Simak Wawancara ELLE Indonesia Bersama CEO dan Founder IOMA Paris, Jean Michel Karam

The CEO will see you now!

Pada perjalanannya mengunjungi Indonesia untuk merayakan hadirnya produk terbaru IOMA Paris – IOMA Vitality Sleeping Mask, ELLE Indonesia berkesempatan bertemu dan mewawancarai langsung Jean Michel Karam sang CEO sekaligus Founder dari label skin care ternama asal Paris tersebut. Sebelum memulai kariernya pada industri kecantikan dan membangun beauty empire miliknya Jean Michel Karam terlebih dahulu dikenal sebagai  research engineer di TIMA-CM (Techniques de l’Informatique et de la Micro-électronique pour l’Architecture Informatique) laboratory di Grenoble, Paris.

Lama berkutat pada dunia engineering, laki-laki berdarah Prancis-Libanon tersebut akhirnya memutuskan terjun ke industri kecantikan dan menggandeng para ahli dermatologi dan skincare ternama untuk mewujudkan misinya menghadirkan brand yang realistis dan mengedepankan personalisasi sebagai signature utama atas setiap produknya.

Berikut wawancara ELLE Indonesia bersama Jean Michel Karam.

ELLE: Menurut Anda, apa permasalahan terbesar yang dialami kulit saat ini? Suatu masalah yang selalu menginspirasi Anda dalam menciptakan produk yang lebih baik dari sebelumnya?

Jean: Pada dasarnya IOMA selalu melakukan pendekatan dan mengedepankan personalisasi atas setiap produknya. Kami berpikir bahwa setiap orang memiliki kasus yang berbeda atas kulitnya, mengerti akan hal tersebut kami pun menciptakan sebuah teknologi untuk mengatasi setiap kebutuhan secara lebih personal. Ini yang menjadi trigger kami dalam menciptakan MA CRÈME, sebagai salah satu produk andalan kami. Hal lainnya yang selalu mendorong IOMA Paris dalam menciptakan produk skincare terbaiknya juga melalui teknologi terkini. Sedikit bocoran sebelum akhir tahun ini kami akan mengeluarkan satu inovasi besar di Indonesia terkait dengan personalisasi tersebut.

ELLE: Selain konsep personalisasi yang menjadi signature produk IOMA Paris, apa lagi filosofi yang coba Anda tanamkan dalam brand ini?

Jean: Dari sisi kandungan di dalamnya, IOMA Paris terus bekerja dengan menciptakan produk yang relevan di mana kami tidak mengusung konsep one magic ingredients untuk mendapatkan kulit yang maksimal. Pada prinsipnya kami tidak percaya pada hal tersebut karenanya tim IOMA Paris selalu memilih menciptakan produk terbaik atas ribuan bahan dengan menggunakan tanaman alami, mineral, serta bio tech terbaik di kelasnya. Ini mengapa kami terus memperbaharui setiap ingredients produk dan mengembangkan produk tambahan di dalamnya. Seperti hari ini kita menyaksikan lini Vitality Shot yang berfungsi sebagai serum anti polutan bertambah menjadi Vitality Sleeping Mask.

Baca juga artikel ini: http://elle.co.id/ioma-vitality-sleeping-mask-solusi-night-treatment-para-perempuan-urban/

ELLE: Seperti yang kita tahu ritual kecantikan perempuan Asia cukup berbeda dibanding ritual kecantikan perempuan dari Western maupun Europa. Sebagai label skin care global, apakah perbedaan ini akhirnya menginspirasi Anda dalam menciptakan produk?

Jean: Saat tiba di Singapura untuk proses ekspansi skin care kami, IOMA Paris tentu melakukan trial besar dan menemukan fakta bahwa kulit perempuan Asia memiliki tekstur yang terbaik dibandingkan ras lainnya. Hal ini jelas akan membuat proses penyerapan produk menjadi lebih maksimal. Karena kami berinvasi di Asia, IOMA Paris pun tentu terinfusi oleh standar kecantikan dan juga produk yang dimiliki oleh wilayah Asia. Seperti akhirnya kami menciptakan varian khusus whitening untuk konsumen di Asia. Ini adalah pengalaman yang menarik, sebab jika Anda pergi ke Paris, lini whitening kurang begitu diminati. Kami memiliki tim riset khusus yang bekerja untuk kulit Asia, dan akhirnya inovasi hari ini berupa IOMA Vitality Sleeping Mask pun terinspirasi dari keunikan produk kecantikan miliki Asia salah satunya Korea Selatan. Bisa dibilang Asia memegang peranan penting di dalam peta pertumbuhan skin care kami. Dan saya secara pribadi sangat  mengagumi bagaimana orang tua di Asia memiliki concern yang besar dalam mengajarkan anak mereka untuk merawat kulitnya sedari dini.

ELLE: Sebagai CEO dan juga founder dari IOMA Paris, Anda memiliki ragam produk yang inovatif. Secara personal apa produk favorit Anda dari IOMA Paris?

Jean: Pertanyaan yang menarik. Saya pribadi menggunakan IOMA Vitality Shot, Ma Crème Day, IOMA Flash Youth Eye Contour Concentrate yang selalu saya bawa saat berpergian. Di rumah saya memakai IOMA Gentle Exfoliating Emulsion, dan Vitality Sleeping Mask. Saya sesungguhnya mulai merawat kulit setelah mendirikan IOMA Paris, sebab dahulu sebagai ilmuwan dan engineer saya tidak terlalu merawat kulit dan hanya menggunakan pelembap itu pun atas dorongan dari ibu saya.

ELLE: Pertanyaan terakhir, selain menggunakan serangkaian skin care, apa tips Anda untuk para perempuan dalam merawat kulit mereka?

Jean: Tentu kita pada akhirnya tidak bisa melawan adanya penuaan, tetapi filosofi saya adalah saya ingin menua dan meninggal dalam keadaan yang menawan. Tips-nya untuk Anda adalah memahami bahwa kondisi kulit kita 50% berasal dari gen dan sisanya kembali kepada cara Anda merawatnya tubuh. Jadi saran saya adalah lakukan kebiasaan baik seperti hidup sehat, mengonsumsi makanan yang seimbang, memiliki tidur yang  cukup, serta sebaiknya hindari merokok. Untuk kian menjaganya sebaiknya Anda mulai perhatikan ingredients atas produk yang Anda gunakan serta menghindari produk yang menggandung silikon dan paraben.

Photography: dokumentasi IOMA Indonesia.

Comments

Share this article: