13 Kiat Merawat Diri Selaras Esensi Alam

13 kiat merawat kecantikan yang selaras nilai alam

Serangkaian kiat menghidupkan kembali seluruh panca indera pada tubuh dan jiwa Anda.

Tanpa harus sepenuhnya menjadi organic goddess, sejatinya ada pelbagai pedoman kecantikan dan kesehatan yang dapat memberi perubahan pada hidup dan lingkungan Anda. Demi meningkatkan kualitas diri di dunia yang juga lebih baik, simak 13 kiat untuk menghidupkan kembali indera, tubuh, dan jiwa Anda— termasuk para lebah!

Detoksifikasi & Atur Prioritas Diri

diet jus seledri
Image: iStock

Kebiasaan buruk, stres berkepanjangan, konsumsi minuman beralkohol berlebih, makan makanan yang tidak sehat, serta polusi, mampu menyebabkan kondisi kesehatan kulit menurun. Untuk membantu kulit tampak selalu segar, cerah dan sehat, Anda harus merawat hati secara cermat—organ tubuh yang memiliki andil utama dalam proses pembersihan tubuh. Mengonsumsi susu, esktrak thistle, selenium, zinc, magnesium dan antioksidan lainnya membantu meningkatkan proses alami tubuh.

Cara mudah lainnya? Minumlah jus seledri yang kaya akan vitamin, mineral, dan electrolytes. Selain itu, lakukan aksi “Sleeping Beauty”, sebab kualitas tidur malam sangat berperan penting. Tidur yang berkualitas menjadi salah satu bagian utama dalam proses regenerasi tubuh, kulit, dan kesejahteraan secara menyeluruh. Memiliki waktu istirahat yang optimal berada di urutan teratas daftar perawatan kecantikan para supermodel dunia.

Tersenyum Menghadapi Hidup

Mulut merupakan bagian tubuh yang bertugas sebagai penjaga gerbang kesehatan. Sedangkan gigi adalah organisme hidup yang berkomunikasi dengan seluruh tubuh melalui aliran darah serta sistem limfatik dan saraf. Kebiasaan baik dan diet seimbang menjadi kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat, merawat gigi di kondisi prima, serta menciptakan napas segar dan senyum yang cerah. Sebagai langkah awal menjaga kesehatan mulut, jangan ragu untuk memilih sikat gigi yang terbuat dari bambu—yang berkelanjutan dan layak untuk biodegradasi. Gunakan berbarengan dengan pasta gigi dengan kandungan arang aktif yang mampu memberikan rasa segar, memutihkan gigi, serta mencegah bau mulut.

Sementara itu, hindari pasta gigi yang memiliki kandungan triclosan (dapat mengganggu hormon); sodium lauryl sulfate (mengiritasi kulit); titanium dioksida (mengandung partikel nano yang berpotensi menjadi kanker).

Bijak Pilih Skincare

Rutin mengenakan pelembap memiliki andil dalam melindungi fungsi perisai kulit alami, menjaga kondisi kulit tetap ternutrisi, dan menyediakan lemak baik untuk hasil optimal. Tidak hanya pelembap, serum juga penting dikenakan dalam rutinitas perawatan kulit. Serum yang ideal adalah serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid, karena mampu menembus lapisan permukaan kulit sekaligus jaringan kulit terdalam. Kenakan pelembap yang kaya bahan-bahan seperti shea butter, minyak alpukat, asam lemak, dan antioksidan baik layaknya purslane.

Konsumsi Sayuran

elle indonesia - belanja sayur online

Rutin minum air putih dalam jumlah banyak setiap hari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat melengkapi kebiasaan sehat tersebut dengan mengonsumsi smoothie—sebagai opsi karena praktis, mudah untuk disiapkan, kaya rasa, dan mengandung banyak buah serta sayur untuk pola diet seimbang. Anda juga dapat bereksperimen dengan campuran bunga atau kelopak. Bayangkan minuman segar lavender latte, minuman berinfusi bunga mawar, hibiscus rose tea (disajikan hangat maupun dingin dengan es batu), atau elderberry cocktail. Pilihan minuman tersebut bukan hanya menuntaskan dahaga, tapi juga menyemarakkan palet rasa Anda.
DIY: Tuang 2 gelas susu almon ke dalam blender, tambahkan beberapa jumput lavender organik. Anda juga bisa menambahkan cornflower, segenggam mint dan herba segar lainnya, kemudian taburkan sedikit kayu manis.

Makan yang Baik & Sadar Konsumsi

Daging yang berasal dari peternakan menghasilkan dampak negatif bagi lingkungan karena menyumbang gas rumah kaca yang banyaknya kurang lebih sama dengan setiap moda transportasi yang digabungkan. Dengan menganut gaya hidup plant-based, walau mungkin hanya 1-2 kali dalam sehari, kebiasaan ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi jejak karbon. Berikut beberapa tip lainnya:

  • Upayakan mengurangi konsumsi daging dan ikan, setidaknya satu hari dalam seminggu.
  • Kebiasaan sehat tersebut turut menjadi inspirasi yang digaungkan lewat kampanye Stella McCartney, Meat Free Monday.
  • Sebanyak 80% dari pola konsumsi diet Anda harus terdiri dari sayuran organik dan gandum utuh (nasi merah, quinoa, millet, kacang-kacangan, dan sejenisnya).
  • Upayakan mengonsumsi bahan makanan lokal dengan berprinsip ‘farm to table’.
  • Mengonsumsi buah dan sayuran musiman.
  • Memasak dengan menggunakan beberapa opsi minyak sayur (kelapa, bunga matahari, dan lainnya) serta gunakan silih berganti untuk variasi.
  • Mengurangi konsumsi gula tebu putih, tepung terigu, dan makanan siap saji.

Layaknya eco queen, Gisele Bündchen, awali hari dengan menghabiskan segelas air hangat yang dicampur perasan jeruk lemon. Minum air lemon tersebut dalam kondisi perut kosong untuk mengulang fungsi tubuh dan meningkatkan proses pencernaan. Setelah itu, minum jus buah segar atau smoothie yang kaya vitamin—terbuat dari buah-buahan organik musiman. Mengutip inspirasi dari kesukaan Gisele Bündchen, sepiring hidangan dibagi menjadi tujuh porsi yang terdiri dari sayur kale, brokoli, quinoa, alpukat, buah bit, ubi, dan tomat ceri.

Peduli Mata

Perihal tata rias, kita semua selalu mencari maskara yang mampu merawat bulu mata sekaligus memiliki tekstur lembut tanpa meninggalkan bekas tinta. Saatnya beralih ke maskara yang lebih ‘bersih’. Maskara seringkali dibuat dari produk sampingan yang bersumber dari batu bara, tar, dan mikroplastik. Agar awet dan bisa lama terpajang di rak toko, beberapa maskara memiliki kandungan merkuri. Hal ini dapat diketahui dari kondisi kulit yang iritasi sebagai dampak dari pemakaian ataupun tanggalnya sejumlah bulu mata yang terusmenerus terjadi untuk waktu lama. Gunakan maskara yang mengandung bahan-bahan seperti carnauba wax, ricin, atau minyak biji bunga matahari, dan ekstrak akar chicory

Rambut Kering Alami

perawatan rambut rontok kering bercabang dan kulit kepala ketombe
Image: Getty Images

Selain pemakaian sampo yang mengandung bahan kimia keras dan beracun (parabens, silikon, sulfat, wewangian sintetis, dsb), musuh terbesar bagi rambut adalah rutinitas mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer. “Penggunaan rutin peralatan yang dipanaskan menjadi sebab utama dari kerusakan rambut dan ujung rambut bercabang. Untuk mencegahnya, usahakan mengeringkan rambut secara natural sesering mungkin. Dan jangan pernah mengeringkan rambut yang basah,” ujar Olivier Lebrun, pendiri Olab Salon di Paris. “Keringkan rambut menggunakan handuk terlebih dulu. Selain itu, lebih sedikit penggunaan peralatan panas artinya mengurangi konsumsi energi.”

Iluminasi Kulit Anda

Untuk mendapatkan pagi yang sempurna, simak tip dari Tata Harper—sang ahli kecantikan natural dan pendiri dari label perawatan kulit tersohor:

Kora Organics Noni Glow Face Oil
  • Awali dengan mencuci wajah untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati. “Saya sangat memercayai proses pengelupasan kulit setiap hari”, ujarnya.
  • Basahi wajah dengan floral hydrating mist. “Saya menyukai kondisi kulit yang lembap saat mengaplikasikan serum. Hal ini membantu serum untuk menembus jaringan kulit lebih dalam.”
  • Aplikasikan serum ke seluruh bagian wajah, leher, dan dada.
  • Setelahnya, pusatkan perawatan pada area mata. “Saya gemar melakukan perawatan kulit di area mata untuk senantiasa menjaganya terhidrasi.”
  • Terakhir, aplikasikan pelembap yang berfungsi mencerahkan lalu pijat perlahan dengan face oil pada kulit Anda.
  • Dalam rutinitas perawatan wajah, selalu awali dengan produk yang bertekstur paling cair yang berbahan dasar air, dilanjutkan dengan produk yang bertekstur kental atau padat secara bertahap. Contohnya, face oil selalu menjadi yang paling akhir dalam rutinitas perawatan kulit, karena minyak mampu menembus semua produk, namun tidak semua produk dapat menembus minyak.

Aplikasi Sunblock!

Supergoop! Glow Stick Sunscreen SPF 50

Kulit membutuhkan matahari untuk memproduksi vitamin D. Namun kita memahami bahwa terkadang matahari bukanlah teman terbaik. Berdomisili di Los Angeles, Kaia Gerber mengatakan, “Bahkan di saat saya tidak menginjak pantai pun, saya selalu mengenakan tabir surya SPF 50 di wajah, sebagaimana ibu (Cindy Crawford) selalu menasehati saya tentang kebiasaan ini sejak saya masih kecil.”

Yang menjadi pertanyaan, sunblock seperti apa yang perlu digunakan? Sebab seringkali sunblock dipermasalahkan akibat dampak negatif yang diberikan pada lingkungan dan tubuh kita. Sun cream yang sehat harus mengandung bahan-bahan aktif seperti zinc oxide atau titanium oxide. Bahan-bahan tersebut menempatkan diri di permukaan kulit untuk membantu menahan paparan sinar UV tanpa merusak apapun yang berada di bawahnya.

Anjuran Mandi

Dalam kondisi basah, kulit menjadi sangat mudah menyerap produk apa pun. Dan karena uap di dalam kamar mandi, Anda sesungguhnya tengah ‘bernapas’ menghirup sabun. Sabun-sabun ini bisa saja dibuat dari bahan pengawet, texturizer, detergen, dan pewangi sintetis, yang mampu mengiritasi dan membuat kulit jadi kering. Gunakan sabun yang terbuat dari sayur-sayuran murni untuk membersihkan, menghaluskan, melembapkan, dan memberi energi bagi tubuh (dan pikiran Anda!).

Ada baiknya juga untuk berhenti mandi dengan air hangat. Selebriti dan fotografer mode Alexi Lubomirski adalah penganut kebiasaan mandi dengan menggunakan air dingin. Dimulai dari menyiram air dingin di kaki, lalu naik perlahan hingga belakang telinga.

Terima Kasih, Lebah!

Lebah berkontribusi 85% dari proses penyerbukan yang terjadi di dunia dan memainkan peran krusial dalam proses pengawetan dari keanekaragaman hayati dan ketahanan pangan. Kita menyukai produk-produk madu (wax, resin, dan lainnya) dan mengonsumsinya berkali-kali.

Di luar rasanya yang lezat, nilai nutrisi madu (mengandung lebih dari 80% karbohidrat) merupakan rupa makanan yang kaya energi dan murni akan kekuatan menyembuhkan (susu hangat dengan larutan madu mampu membantu menyembuhkan radang tenggorokan). Selain itu, madu juga mengandung 101 manfaat kosmetik. Penggunaan madu sangat ampuh, karena memiliki khasiat antiseptik, memurnikan, menyembuhkan, sekaligus menutrisi. Madu juga rutin digunakan dalam produksi vitamin dan mineral hidrofl orik. Long live the bees!

Manfaatkan Kapas Wajah Reusable

Seperti Emma Watson, singkirkan penggunaan kapas wajah sekali pakai dan tukar dengan kapas wajah reusable untuk menghapus riasan, membersihkan wajah dan mengenakan toner. Apakah Anda tahu, bahwa kapas tersebut mampu digunakan hingga 1.000 kali pemakaian!

Cara membersihkannya cukup dengan memasukannya ke dalam mesin cuci bersamaan dengan pakaian kotor yang sudah menumpuk. Semudah itu.

Formula Kosmetik Vegan

Tentu saja tidak semua kosmetik. Kami telah menemukan foundation sempurna, murni dan bersih, hingga Anda dapat tidur sambil mengenakannya. Sebetulnya, ‘mimpi’ ini telah terjadi sejak 25 tahun silam. Dilansir tahun 1995, formula vegan ini diinfusi hanya dari lima bahan mineral, bebas dari bahan kimia keras dan pengawet, tidak menyumbat pori, dan tidak akan mengakibatkan jerawat walaupun Anda lupa untuk membersihkan wajah!

Penggunaannya mudah. Pulaskan bedak menggunakan kuas besar pada wajah. Hasilnya kulit tampak sempurna, bahkan saat Anda memiliki jerawat. Kini Anda dapat berhenti mengingatkan saudara atau anak perempuan Anda untuk membersihkan wajah sebelum tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.