Karl Lagerfeld Tutup Usia 85 Tahun Dalam Damai

karl lagerfeld died director creative chanel fendi

Untuk menghormati Karl Lagerfeld, sosok kreatif di balik desain menawan rumah mode Chanel, Fendi, dan label miliknya sendiri Karl Lagerfeld, yang telah beristirahat dalam damai.

Dunia mode berduka. Semalam, 19 Februari 2019, Karl Otto Lagerfeld telah menutup usia. Perancang busana yang telah menjadi ikon mode inspiratif, dalang jenius atas desain-desain kreatif rumah mode Chanel (1983-2019), Fendi (1965-2019), serta label Karl Lagerfeld (1984-2019) yang mengusung nama besarnya, itu menghembuskan napas terakhirnya dalam damai di usia 85 tahun.

“Berkat daya ciptanya yang jenius, kerendahan hatinya, dan intuisi tanpa batas, Karl Lagerfeld selalu menjadi sosok terdepan di eranya. Karl telah berkontribusi besar atas kejayaan rumah mode Chanel di seluruh dunia. Hari ini, saya bukan hanya kehilangna seorang teman. Tetapi, dunia telah kehilangan pemikir kreatif yang sangat luar biasa. Seseorang yang mana telah saya percaya dan saya berikan kuasa penuh sejak awal tahun 1980-an untuk menciptakan kembali kehidupan Chanel,” tulis Ala Wertheimer, CEO rumah mode Chanel, dalam press release yang kami terima.

Bruno Pavlosky, yang menjabat sebagai President of Fashion Chanel, turut menyampaikan ucapan perpisahannya. “Pagelaran demi pagelaran, koleksi demi koleksi, Karl Lagerfeld meninggalkan jejaknya lewat penciptaan kembali desain ikonik tas Gabrielle Chanel. Kisah hebatnya terukir dalam sejarah rumah mode Chanel. Karl dengan penuh keyakinan mendukung bakat dan keahlian para penjahit serta pengrajin Métiers d’Art Chanel. Karl adalah pintu yang membukakan jalan agar keahlian luar biasa ini dapat bersinar di seluruh dunia. Penghormatan terbesar yang dapat kita berikan hari ini adalah terus mengikuti jalan yang telah dirintisnya. Saya mengingat dan mengutip ucapan Karl, ‘continuing to embrace the present and invent the future’.”

jennie blackpink kim chanel elle indonesia

Karl Lagerfeld tampil ditemani Virginie Viard saat finale Chanel ‘By the Sea’, koleksi musim semi/panas 2019, di Paris, Prancis.

Kondisi kesehatan desainer mode kelahiran Jerman, 10 September 1933, tersebut diketahui mulai menurun sejak awal tahun. Ia bahkan tidak menghadiri peragaan busana Chanel Haute Couture koleksi musim semi/panas 2019 pada Januari silam. Keberadaan Lagerfeld kemudian diwakilkan oleh Virginie Viard, Direktur Studio Kreatif Chanel yang telah menjadi rekan kerja Lagerfeld.  “Lagerfeld was ‘feeling tired’“, sebagaimana disampaikan oleh rumah mode ketika menjawab absen direktur kreatifnya tersebut.

Selamat tinggal, Karl Lagerfeld. Karya jenius Anda telah membuat dunia tempat kami tinggal lebih berwarna. Peninggalan Anda adalah warisan yang akan selalu menjadi bimbingan. Spirit kreatif Anda akan selalu hidup dalam hati dan diri kami.

karl lagerfeld fashion designer and director creative chanel fendi

Karl Otto Lagerfeld (1933-2019).

(Photo: DOC. CHANEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.