Semarak Helatan Jakarta Fashion & Food Festival yang Ke-17

Festival mode dan jajanan akbar Jakarta Fashion & Food Festival kembali terhelat sebagai wujud konsistensinya mendukung industri kreatif berbasis budaya.

Pada tanggal 23 September hingga 10 Oktober 2021 silam, pekan mode dan jajanan akbar Jakarta Fashion & Food Festival—atau yang lebih akrab disebut dengan nama JF3—kembali terhelat sebagai bentuk kolaborasi antara PT Summarecon Agung Tbk dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Dihelat untuk kali ketujuhbelas, helatan JF3 kian menunjukkan konsistensinya dalam mendukung industri kreatif berbasis budaya sekaligus menjadi wadah bagi para UMKM untuk menunjukkan kebolehannya.

Pembukaan ekshibisi Fashion Village pada tanggal 23 September 2021 silam.

Mengusung tema besar #JF3TogetherWeAreStronger, JF3 membuka helatan tahunannya kali ini dengan menggelar ekshibisi Fashion Village di area koridor Mall Kelapa Gading 3 selama 18 hari penuh. Adapun lewat rangkaian ekshibisi ini, sebanyak 50 pelaku usaha skala kecil dan menengah berkesempatan untuk menampilkan beragam hasil karyanya meliputi kain, busana siap pakai, aksesori, dan masih banyak lagi. Karya-karya industri lokal yang dikurasi secara ketat ini masing-masing mencerminkan kekayaan budaya Nusantara dengan berimbuhkan sentuhan tren mode terkini.

Gelaran ekshibisi Fashion Village tahun ini dibagi menjadi tiga; dihelat di tiga area berbeda dan tiga tema berbeda: Selasar Nusantara yang mempersembahkan koleksi wastra tradisional premium seperti Batik Marunda, Batik Madura, Batik khas Jambi, hingga tenun Garut; Bazar Mode yang menghadirkan serangkaian busana siap pakai nan praktis serta kudapan kekinian yang banyak diminati pengunjung; dan Padu Padan Lokal yang berfokus pada produk-produk dengan sentuhan etnik berkualitas.

Rangkaian acara JF3 kemudian ditutup dengan presentasi mode koleksi terbaru LAKON Indonesia yang bertajuk Gantari: The Final Journey to Java. Dihelat pada tanggal 9 Oktober 2021 silam di komplek Candi Prambanan, Jawa Tengah, presentasi istimewa ini digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dan menjadi kelanjutan koleksi PakaianKoe persembahan sang Direktur Kreatif, Irsan, untuk label yang didirikan oleh Thresia Mareta pada tahun 2018 tersebut. Sesuai namanya, koleksi ini menjadi buah upaya keduanya dalam melestarikan budaya Indonesia dengan melibatkan sejumlah artisan dan perajin lokal, terutama mereka yang berdomisili di daerah Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.