4 Metode Diet Baru Untuk Dicoba

metode diet baru

Dari tahun ke tahun selalu bermunculan metode diet terbaru yang nampak menarik untuk dicoba. Tak hanya beri manfaat untuk tubuh, tapi diet pun ternyata bisa memberi pengaruh bagi kecantikan.

Bicara soal diet, banyak orang sepakat bila hal satu ini butuh komitmen yang susah-susah gampang. Tapi, kalau Anda bayangkan hasil akhirnya, semua perjuangan pasti akan terasa setimpal. Mulai dari lingkar pinggang yang lebih kecil, ekstra energi yang didapatkan, tubuh lebih sehat, dan bonusnya… kulit pun mampu terlihat lebih berkilau.

Soal referensi metode diet, jumlahnya terlalu bermacam-macam. Maka, referensi diet paling baik ialah yang masih masuk akal dan bisa sesuai kebutuhan. Empat di bawah ini bisa jadi pilihan teranyar untuk Anda coba.

DIET DASH

Diambil dari singkatan Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini dinilai sebagai teknik mengontrol makan nomor satu di Amerika oleh U.S. News and World Report selama delapan tahun berturut-turut. Caranya dengan mengonsumsi makanan rendah gula; menjaga porsi makan, mengurangi sodium; dan menambahkan nutrisi yang baik untuk menurunkan tekanan darah, seperti potasium, kalsium dan magnesium.

Metodenya meliputi dua versi, yaitu Standard DASH Diet dengan konsumsi sodium hingga 2.300 mg per hari; Lower Sodium DASH Diet yang punya aturan konsumsi sodium lebih ketat, yaitu 1.500 mg per hari. Keduanya menyarankan kita untuk mengonsumsi whole grains, buah-buahan, sayuran, dan low-fat dairy products. Penerapan makanan sehat dalam diet DASH ini menjaga tekanan darah di level baik, hingga dapat membantu mencegah osteoporosis, kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan menurutnkan berat

Anda masih bisa menikmati ikan, ayam, dan sejumlah kacang-kacangan beberapa kali dalam satu minggu. Oleh karena itu, tubuh tetap mendapat asupan vitamin, mineral, dan protein yang cukup. Alhasilnya, produksi amino acid sebagai bahan utama pembentukan kolagen tetap lancar. Kulit pun jadi lebih kenyal serta elastis.

INTERMITTENT FASTING

diet fasting
Designed by Freepik

Diet ini secara tidak langsung mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh jadi lebih berkurang tanpa memberikan aturan makanan atau minuman apa saja yang perlu dikonsumsi.

Salah satu figur dunia yang setia dengan cara diet ini adalah Halle Berry. Diet Intermittent Fasting berfokus dalam membentuk pola makan tertentu. Sedikit mirip dengan puasa umat Muslim, diet ini memberi aturan rentang waktu tertentu untuk Anda makan. Konsumsi air mineral tetap diizinkan.

Ada 2 metode yang bisa diikuti, yaitu puasa di bawah 24 jam dan puasa di atas 24 jam. Tentu saja dengan pengaturan jam dan hari yang sesuai saran ahli. Penerapan diet jam makan ini dapat membantu memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur. Tubuh terlatih untuk bekerja dengan baik walau tidak mendapatkan asupan makanan dalam jangka waktu tertentu. Pembakaran lemak dalam tubuh pun lebih efektif.

Walaupun memiliki banyak manfaat, metode ini bukan cara yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Selain itu, orang dengan kondisi tertentu seperti diabetes, hamil, atau punya permasalahan eating disorder memang tidak disarankan untuk melakukan metode diet ini.

LOW-GLYCEMIC DIETS

low sweet diet
Designed by Freepik

Terdengar klise, tapi ternyata punya banyak pengaruh baik untuk tubuh dan kulit kita. Tidak hanya bantu membuat lingkar pinggang lebih kecil, low-glycemic diets ternyata punya manfaat signifikan untuk Anda yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat dan penuaan.

Ada satu proses yang terjadi saat kita mengonsumsi gula, yaitu glycation. Sebuah proses penyebab terbentuknya molekul Advanced Glycation End Products atau disingkat menjadi AGEs. Molekul AGEs tersebut memengaruhi serat-serat kolagen pada kulit jadi lebih kaku dan tidak bekerja baik.Hasilnya? Terbentuk radikal bebas pada tubuh, hingga inflamasi.

Mengurangi kadar konsumsi gula dapat mem membuat kulit tidak akan terasa kenyal, mudah terbentuk kerutan, serta tekstur akan jadi lebih kasar. Selain itu, gula juga bisa meningkatkan hormon insulin dan meningkatkan level testosterone yang akhirnya menjurus kepada munculnya jerawat.

Diet Jus Seledri

diet jus seledri
Images: GETTY IMAGES

Green juice sudah sangat sering wara-wiri di sosial media. And celery is the new kale. Seledri kaya vitamin K, C, dan tentunya tinggi akan serat. Menurut Dr. Charles Passler, ahli nutrisi asal New York, green juice ini bersifat diuretic dan bisa bantu mengurangi water retention di dalam tubuh.

Mengonsumsi jus seledri bisa bantu mengurangi rasa kembung. Sebab, fungsinya menormalkan produksi enzim yang menjadi penyebabnya. Kandungan serat yang tinggi juga akan bantu Anda merasa lebih kenyang. Dr Passler mengatakan, konsumsi rutin selama minimal 30 hari dapat membantu membawa Anda pada beran badan ideal.

Seledri mengandung komponen phthalide, di mana dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan tekanan darah. Antoksidan, seperti luteolin dan quercetin, di dalamnya turut dipercaya membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat menurunkan inflamasi pada tubuh Anda. Bonusnya? Dengan kadar antioksidan tinggi pada tubuh, kulit kita juga bisa kelihatan lebih glowing dan sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.