Career Tips

Being A Leader: Panduan Menjadi Seorang Pemimpin yang Dicintai

27 Mar 2017 13:00 by: Hafni Kusumawardhani

Dalam melakukan pekerjaan, Anda kerap kali dituntut untuk bekerja secara tim. Sudah menjadi suatu keharusan bagi Anda untuk dapat bekerja sama dengan rekan kerja baik dalam level yang sama maupun dengan bawahan. Tak jarang kita menerima mandat untuk bertanggung jawab terhadap suatu project yang melibatkan sebuah tim.

Menjadi seorang pemimpin yang inspiratif dan disenangi, memang bukan hal yang mudah. Hasil survei yang dilakukan oleh Mercer, sebuah kantor konsultan, satu dari tiga karyawan di Amerika Serikat merasa nggak bahagia dan berencana untuk keluar. Hal ini menunjukkan bahwa sosok pemimpin yang baik, sangat mempengaruhi loyalitas karyawannya. Namun, tak perlu ragu untuk menerima mandat tersebut dan mulailah belajar menjadi seorang pemimpin yang baik, sebab wewenang merupakan sebuah tanggung jawab sekaligus tantangan yang wajib Anda hadapi. Siapa saja dapat menjadi pemimpin dengan mencoba langkah-langkah berikut:

1.         Listen to them

Menjadi pembicara atau pengarah yang baik, lebih mudah dibandingkan menjadi pendengar yang baik. Bila Anda bisa lebih banyak mendengar siapa saja dan apa saja, Anda berada satu tingkat lebih dewasa dibandingkan orang lain. Hal itu menjadi modal utama Anda sebagai pemimpin. Cobalah untuk mendengar berbagai masukan, cerita maupun keluhan dari bawahan Anda. setiap orang selalu senang ketika didengarkan. Selain merasa dihargai, Anda juga dapat menelaah permasalahan yang ada di dalam tim dan mendapat suntikan ide segar untuk menjalankan pekerjaan tim.

 

2.         Talk less do more

Sebagai seorang pemimpin, segala aktivitas dan perilaku Anda tanpa disadari mendapat perhatian dari para bawahan. Jagalah selalu sikap Anda dan berikan contoh yang baik kepada mereka. Jika Anda ingin mereka bekerja dengan giat, disiplin dan beintegritas, tunjukan sikap bahwa Anda adalah pemimpin yang berlaku demikian. Wewenang yang dimiliki seseorang, kadang membuatnya merasa berhak untuk melimpahkan seluruh pekerjaannya kepada orang lain. Konsep atasan yang hanya memberikan tugas adalah konsep yang salah. Pemimpin adalah sosok yang seharusnya dapat diteladani oleh seluruh bawahan.

 

3.         Give your trust

Berikan kepercayaan kepada bawahan Anda dengan memberikan tanggung jawab. Biarkan mereka menyelesaikan pekerjaan dengan cara mereka masing-masing. Anda harus ingat bahwa setiap orang lahir dengan kelebihan dan kecerdasan yang berbeda. Anda harus dapat melihat kekuatan bawahan Anda dan memberikannya kepercayaan atas suatu pekerjaan. Bahkan ketika ia sendiri tidak optimis, sebagai pemimpin yang baik Anda wajib memompa optimismenya. Dengan memberikan kepercayaan lebih kepada bawahan, mereka akan melakukan yang terbaik bahkan mungkin lebih dari yang Anda duga!

 

4.         How to teach not how to direct

Setelah memberikan kepercayaan kepada bawahan, Anda tidak boleh lelah untuk terus memberikan bimbingan. Meski Anda tidak memberikan batasan pada bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan, namun bukan berarti Anda dapat melepasnya begitu saja. Hindari pula memberikan perintah yang terkesan mendikte dan menyebabkan tekanan tinggi . Sebab, hal tersebut hanya akan menimbulkan ketakutan bukan simpati atas kepemimpinan Anda.

 

5.         Appreciation for achievement

Bila bawahan Anda telah berhasil menjalankan pekerjaan dengan baik atau meraih sebuah prestasi gemilang, janganlah ragu untuk memberikan apresiasi. Apresiasi kecil berupa ucapan selamat atau pujian secara verbal, akan dapat memberikan kebanggaan sekaligus simpati kepada Anda. Bahkan sesekali, tak ada salahnya untuk memberikan gift berupa barang atau sejumlah uang tertentu sebagai bonus. Sebab untuk mencapai tujuan bersama, pemimpin harus sanggup menciptakan suasana kerja yang harmonis dan kondusif.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL