Kilas Balik Gaya Musisi Paling Fantastis di Karpet Merah Grammy Awards

best dress grammy awards

Menyimak kembali pesona para musisi berpenampilan terbaik di ajang Grammy Awards dari waktu ke waktu.

Sesi red carpet ajang penghargaan prestisius Grammy Awards menjadi momen yang selalu dinanti tiap tahunnya. Para musisi hadir dengan penampilan glamor terbaik yang mengacu pada karakter masing-masing, layaknya sentuhan funky khas rock and roll hingga bermacam garis rancang ajaib yang senantiasa membuat audiens berdecak kagum menggelengkan kepala. Tahun ini, jadwal perhelatan harus mundur dari tanggal awal yang telah ditetapkan dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum kunjung tuntas – membuat kita harus sedikit bersabar untuk menantikan momen semarak red carpet yang yang disabdakan Recording Academy untuk dihelat di bulan Maret 2021 mendatang. Sambil menunggu, mari bernostalgia melihat kembali deret busana paling ikonis yang pernah dikenakan para musisi tersohor dari tahun ke tahun. 

Jennifer Lopez (2000)

jlo-versace-dress-at-grammy
Photo: Getty Images

Di ajang Grammy Awards tahun 2000 silam, Jennifer Lopez hadir bersama kekasihnya kala itu, Puff Daddy, dengan mengenakan gaun berbahan kain tembus pandang dengan garis leher berpotongan rendah yang ekstrem hingga mengekspos keindahan kulitnya. Gaun jungle rancangan Versace tersebut dengan cepat melambungkan reputasi Jennifer Lopez di dunia nyata dan juga maya. Gaun ikonis ini pula bertanggung jawab atas diciptakannya teknologi Google Image Search yang saat itu menjawab antusiasme publik yang masif terhadap rupa gaun berkarakter provokatif tersebut.

Toni Braxton (2001)

tony-braxton-grammy-worst-dress
Photo: Getty Images

Di awal tahun 2000-an, busana yang memperlihatkan anggota tubuh secara ekstrim tengah menjadi tren. Toni Braxton membuktikan ia tak tertinggal maraknya tren tersebut kala menghadiri ajang Grammy Awards ke-43. Meski saat itu Braxton – yang berbalut gaun putih kontroversial rancangan Richard Tyler – tidak berhasil masuk ke dalam kategori musisi berbusana terbaik, namun sang diva sangat menikmati momennya saat naik ke atas podium untuk menerima piala Best Female R&B Vocal Performance lewat single-nya, He Wasn’t Man Enough.

Lady Gaga (2010)

lady-gaga-grammy-dress-GettyImages-96315939
Photo: Getty Images

Kata ‘sederhana’ tidak pernah ada dalam kamus berbusana Lady Gaga. Di ajang Grammy Awards ke-52, Gaga bekerja sama dengan Giorgio Armani menciptakan gaun korset Armani Privé bertema luar angkasa, lengkap dengan aksesori bintang dalam genggaman dan sepatu dengan hak dan sol super tinggi. Belum cukup spektakuler, Gaga meminta Armani “menaburkan” kristal Swarovski di keseluruhan tema ‘solar system’gaunnya.

Cardi B (2019)

cardi-thiery-mugler-dress-at-grammy
Photo: Getty Images

Penampilan eksentrik Cardi B di ajang Grammy Awards ke-61 adalah satu momen paling dibicarakan di tahun 2019. Bukan hanya sang rapper memenangkan lima piala Grammy untuk kategori Album of the YearBest Rap AlbumBest Rap Performance, dan Pop Duo/Group Performance bersama Maroon 5; namun juga karena gaun berdesain menyerupai cangkang kerang rancangan desainer legendaris Thierry Mugler yang ia kenakan. Rumah mode Mugler secara istimewa membuka arsip lama sang desainer demi mengurasi gaya fenomenal Cardi B malam itu.

Cher (1974)

Cher-at-grammys-GettyImages-74256945
Photo: Getty Images

Jiwa show girl begitu mendarah daging dalam eksistensi Cher. Ia memilih gaun dengan bra top putih berimbuhan kupu-kupu warna-warni lengkap dengan outer putih menewarang yang hampir memperlihatkan seluruh bagian depan tubuhnya. Menegaskan kesan bersantai di pantai, Cher menambahkan aksesori hair pinbesar berbentuk kupu-kupu yang terbuat dari materi sequin.

Mary J. Blige (1996)

Piala Grammy yang pertama diterima menjadi suatu hal monumental yang akan selalu dikenang sepanjang masa. Untuk itu, Mary J. Blige memastikan ia tampil fenomenal. Sang diva, yang malam hari itu menerima piala Best R&B Album dan Pop Duo/Group Performance, menunjukkan eksistensinya berbalut busana motif leopard dari kepala hingga kaki yang dilengkapi kaus tangan dan kacamata hitam. 

Michael Jackson (1984)

Michael Jackson senantiasa setia dengan gaya busana militer yang kali itu tampil gemerlap dalam bahan sequin mengilap. Saat itu, ia pun mulai mengenakan single glove di tangannya yang kemudian menjadi salah satu signature style gaya yang banyak menginspirasi terutama di kalangan mode dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.