Gucci akan Menggelar Fashion Show di Capitoline Museum Roma

Gucci Roma

Label bergengsi asal Italia, Gucci, baru saja mengumumkan lokasi peragaan busana terbarunya yang akan digelar di kota Roma. Seperti apa detail lengkapnya?

Sesuai dengan temanya, peragaan busana untuk koleksi Cruise kerap membawa sejumlah rumah mode melanglang buana demi menciptakan sebuah perhelatan yang mengesankan–layaknya sebuah perjalanan wisata. Kali ini, Gucci memilih kota Roma sebagai destinasi fashion show teranyarnya. Kota ini dipilih bukan tanpa sebab, kekayaan historis yang dimiliki oleh Roma secara tidak langsung mengundang perhatian Alessandro Michele selaku direktur kreatif Gucci. Hasilnya, rumah mode ikonis ini pun secara khusus menunjuk Museum Capitoline sebagai lokasi peragaan busana koleksi Cruise  2020.

Kecintaan Alessandro Michele akan “The Old World” seolah bersambut dengan karisma yang dimiliki oleh Museum Capitoline. Peragaan busana yang akan digelar pada tanggal 28 Mei mendatang digadang-gadang sebagai manifestasi kreatif akan sejarah peradaban manusia sekaligus kenangan masa kecil Alessandro Michele.

Terletak tepat di atas bukit Capitoline, museum ini menampilkan begitu banyak patung-patung Romawi kuno, prasasti, dan artefak lainnya; sebuah koleksi kesenian abad pertengahan maupun era Renaisans, dan sejumlah koleksi perhiasan juga koin kuno.

Alessandro Michele memiliki ketertarikan yang mendalam pada kekayaan sejarah dunia, seperti yang dinarasikan oleh barang-barang antik. Ia telah secara konsisten menuangkannya lewat karya fotografi, presentasi fashion, maupun dalam bentuk koleksi fashion yang dilansirnya.

Sebelumnya, Gucci menggelar peragaan busana koleksi Cruise di Dia-Art Foundation di New York, Westminster Abbey di London, dan Galeri Palatine di Florence. Dua tahun ke depan, Gucci juga akan memberikan donasi sebagai bentuk dukungan atas proyek restorasi Rupe Tarpea, tebing curam di puncak bukit Capitoline yang menghadap ke Roman Forum. Tempat ini memiliki nilai historis di mana para pengkhianat Romawi dihukum mati. Kini, tebing yang terbentuk atas mineral tufa tersebut menjadi destinasi wisata alam yang unik.

Ini bukan kali pertama Gucci melakukan kegiatan donasi untuk restorasi lokasi-lokasi historis. Dua tahun yang lalu, Gucci mengumpulkan dana hingga $2,1 juta untuk mendukung restorasi Boboli Gardens di kota Florence. Alessandro Michele sengaja menggelar peragaan busana koleksi Cruise 2018 di Galeri Palatina yang menghadap langsung ke Boboli Garden.

Dalam beberapa tahun terakhir, Gucci juga melakukan sejumlah kolaborasi kultural seperti misalnya dengan Palazzo Strozzi di Florence, Minsheng Art Museum di Shanghai, Chatsworth House di Inggris, dan LACMA di Los Angeles. Konsistensi seperti ini membuat para pencinta fashion terus menantikan kejutan demi kejutan yang dilancarkannya. Surprises for a good cause!

 

(Teks: Chekka Riesca. Foto: courtesy of Gucci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *