From The Expert

Dewi ‘Dee’ Lestari Berbincang tentang Pilihan Jalur Kariernya

30 Sep 2016 17:00 by: Giovani Untari
Sebagai perempuan karier, merasakan struggle di tempat kerja memang dialami oleh siapa saja. Ini bahkan menjadi topik yang secara sadar atau tidak selalu diselipkan di setiap acara hangout bersama sahabat karib kala friday night atau weekend. Memang, ada banyak latar belakang yang mendasari seseorang mengalami struggle di tempat kerjanya, mulai dari masalah ketidakcocokan dengan rekan kerja, hingga masalah minimnya semangat untuk memberikan performa yang terbaik. Jika ditilik kembali, beberapa dari teman saya juga mengaku bahwa bekerja di luar passion mereka menjadi salah satu penyumbang terbesar perasaan struggle tersebut. 
 
The struggle is more real, saat ternyata karier yang mereka pilih atau dapatkan 180 derajat berbanding terbalik dengan jalur pendidikan mereka. Rasanya seperti kembali ke titik nol, di mana kita harus mempelajari ulang segala hal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kita jalani saat itu. Mari berbicara tentang realita, hidup memang tidak selalu tentang mendapatkan apapun yang kita inginkan, bukan? Bahkan menurut data dari U.S Bureu of the Census 2010 American Community Survey sendiri, hanya sekitar 27% orang yang bekerja sesuai dengan jurusan mereka. Hal ini semakin diperkuat dengan fakta dari Forbes yang menyatakan bahwa 60% karyawan tidak menemukan lapangan kerja sesuai dengan jurusan yang diambil. Life must goes on, kesuksesan tentu tetap bisa diraih sekalipun Anda bekerja pada bidang yang berbeda dari jalur pendidikan Anda. Butuh buktinya?
 
Saya berbincang dengan Dewi ‘Dee’ Lestari, seorang penulis buku best seller Indonesia, penyanyi, dan songwriter, tentang jalur pendidikannya yang berbeda dari jalur kariernya saat ini. Lulusan Hubungan Internasional dari Universitas Parahyangan, Bandung, ini lantas menceritakan perjalanan kariernya kepada ELLE Indonesia. Dan jika saat ini Anda berada di jalur pendidikan yang berbeda dengan pekerjaan Anda, mungkin ini bisa menjadi sebuah motivasi untuk mengatasi struggle Anda.
 
ELLE: Background pendidikan Anda bisa dibilang 180 derajat berbeda dengan pekerjaan yang Anda geluti sekarang, apa yang membuat Anda akhirnya memilih karier yang bersebrangan dengan jurusan Anda?
Dewi Lestari (DL): Sebenarnya saya tidak ‘memilih’ untuk berseberangan, tetapi karier saya memang sudah dimulai sejak di bangku kuliah. Saya mulai menyanyi profesional dari semester pertama kuliah. Jadi, sepanjang perkuliahan saya sudah menyambi kuliah dengan menyanyi. Otomatis ketika lulus, saya sudah tinggal meneruskan karier saya.
 
ELLE: Bagaimana rasanya memiliki pekerjaan yang berbeda dengan jalur pendidikan Anda? 
DL: Biasa saja. Karena pada kenyataannya memang banyak sekali yang demikian, jadi saya tidak merasa 'aneh' sendiri. Lulusan Hubungan Internasional yang benar-benar berkarier di jalur diplomatik sangat sedikit. Setidaknya dari yang saya tahu, kebanyakan berkarier di luar itu, entah jadi public relations, advertiser, atau yang menempuh jalur akademis menjadi dosen, dan sebagainya.
 
ELLE: Apakah awalnya Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang berbeda dengan jurusan Anda tersebut?
DL: Tidak, karena menyanyi dan menulis sudah menjadi hobi saya sejak kecil. Kuliah lebih terasa 'sampingan', ketimbang kedua hobi tersebut. 
 
ELLE: Apakah ada ilmu yang dibawa dari jurusan Anda tersebut terhadap pekerjaan ini?
DL: Skill menulis saya cukup banyak dilatih lewat jurusan Hubungan Internasional karena soal-soal ujian kebanyakan esai, jadi harus terbiasa mengungkapkan pikiran lewat tulisan.
 
ELLE: Apa suka dan dukanya memiliki karier yang berbeda dengan jurusan Anda?
DL: Saat kuliah, saya sempat terpikir untuk berhenti karena merasa memang tidak akan terkoneksi, dan ilmu saya tidak akan terpakai untuk pilihan karier saya kelak. Tapi saya bertahan karena janji saya pada orang tua. Dan akhirnya saya mulai menikmati kuliah justru di saat-saat terakhir, yakni saat membuat skripsi. 
 
ELLE: Apakah Anda puas dengan karier yang Anda miliki sekarang?
DL: Sangat puas.
 
ELLE: Bagaimana pesan Anda bagi perempuan yang saat ini berkarier pada bidang pekerjaan yang berbeda dengan jurusan pendidikan mereka sebelumnya?
DL: Sebenarnya sangat umum untuk orang-orang akhirnya berkarier di luar dari pendidikan formal mereka. Saya rasa karena pada akhirnya orang memilih pekerjaan berdasarkan passion atau kondisi alias terpaksa. Jadi, beruntunglah mereka yang akhirnya bisa memilih bukan karena terpaksa, tapi karena memang passionate di bidangnya. Saya rasa, itu bisa diraih dengan menemukan apa yang paling kita suka dan apa yang kita gemari, lalu kita tekuni hingga passion itu akhirnya menjadi skill
 
Big noted!
 
Image: Courtesy of meikemanalagi.com
 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER