Triathlon Menjadi Olahraga Kaum Urban

Berikan “tantangan” pada fisik dan mental Anda dengan Triathlon.

Jika Anda menyukai jenis olahraga yang cukup ekstrim dan menantang fisik serta mental, mungkin Triathlon merupakan olahraga yang harus Anda coba setidaknya satu kali. Triathlon adalah olahraga yang menggabungkan tiga olahraga sederhana namun cukup berat, yaitu bersepeda, berenang, dan berlari yang dilakukan secara terus menerus tanpa jeda. Untuk melakukan Triathlon, Anda harus memiliki fisik khususnya jantung yang kuat dan mental yang pantang menyerah. Terlebih lagi, Triathlon dilakukan dalam format kompetisi yang tentunya akan mempertajam jiwa bersaing Anda. Walaupun belum cukup marak di Indonesia, Triathlon sudah sangat populer di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Australia. Tak hanya digemari oleh para laki-laki, Triathlon juga diminati oleh perempuan. Dalam ukuran standar Internasional, Triathlon dikategorikan dalam kategori jarak pendek (Sprint), jarak menengah (Intermediate), dan jarak ultra (Ironman setengah serta Ironman jauh ). Untuk kategori sprint, menempuh sepanjang 20 kilometer untuk bersepeda, 750 meter untuk berenang, dan 5 kilomoter untuk berlari. Sedangkan kategori intermediate, menempuh sepanjang 40 kilometer untuk bersepeda,  1,5 kilometer untuk berenang, dan berlari sepanjang 10 kilometer. Diikuti dengan kategori Ironman setengah yang memiliki tempuh sepanjang 90 kilometer bersepeda, 1,9 kilometer berenang, dan 21,1 kilometer untuk berlari. Sedangkan untuk Ironman jauh menempuh sepanjang 180 kilometer bersepeda,  3,8 kilometer berenang, dan 42,2 kilometer untuk berlari. Menantang Anda secara fisik dan mental bukan?

Namun, Triathlon bukan hanya sekedar olahraga yang menguras fisik saja. Dibalik tantangan yang dihadirkannya, tersimpan manfaat-manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan mungkin setelah mengetahui manfaatnya, Anda akan membulatkan tekad untuk mencoba melakukan Triathlon. Berikut manfaat yang bisa Anda rasakan dari olahraga Triathlon:

Meningkatkan Kondisi Kesehatan Tubuh

Melakukan olahraga lari, bersepeda, dan berenang secara rutin akan menjauhi Anda dari penyakit jantung, diabetes, kelebihan berat badan (obesitas),  kanker, juga menurunkan resiko osteoporosis. Ketiga olahraga dalam Triathlon juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah depresi.

Melatih Otot-Otot Tubuh

Jika Anda ingin melatih dan menguatkan seluruh otot-otot tubuh, Triathlon merupakan pilihan yang tepat. Karena berlari dan bersepeda akan melatih otot di bagian bawah tubuh, sedangkan berenang melatih otot di tubuh bagian atas. Otomatis, semua otot di bagian tubuh Anda terlatih setelah melakukan Triathlon.

Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan berlari, bersepeda, dan berenang secara rutin sebelum melakukan Triathlon akan bantu membakar lemak serta kalori dalam tubuh. Bonus lainnya, tubuh toned dan kencang bisa menjadi milik Anda!

Membentuk Pola Hidup Sehat

Triathlon tak hanya merupakan olahraga semata. Sebelum melakukannya, Anda diharuskan untuk berlatih ketiga olahraga yang ada dalam Triathlon. Tak hanya latihan, makanan yang memadai nan bergizi dan sehat juga dibutuhkan sebagai salah satu bentuk persiapan dalam Triathlon. Dengan kata lain, Anda akan terbiasa mengkonsumsi makanan sehat dan mengatur waktu makan.

Jika Anda tertarik dan ingin segera mencoba, sebaiknya Anda melakukan dan memperhatikan berbagai persiapannya. Karena Triathlon membutuhkan fisik dan mental yang kuat dan bukan tidak mungkin Anda akan menemui kondisi tak terduga saat sedang menghadapai Triathlon yang sesungguhnya. Berikut persiapan yang harus Anda perhatikan:

Practise Makes Perfect

Mulai tingkatkan intensitas latihan Anda sebelum melakukan Triathlon. Selain untuk membiasakan diri, latihan akan meningkatkan kebugaran tubuh hingga akhir kompetisi.

Strong Mind

Sekali lagi, kekuatan dan ketahanan mental sangat diperlukan dalam Triathlon. Lakukan dengan penuh tekad dan sepenuh hati agar tubuh Anda mengikutinya. Karena jika pikiran Anda sudah memutuskan untuk menyerah, fisik Anda otomatis akan mengikutinya.

Don’t Rush It

Walaupun bersifat kompetisi, Anda tetap harus dapat mengendalikan pikiran dan mengetahui kondisi fisik Anda. Untuk mencegah rasa kelelahan, Anda dapat memulai dengan pelan kemudian tingkatkan kecepatan secara bertahap.

Natural Swimmer

Cobalah setidaknya berenang di perairan terbuka sebanyak satu kali. Medan di kolam renang dan perairan terbuka sangat berbeda. Akan lebih baik jika Anda pernah mencobanya satu kali sehingga tidak akan merasa shock pada saat Triathlon berlangsung.

Best Bycicle

Pilih sepeda yang terbaik untuk Anda. Yang paling penting adalah, menyesuaikan sepeda dengan medan yang dihadapi dan juga ukuran tubuh Anda. Periksa kembali kondisi sepeda agar selalu dalam kondisi prima.

 

Ilustrasi Foto: Pinterest

Comments

Share this article: