Karl For Ever: Perayaan Chanel, Fendi, dan Karl Lagerfeld Untuk Direktur Kreatif Mode Sepanjang Masa

Anna Wintour, Claudia Schiffer, dan Inès de La Fressange terlihat di barisan tamu, sementara Pharrell Williams, Tilda Swinton, hingga Cara Delevingne memberikan pertunjukkan menghormati Karl Lagerfeld.

Empat bulan selang kepergian Karl Lagerfeld, para pesohor industri fashion dunia terbang ke Paris dan menghadiri helatan Karl For Ever (20-06-2019). Karl For Ever merupakan persembahan Chanel, Fendi, dan label eponymous Karl Lagerfeld. Ini adalah sebuah perayaan atas kehidupan desainer mode paling berpengaruh sepanjang abad 21—mungkin juga selamanya—yang menjadi otak jenius di balik ketiga rumah mode tersebut.

Tidak cukup satu kata atau pun kalimat untuk mendefinisikan seorang Karl. Daya cipta yang jenius, intuisi tanpa batas dan berani mendobrak stigma, serta kerendahan hati, menempatkan sosok Karl selalu terdepan di eranya. Ia seseorang dengan talenta tak terhingga. Ia menjadikan pakaian bukan sekadar rancangan, tapi sebuah pernyataan akan sikap. Ia bukan hanya seorang perancang. Ia memotret, membuat film, menerbitkan karya tulis, dan merangkul setiap unsur kebaruan. Ia adalah wujud visi atas keindahan visual itu sendiri.

Karl Lagerfeld - Karl for ever_pictures by Olivier Saillant

Dinding Graind Palais penuh dengan potret Karl Lagerfeld dari masa ke masa dalam nuansa hitam dan putih yang menjadi palet warna favorit sang desainer.

Bertempat di Grand Palais, Karl For Ever digelar selama 90 menit. Robert Carsen, seorang sutradara opera, dipercaya menjadi dalang jalannya acara. Karl For Ever menampilkan banyak sisi kehidupan sang maestro fashion. Bukan hanya lewat 56 potret dari masa ke masa yang ditampilkan, tapi juga karya, dan berbagai kehidupan yang tersentuh oleh visinya.

Sebuah film dokumenter ditayangkan pada layar raksasa. Film yang berisikan video-video rekaman Karl semasa hidup. Lalu, tamu undangan dibuat haru dengan pemberian testimoni dari orang-orang yang mendapatkan kasihnya dan sangat mencintainya. Cara Delevingne, Tilda Swinton, Helen Mirren, dan Virginia Woolf (Direktur Kreatif Chanel yang menggantikan posisi Karl Lagerfeld, tangan kanan selama 30 tahun), hadir membacakan kutipan-kutipan dari buku-buku favorit Karl.

Para musisi mengambil alih panggung dan menyuntikan keriaan, sebagaimana Karl sejatinya adalah pribadi yang ceria. Dari Pharrell Williams, Charlie Siem (seorang pemain biola tampil memainkan karya Paganini, salah satu komposer favorit ibu Karl Lagerfeld, Elizabeth), Lang Lang yang memainkan Chopin dengan grand piano rancangan Karl Lagerfeld untuk peringatan hari jadi Steinway ke-150, hingga Argentina German Cornejo menari tanggo ditemani 17 grup penari dan 7 orkestra dari Buenos Aires.

Dari sebanyak  2.500 tamu undangan yang hadir, nama-nama besar industri fashion terlihat di barisan depan. Tampak tiga perempuan yang menjadi muse Karl Lagerfeld: Anna Wintour, Claudia Schiffer, dan Inès de La Fressange. Bruno Pavlosky, President of Fashion Chanel, juga turut menjamu para sahabat dan kolega dari sang desainer bersama Virginie Viard.

(Photo: DOC. Chanel, Fendi, Karl Lagerfeld)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *