Cara Tepat Memakai Hair Mask di Rumah

Cara mudah menyempurnakan ritual perawatan rambut dengan hair mask. Simak tata cara pengaplikasian yang benar menurut para ahli berikut 8 produk masker pilihan ELLE.

Siapa sangka Anda bisa mengubah ritual perawatan rambut menjadi lebih spesial. Tentunya semua orang menginginkan hal sederhana yang mampu memberikan manfaat maksimal. Untuk itu, selain mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner, Anda bisa mengisi waktu luang dengan mengaplikasikan hair mask paling tidak seminggu sekali di akhir pekan.

Hal utama yang perlu diingat saat akan menggunakan masker adalah mencuci rambut terlebih dahulu. Untuk menambah kenyamanan sekaligus melancarkan peredaran darah di kepala, Anda bisa menggunakan handuk panas untuk membungkus rambut. Menurut Vicky Sunardi, Education Manager L’Occitane, Anda perlu menunggu selama 5-10 menit dalam penggunaan masker rambut sebelum membilasnya dengan bersih untuk mengoptimalkan pemakaian. Anda bisa melakukannya sambil menonton TV atau membaca novel kesayangan, misalnya. 

Menurut Imelda Andriany, Brand Manager Shiseido Professional, masker rambut hanya dikenakan pada batang rambut dan bukan pada kulit kepala. Maka, masker hanya perlu didiamkan untuk membuat nutrisinya terserap dengan baik. Masker rambut juga harus digunakan sesuai dengan kebutuhan rambut masing-masing. Mulai dari rambut bercabang, kusam, kasar, kering, hingga rusak karena kerap diwarnai atau terkena alat panas. Akan tetapi, Anda juga bisa menggabungkan beberapa masker dengan manfaat berbeda pada sekali pemakaian. 

Setelah membasuh kembali rambut hingga bersih, Imelda menyarankan untuk selalu mengeringkan rambut dengan handuk atau hair dryerdan tidak membawanya tidur selagi basah. Hal ini dilakukan untuk menjaga tampilan rambut tetap sehat dan berkilau. Anda bisa menambahkan pemakaian serum, vitamin, atau bahkan hair oil saat rambut pada keadaan setengah kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.