Rawat Area Lipatan Kulit Tubuh

Mencerahkan kulit pada lipatan tuubuh-GettyImages-562874971

Atasi dilema lipatan tubuh lewat elevasi perawatan tubuh mandiri secara maksimal di rumah. Oleh MELUR PINILIH

Tidak sering terekspos bagian lipatan tubuh seperti ketiak, siku, lutut, dan tengkuk bukan berarti mesti dianak-tirikan. Sayangnya, bagian-bagian tadi sering mengalami beberapa masalah yang cukup umum didapati.

Misalnya saja permukaan ketiak yang menghitam, kulit tengkuk alias belakang leher yang gelap dan menebal, sampai kepada lutut dan siku yang terasa ‘kehausan’ alias dehidrasi serta tampak kusam. Apakah Anda sempat merasa familiar dengan problem tersebut?

Mari bersama-sama kita cari tahu penyebab dan solusinya, agar Anda bisa tampil cantik sampai ke setiap inci kulit.

Kenali Permasalahan Lipatan Kulit Tubuh Menghitam dan Kusam
Images: GETTY IMAGES

Mengatasi berbagai perkara lipatan tubuh seperti yang tadi disebutkan tentunya sangat bergantung pada akar permasalahannya masing-masing. Setelah mengetahui penyebab bagian kulit yang menghitam, baru lah Anda bisa menetapkan solusi.

Mandiri Di Rumah

Ketiak yang menghitam karena infeksi bakteri tentu paling relevan apabila diobati lewat penggunaan antibiotik. Begitu pula dengan gelapnya warna ketiak akibat kelainan hormon yang bisa dikendalikan melalui sejumlah terapi tertentu untuk menyeimbangkan kadarnya.

Apabila menghitamnya ketiak Anda disebabkan karena iritasi. Mungkin ada yang perlu diperbaiki dalam memilih sabun, deodoran, sampai dengan gaya bercukur atau mencabut rambut halus pada ketiak. Sebaiknya, hindari pemakaian deodoran maupun antiperspirant yang mengandung alkohol dan pewangi. Begitu pula halnya dengan shower gel Anda. Intinya, pilihlah produk perawatan yang berlabel fragrance-free dan kalau perlu bebas dari paraben sehingga kecil kemungkinannya untuk memicu iritasi.

waxing
Designed by Freepik

Jika Anda sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara bercukur, cobalah untuk mengawali ritual Anda dengan mandi air hangat terlebih dahulu. Kemudian, kenakan shaving gel atau shaving cream sebelum bercukur. Semakin tebal krimnya, semakin baik. Dengan begitu, ketiak pun tak mudah teriritasi. Apabila Anda lebih nyaman dengan underarm waxing, bukan berarti Anda bebas begitu saja dari risiko iritasi.

Tetap lakukan beberapa langkah pencegahan seperti mengompres kulit menggunakan air dingin setelahnya, mengenakan pakaian yang sejuk dan tidak ketat di ketiak, serta menghindari mandi air panas untuk sementara waktu. Anda juga dapat membersihkan alat cukur atau pinset dengan alkohol sebelumnya agar lebih higienis.

shaving at home
Designed by Freepik

Solusi dari siku serta lutut yang kusam dan teraba kasar pun dapat dilakukan lewat beberapa kiat simpel. Tak jarang, eksfoliasi menjadi kata kuncinya. Setidaknya 2 atau 3 kali dalam sepekan, pakailah scrub tubuh ke area lutut dan siku. Setelah itu, bilas hingga bersih. Lakukan terus sampai Anda mendapatkan hasil sesuai target. Kendati demikian, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati saja seringnya belum cukup.

Anda juga tidak boleh sampai lupa mengoleskan pelembap tubuh beserta sunscreen sebagai proteksi terhadap paparan sinar matahari berlebih yang bisa menyebabkan kulit mudah terbakar sehingga kembali menghitam, terutama apabila Anda seringkali harus melakukan aktivitas di luar ruangan. Sama seperti perawatan kulit lainnya, pastinya penggunaan tabir surya juga harus diterapkan secara teratur agar hasilnya pun optimal.

Persoalan area belakang leher yang menebal dan menggelap pun punya beberapa penanganan yang bisa Anda coba, termasuk diantaranya chemical peeling. Tentunya langkah ini diambil apabila bagian tengkuk yang menghitam bukan menjadi indikasi adanya penyakit tertentu.

Kenali Permasalahan Lipatan Kulit Tubuh Menghitam dan Kusam
Image: iSTOCK

Meski peeling masih tergolong aman untuk dilakukan sendiri di rumah dengan produk yang mengandung AHA atau BHA berkonsentrasi rendah, namun chemical peeling secara intensif di klinik kecantikan lebih disarankan, tentunya di bawah pengawasan ahli dermatologi yang berpengalaman. Adapun pencerah kulit yang sifatnya instan lebih baik ditangguhkan.

Beberapa referensi juga menyebutkan bahwa bagian lipatan tubuh yang seperti ketiak dan termasuk pula tengkuk serta siku dan lutut seringkali menghitam disebabkan karena banyaknya gesekan yang terjadi diarea tersebut. Untuk jangka pendek, solusinya bisa jadi sederhana. Yaitu dengan menghindari pakaian berkerah untuk sementara, serta memakai baju yang longgar atau tidak terlalu sesak di badan. Lain lagi apabila masalah tersebut berhubungan dengan kasus obesitas atau kegemukan.

Menekan bobot tubuh untuk alasan kesehatan tentu tak ada salahnya, bukan? Makan seimbang, rajin olahraga, memperbaiki pola tidur, serta menghindari rokok dapat menjadi langkah awal Anda untuk memulai gaya hidup sehat.

Lewat Bantuan Spesialis

Ingin cara yang paling efektif untuk menangani rona hitam di bagian ketiak? Jika Anda memiliki bujet lebih, coba lah untuk mengerahkan segenap treatment di klinik kecantikan. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali tempat yang menawarkan beberapa alternatif penanganan, dari mulai peeling hingga IPL. Di samping itu, terdapat pula terapi laser sekaligus treatment berbasis cahaya.

Akan tetapi, ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti jika ingin hasilnya sesuai ekspektasi. Setidaknya dua minggu baik sebelum dan sesudah melakukan perawatan ini, hindari paparan cahaya matahari secara langsung atau tanning. Adapun sekitar 2 hari selepas treatment, sebaiknya Anda juga menghindari aktivitas berenang, berolahraga berat, maupun mandi menggunakan air hangat. Terakhir, basuh lah area yang bersangkutan menggunakan air dingin dan jauhi dulu sabun yang mengandung buliran scrub.

Sulwhasoo Spa Flagship Store Seoul

Anda sebenarnya juga bisa memulai dari cara yang paling mudah, yaitu dengan lebih memerhatikan kebersihan fisik. Jangan pernah lalai untuk benar-benar membersihkan setiap bagian tubuh yang tersembunyi di balik
lipatan. Keringat berlebihan yang acap kali timbul pada ketiak, misalnya, membuat kulit di area ini semakin lembap dan menjadi sarang berkembang biaknya kuman. Akibatnya, kulit ketiak terasa kotor dan tampak kehitaman. Anda dapat mencegah hal ini dengan cara mengenakan pakaian yang nyaman dan gampang menyerap keringat. Jangan lupa, mandi lah setiap kali tubuh sedang banyak berkeringat.

Jika warna kulit ketiak yang dimiliki saat ini cukup membuat rasa percaya diri Anda sangat terganggu, tak ada salahnya pula untuk berkonsultasi pada dokter spesialis. Aplikasi krim yang mengandung AHA, kojic acid, azelaic acid, sampai hydroquinone dan kortikosteroid mungkin direkomendasikan untuk dapat mencerahkan ketiak secara efektif, tepat guna, dan langsung ke sasaran.

images GETTY IMAGES, iSTOCK text MENUR PINILIH

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.