Transformasi Brand Otomotif Luks lewat Urban Hunting X Ultra Singapore

With new lifestyle statement!

Setelah resmi memperkenalkan New Generation Compact Cars di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Mercedes-Benz Indonesia beserta tim regional berskala Asia Tenggara mengerahkan 130 unit mobil compact generasi barunya untuk gelaran Urban Hunting X Ultra Singapore yang melintasi Kuala Lumpur hingga Singapura. Rangkaian acara selama empat hari ini melibatkan road trip masif bersama Mercedes-Benz Indonesia, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan diakhiri secara festive dalam pesta Electronic Dance Music level internasional, Ultra Music Festival, selama dua hari berturut-turut di Singapura. Those four days of adventure was officially badass!

DAY 1

Selepas mendarat di Kuala Lumpur dari Jakarta, saya beserta rekan jurnalis lainnya menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan di showroom Mercedes-Benz, di hub lifestyle Kuala Lumpur, TREC. Dengan tetangga seperti night club Zouk yang tersohor, vibrant comedy club Live House, dan bar IKKI yang luks, showroom Mercedes-Benz pun dikemas layaknya sebuah lounge berdesain ultra modern, yang jauh dari kesan konvensional akan sebuah dealer otomotif. Di sini, hidangan yang diracik khusus oleh chef selebriti Sherson Lian, art live show oleh Foursome, dan performa FDJ lokal justru menjadi atraksi utama malam.

Namun ada satu pesan yang ingin disampaikan oleh Mercedes-Benz seperti yang Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia, ungkapkan disela obrolan kami. “Mercedes-Benz kini tak lagi tentang sebuah alat transportasi, lebih dari itu, produk otomotif ini menjadi sebuah karya seni, layaknya apresiasi terhadap fashion yang menjadi bagian dari lifestyle tiap individu.” Berangkat dari konsep tersebut, transformasi brand otomotif luks ini tak hanya tampak dari desain mobil yang kian dinamis. Buktinya, konsep rebrand yang dirancangnya berhasil dileburkan lewat kampanye yang melibatkan koleksi spring/summer 2017 Burning Desire oleh desainer asal Berlin, David Koma, serta pemilihan muse berkarakter muda dengan personal style yang otentik sebagai representasi DNA compact cars generasi baru ini. Seperti musisi British Eliot Sumner, hingga penyanyi Alika Islamadina dan Miss Indonesia 2014, Maria Rahajeng, yang turut hadir mewakili Mercedes-Benz Indonesia sepanjang acara Urban Hunting X Ultra Singapore.

DAY 2

Begitu pula eksekusi acara road trip yang digelar pada hari selanjutnya. 130 unit mobil New Generation Compact Cars yang terdiri dari tipe A Class, GLA, dan CLA diberangkatkan oleh Mark Raine, Vice President Sales & Marketing Mercedes-Benz Malaysia, dan Martin Schulz selaku Vice President Sales & Marketing Mercedes-Benz Korea. Saya pun berkesempatan mengendarai hatchback A 180 dalam warna Jupiter Red, menyusuri 368 kilometer highway Lebuhraya Utara-Selatan secara smooth dan effortless. Kala mengendarainya selama enam jam penuh (termasuk beristirahat makan siang di Melaka yang otentik), tak hanya tenaga dorong mesin yang mampu melesatkan mobil hingga kecepatan 160 km/jam (surprisingly it’s consecutive!), namun rasanya saya tak perlu menekan pedal gas terlalu dalam atau mencengkram kemudi kuat-kuat untuk mempertahankan stabilitasnya. Walau termasuk kategori city carbut it’s definitely built for speed and opulence!

Fitur yang disematkan dalam tipikal mobil urban seperti konsumsi bensin ultra hemat (yang bahkan masih jauh dari garis empty!), teknologi terintegrasi yang mampu personalisasi pengendara (seperti sistem kontrol holistik pada area kemudi, hingga jok yang mampu di-set secara detail), dan interior mobil yang didesain edgy lewat warna hitam dan material high-gloss, menjadi elemen yang melengkapi konsep rebrand yang diusung Mercedes-Benz. Karena nyatanya, dengan range harga ramah yang dibandrol untuk New Generation Compact Cars ini menjadi bentuk transformasi Mercedes-Benz dalam keterbukaannya terhadap jangkauan konsumen baru lintas gender, lintas profesi, hingga lintas generasi. Namun mereka mengeksekusinya tanpa meninggalkan nilai luks dan technology-savvy yang telah melekat pada identitas setiap karya otomotif Mercedes-Benz, hingga sukses mewakili spirit statement gaya hidup teranyarnya yang edgy-and-young-oriented.

DAY 3 & DAY 4

Setelah menempuh road trip lintas negara menuju Singapura, acara pun resmi ditutup oleh pagelaran rave party dua hari berturut-turut pada Ultra Music Festival yang disponsori oleh Mercedes-Benz. Line-up artist pun dimulai dari Alesso, Afrojack, pengusung French house DJ Snake, dan deadmau5 yang iconic, lalu Kygo yang hype, dilanjutkan Above & Beyond, hingga ditutup oleh duo dari Swedish House Mafia, Axwell & Ingrosso sebagai klimaksnya. Setelah melewati chic dinnerroad trip eksperimental, dan pesta musik dengan setting teknologi tinggi, rasanya Mercedes-Benz telah siap mengukuhkan konsepnya untuk terlahir kembali dan melebur di antara generasi baru yang kian dinamis. The luxury new gen revive!

Comments

Share this article: