Proteksi Kulit Lewat Makeup Infusi SPF

Pentingnya menggunakan sunscreen dan makeup dengan infusi SPF untuk proteksi terbaik kulit wajah.

JIL SANDER

“Apakah perlu mengaplikasikan sunscreen ketika menggunakan makeup dengan manfaat SPF?” 

Pertanyaan tersebut telah menjadi bahan diskusi umum. Sederet artikel hingga segenap pakar kecantikan kulit pun membahasinya dalam berbagai sudut pandang. Sebagaimana Anda ketahui, beberapa produk makeup kini telahdilengkapi kandungan proteksi akan sinar ultraviolet. Walau begitu, penggunaan sunscreen atau sunblock sebelum merias wajah tetap merupakan salah satu tahap yg tidak boleh Anda lewatkan; bahkan jika Anda hanya berada di dalam ruangan. 

Mengapa? Sebab matahari tidak hanya memancarkan sinar UVB dan UVA, namun juga radiasi yang dapat menembus kaca hingga ke dalam ruangan.

Dampak apabila melewatkannya pun tidak ada yang belum Anda ketahui; kulit kusam dan pigmentasi berlebih adalah efek jangka pendek, penuaan dini, hingga memicu kanker kulit.

Fakta Penting Menggunakan Makeup Infusi Tabir Surya

Selain menonjolkan kecantikan Anda, riasan juga merupakan salah satu pertahanan yang baik bagi kulit. Menurut xxx, hanya menggunakan tabir surya tidak cukup menjadi andalan untuk menjaga kesehatan kulit. Peran kosmetik diperlukan dalam upaya perlindungan ekstra bagi kulit. Pemakaiannya dianggap dapat meminimalisir kanker kulit, penuaan dini, serta melindungi dari bahaya polusi udara.

Selain fakta bahwa formula makeup kini mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit—seperti SPF, vitamin, dan retinol—kita cenderung menghindari kulit halus di sekitar mata saat mengaplikasikan tabir surya karena kerap terasa perih. Sebagai gantinya, Anda dapat melapisi area tersebut dengan pigmentasi highlighter yang memantulkan cahaya. Dengan begitu, kulit tetap mendapat perisai yang melindunginya. 

Tentu saja aplikasi sunscreen dan melapisinya dengan makeup dapat memberikan proteksi dobel, sehingga mampu menghasilkan perlindungan lebih optimal. 

Produk Makeup Pilihan ELLE

Mulai dari lip tint, bb cream, dan base, beberapa riasan berikut menawarkan kandungan pigmentasi yang cukup, sekaligus dapat menjadi pelindung yang nyaris tidak terlihat—tanpa residu putih.

Dr. Jart+ Premium Beauty Balm SPF 45, Rp650.000.

Marc Jacobs Shameless Foundation, Rp726.000.

Kiehl’s Skin Tone Correcting & Beautifying BB Cream Sunscreen Broad Spectrum SPF 50, Rp685.000.

La Mer The Luminous Lifting Cushion Foundation SPF 20 + Refill, Rp1.935.000.

Lancôme Teint Idole Ultra Wear Foundation SPF 15, Rp750.000.

Guerlain L’Essentiel Natural 16H Wear Foundation SPF 20, Rp990.000.

Shiseido Urban Environment Tinted UV Protector Broad Spectrum SPF 43, Rp580.000.

Shu Uemura Petal Skin Fluid Foundation SPF 20 PA ++, Rp700.000.

Cara Terbaik Mengaplikasikan Produk

Aplikasikan tabir surya pada seluruh area kulit wajah secara merata setelah memakai moisturizer. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat, termasuk leher dan telinga. 

Ratakan tabir surya dengan cara menepuk-nepuk produk, hindari menggosok wajah agar tidak mengalami iritasi. Selanjutnya, diamkan kira-kira 3-5 menit sebelum mulai mengaplikasikan riasan. Jeda waktu tersebut dibutuhkan untuk tabir surya meresap pada kulit dengan baik. Selain itu, agar riasan nantinya tidak mudah ‘retak’.

Jika beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya untuk kembali mengaplikasikan tabir surya ditambah riasan setiap 2-3 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.