Strategi Reboot Helmut Lang untuk Kembali Relevan dengan Millenials

A creative approach to bring back the brand

Fashion label asal Austria, Helmut Lang melakukan perubahan besar-besaran pada hari Selasa minggu lalu. Brand yang sepertinya kehilangan arah sejak kepergian Creative Director Nicole dan Michael Colovos pada tahun 2014 silam, perlahan mulai melalukan perubahan pada bulan Januari lalu ketika merilis koleksi kapsul dengan rapper Travis Scott. Kemudian, pada bulan Maret datang pengumuman bahwa Isabella Burley telah diangkat menjadi Chief Executive, di samping Andrew Rosen yang menjadi Editor-in-Residence brand tersebut untuk pertama kalinya. Langkah pertama Andrew adalah menggaet desainer streetwear, Shayne Oliver sebagai designer in residence. Shayne akan mendebut koleksi kapsul untuk Helmut Lang pada 11 September mendatang di New York Fashion Week.

Sejak saat itu, namun sepertinya tidak terdengar berita apapun. Dan baru-baru ini, akun Instagram Helmut Lang juga telah dihapus. Dan minggu lalu, posting samar mulai muncul, dengan caption seperti “The only COMPANY that cares for YOU,” serta “IMPRESS YOUR PARENTS Wear Helmut Lang.” Lalu, datanglah kejutan! Tepat pada pukul 9 pagi hari Selasa lalu, mereka meluncurkan kampanye baru, akun social media baru, situs baru, dan seluruhnya sangat millenial-friendly.

Dalam sebuah wawancara, Isabella mengatakan, “Sangat penting bagi Helmut Lang untuk mengambil kekuasaan pada Helmut Lang kembali. Bagi kami, untuk mengambil alih kepemilikan dan mengatakan bahwa ini dilakukan oleh brand ini pertama kali, menceritakan sebuah cerita pada generasi baru, hal ini sangat mengasyikkan bagi saya.” Generasi millenial yang terobsesi dengan busana Vetements atau Virgil Abloh memang sepertinya tidak menyadari bahwa Helmut Lang tidak selalu merupakan brand kontemporer yang ditujukan untuk downtown kids yang mencari edgy fix. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa Helmut Lang adalah pelopor gaya minimalis dekonstruktif ala dekade ’90-an yang sangat populer pada runway musim ini. 

Isabella bersama dengan tim desain yang dipimpin oleh Selina Elkuch sejauh ini telah melakukan usaha yang menggemparkan dalam menyatukan masa lalu Helmut Lang dengan relevansi masa depan. Sebagai permulaan misalnya, logo asli kembali digunakan, dan seri Helmut Lang Re-Edition yang mengangkat kumpulan potongan archive yang diluncurkan setiap empat bulan sekali, kembali akan dirilis. Ini merupakan strategi yang cerdas mengingat permintaan akan koleksi vintage Helmut Lang yang sangat tinggi. 

Peluncuran kampanye baru juga merupakan sesuatu yang sangat keren dan kolaboratif. Keseluruhan hal tersebut bisa menjadi tiket untuk membuat Helmut Lang kembali relevan.

Comments

Share this article: