Inovasi Presentasi Busana dalam Pekan Mode Milan

Simak bagaimana para perancang mode menyiasati presentasi mereka di tengah situasi pandemi.

Pandemi covid19 yang masih belum menemui jalan akhir mendorong para kreator industri mode lebih kreatif dalam mempresentasikan karya. Presentasi yang aman namun tetap mampu menampilkan visi dan konsep sesuai hasrat. Pekan mode Milan melalui GCDS, Moschino dan Prada menjadi beberapa brand yang sukses memperkenalkan deretan konsep baru dalam menampilkan kreasi mereka. 

Sebuah dunia digital diciptakan oleh brand besutan Giuliano Calza, GCDS lewat kolaborasinya bersama firma teknologi, Emblematic Group. Dimulai dari panggung peragaan virtual lengkap dengan model berupa avatar dan deretan selebriti yang hadir di barisan depan hingga kesempatan untuk menjelajahi area backstage dan menyaksikan langsung setiap prosesnya. Anda bisa melihat melalui situs resminya. Semuanya telah dipikirkan dengan matang demi menyajikan sebuah pengalaman yang menyeluruh bagi para penontonnya. 

Photos courtesy of GCDS.

Dengan bantuan teknologi virtual reality, Anda pun dapat turut mempelajari dan melihat lebih dekat setiap atribut yang ditampilkan dan yang buatnya semakin menyenangkan, sebuah wahana permainan turut diciptakan dalam rupa arcade game bergaya era ’90-an.

Photos courtesy of GCDS.

Jika nuansa futuristis menjadi pilihan dari GCDS, maka lain lagi dengan Moschino yang sukses menghadirkan elemen nostalgia dalam konsep presentasinya. Lewat tajuk Strings Attached, Moschino mengambil pendekatan penuh fantasi lewat medium pertunjukkan boneka. Selaras dengan tema adibusana yang disajikan dan juga identitas Moschino yang erat dengan napas fantasi dan whimsical, tidak salah rasanya jika menyebut konsep marionette tersebut sebagai langkah sempurna dalam memamerkan kreasinya. 

Menggandeng rumah kerajinan Jim Henson dalam menyulap setiap model favoritnya ke dalam bentuk boneka, Jeremy Scott selaku direktur kreatif dari Moschino telah merancang setidaknya empat puluh tampilan untuk mereka kenakan. Dengan latar musik klasik dan background yang selaras, setiap boneka tampil centil berlenggak lenggok di hadapan para figur mode ternama seperti Anna Wintour dan Anna Dello Russo yang turut hadir dalam bentuk boneka. 

Photos courtesy of Moschino.

Platform digital juga menjadi senjata ampuh Prada dalam memperkenalkan koleksi teranyarnya. Dengan latar sederhana berupa panggung peragaan berwarna kuning menyala, langkah setiap model yang berjalan terekam dengan sempurna melalui puluhan kamera yang telah dirangkai di setiap sudut arena. 

Photos courtesy of Prada.

Mengingat momen presentasi kali ini juga merupakan momen spesial, Prada pun telah menyiapkan sesi tanya jawab secara langsung dengan Miuccia Prada dan Raf Simons. Sehingga memberikan kesempatan bagi para penggemarnya untuk dapat mengenal lebih dekat serta mengetahui lebih dalam proses kedua desainer dalam merancang koleksi ikonis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.