From The Expert

Insight Seksi tentang Karier Industri High-Tech oleh President Google.org

13 Dec 2016 18:00 by: Givania Diwiya Citta

Kehadiran pemimpin perempuan dalam industri teknologi hari ini, nyatanya memberi warna tersendiri lewat ambisi, kerja keras, dan sensitivitasnya. ELLE pun menemui sang direktur perempuan industri raksasa high-tech level dunia yang memberi insight seksi tentang karier di dalamnya. Ia adalah Jacquelline Fuller, President Google.org & Google Foundation.

Lebih dari 100 juta dolar hasil keuntungan yang diraih Google per tahun, Jacquelline kelola untuk membantu para inovator seluruh dunia dalam menciptakan solusi terhadap tantangan global. Lewat investasi kepada para technologist, persona terpenting nomor tiga di Google ini memimpin misi untuk mengurasi ide-ide inovatif, menampung mimpi mereka, dan membantu mengeksekusinya secara kreatif. Karena ia yakin bahwa lewat brand dan power yang kuat, ia bisa menyebarkan dampak positif yang menjangkau berbagai lapisan melalui teknologi sebagai pendukung kualitas kehidupan dunia.

Target apa yang Google raih kala Anda memimpin Google Foundation?

“Kami berhasil menciptakan technologist yang kian divergen. Karena produk-produk terbaik nyatanya hadir saat kami mengumpulkan engineers yang justru berasal dari berbagai latar belakang, lintas geografi, sekaligus perempuan. Kami berinvestasi pada program yang membantu perempuan agar lebih tertarik pada science, teknologi, engineering, dan matematika untuk memastikan bahwa terdapat banyak pilihan karier yang bisa mereka eksplorasi. Kami yakin, bila berinvestasi pada perempuan, maka efek multiple dapat ditunai setelahnya. Karena perempuan akan menggunakan investasi yang ada pada diri mereka, dan menginvestasikan kembali ke anak-anak dan komunitas mereka. Saat mereka mendapat benefit-nya, seluruh komunitasnya pun akan meraih kebaikan yang sama.”

Apa program ambisius Anda selanjutnya, terutama untuk Indonesia?

“Kami berkunjung ke Indonesia untuk belajar. Saya dan tim telah bertemu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memahami tantangan yang dihadapi dalam mendukung warisan dan budaya lokal. Dan kami mendapati bahwa pendidikan adalah kunci yang harus kami prioritaskan. Ini adalah jawabannya untuk membuat dunia lebih baik, bagi Indonesia maupun global. Kami juga mencari para inovator dengan ide cemerlang tentang bagaimana membuat sarana edukasi terbaik yang bisa diimplementasikan pada lingkungan yang terkadang tidak tersedia akses internet bahkan listrik. Solusi online dan offline yang tetap mampu memberikan konten informasi terbaik untuk setiap anak.”

Apa hal tersederhana yang bisa perempuan lakukan dengan teknologi hingga mampu memberi dampak baik pada lingkungan sekitarnya?

“Perempuan adalah konsumen teknologi yang hebat, bahkan nyatanya kita mengungguli game ini lewat penggunaan kreatif media sosial dan aplikasi untuk berkomunikasi. Tapi saya ingin melihat lebih banyak perempuan untuk terlibat menjadi creators of technology. Because here’s the thing. Para technologist yang merupakan engineer, yang mengerti cara coding, adalah mereka yang menentukan produk, platform, dan sistem yang bisa dibangun. Karena merupakan naluri manusia untuk menciptakan solusi bagi masalah yang menjadi prioritas. Kami butuh perempuan yang tak hanya mengonsumsi teknologi, tapi juga menciptakan teknologi. Dan kami memastikan bahwa mereka mampu menciptakan varian produk yang akan melayani kebutuhan setiap orang.”

 

Career Path

2007 – Now: President of Google.org & the Google Foundation

2000 – 2007: Deputy Director Global Health Advocacy of Bill & Melinda Gates Foundation

1990 – 1992: Speechwriter to the Secretary Department of Health and Human Services

 

Projects:

2013: Menciptakan smart glasses hasil kolaborasi dengan Royal National Institute for the Blind untuk penyandang tuna netra.

2014: Bersama Lift Labs menciptakan sendok teknologi tinggi yang mampu mengurangi tremor bagi penderita parkinson.

 

 

STYLIST: Jonathan Andy, Fadilla Yunidar

PHOTOGRAPHY: Daniel Kampua

MAKEUP: Victoria Makeup Atelier

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI