Convertible patent and metallic textured-leather platform pumps $1,190

  2. CHRISTIAN LOUBOUTIN

    Cataclou 60 embellished patent-leather wedge espadrille sandals $795

  3. ALEXANDER MCQUEEN

    Floral-print leather sandals $684

  4. JIMMY CHOO

    Norah knotted canvas wedge sandals $475

  5. MARNI

    Neoprene platform sandals $474

  6. PRADA

    Linea Rossa leather platform sneakers $725

  7. PROENZA SCHOULER

    Woven leather platform sandals $657

  8. MIU MIU

    Lace-up woven leather platform espadrilles $890

  9. MM6 MAISON MARGIELA

    Floral-jacquard high-top sneakers $390

  10. MABU BY MARIA BK

    Violette embellished leather platform sandals $265

Comments

Share this article: