Sisi Personal Kampanye Iklan #ValentinoEmpathy

Valentino luncurkan kampanye iklan #ValentinoEmpathy yang menyoroti hubungan para sahabat rumah mode tersebut dengan orang-orang terdekat mereka.

Mengorkestrasi sebuah pemotretan kampanye iklan di tengah pandemi bukan lah perkara mudah. Meski demikian, Valentino tidak kehabisan akal dan mampu meluncurkan sebuah kampanye iklan yang begitu berarti. Sang direktur kreatif, Pierpaolo Piccioli, mengumpulkan 23 orang sahabatnya beserta orang-orang terdekat mereka, untuk ambil bagian dalam kampanye iklan bertajuk #ValentinoEmpathy ini.

Adapun 23 orang yang menghiasi kampanye iklan tersebut meliputi Adut Akech, Anwar Hadid, Christy Turlington, Ellery Walker Harper, Ghali, Gwyneth Paltrow, James Turlington, Janet Mock, Laetitia Casta, Laura Dern, Leon Dame, Liu Wen, Mariacarla Boscono, Mustafa the Poet, Naomi Campbell, Rafferty Law, Rossy de Palma, Rula Jebreal, Shu Qi, Tali Lennox, Tang Yan dan Vittoria Ceretti.

Tiap talenta yang menghiasi kampanye iklan tersebut tampil prima dalam balutan koleksi terbaru Valentino untuk musim gugur/dingin 2020-21. Uniknya, kampanye iklan tersebut dibidik di tempat para bintang-bintang ini menghabiskan periode social distancing, oleh orang-orang yang mereka kasihi. Hubungan antara subjek dan fotografer pun menjadi begitu penting dalam kampanye iklan ini.

Foto Pierpaolo Piccioli yang dibidik oleh putrinya, Stella.

Sebut saja foto Pierpaolo Piccioli yang diabadikan oleh Stella, putrinya yang berusia 14 tahun. Lewat foto tersebut, sang direktur kreatif tampak memegang sebuah kertas berhiaskan tulisan ‘empathy’—tulisan yang ia goreskan sendiri menggunakan lipstik milik sang istri. Rafferty Law, aktor berusia 23 tahun yang juga merupakan putra dari Jude Law dan Sadie Frost, meminta sang ibu, untuk memfoto dirinya kala mereka menghabiskan waktu bersama di luar kota London.

Foto Rafferty Law yang diabadikan oleh sang ibu, Sadie Frost.

Ada pula foto unik aktris Laura Dern yang dibidik oleh putranya, Ellery Harper. Foto Ellery sendiri, dibidik oleh adik perempuannya, Jaya. Tema keluarga terasa kental lewat beberapa pilihan foto. Foto milik model Mariacarla Boscono misalnya, turut menampilkan sang putri, Marialuca. Sementara itu, model Christy Turlington, memilih untuk tampil bersama dua keponakannya, James Turlington dan Cameron Grace Carter.

Christy Turlington bersama kedua keponakannya, James Turlington dan Cameron Grace Carter.
Maricarla Boscono memotret dirinya sendiri bersama putrinya, Marialuca.

Selain melibatkan orang terdekat untuk membidik mereka, pilihan untuk memotret diri sendiri tampaknya turut menjadi favorit. Model Anwar Hadid misalnya, memilih untuk memotret dirinya sendiri sambil memegang dua buah lukisan yang bertuliskan kata ‘unity’. Langkah serupa turut dilakukan oleh Naomi Campbell, yang tampil begitu tangguh dalam balutan mantel bertekstur.

Foto-foto yang hampir seluruhnya dibidik hanya dengan menggunakan iPhone ini menampilkan sisi lain yang lebih personal dari bintang-bintang tersebut. Mengenakan makeup, menata rambut, atau tidak sama sekali, menjadi kebebasan yang diberikan Valentino pada masing-masing bintang. Aktris Frances McDormand, misalnya, memutuskan untuk tidak memulas apapupn pada wajahnya dan tidak menata rambutnya sama sekali.

Frances McDormand tampil tanpa pulasan makeup dan tatanan rambut sama sekali.

Tiap bintang memiliki kesempatan menyunting foto-foto mereka sebelum dikumpulkan kepada Valentino. Alhasil, foto akhir yang dipergunakan dalam kampanye iklan ini mewakili keinginan masing-masing bintang akan bagaimana mereka ingin dilihat oleh dunia, ketimbang bagaimana dunia ingin melihat mereka.

Foto Janet Mock yang diabadikan oleh sahabat dan makeup artist, Wendi Miyake.

Semangat filantropi turut terselip dalam kampanye iklan Valentino kali ini. Alih-alih dibayar untuk hasil kerja mereka—baik sebagai model ataupun fotografer—tiap pihak yang berkontribusi dalam proyek #ValentinoEmpathy ini sepakat untuk mendonasikan upah mereka—yang terkumpul sebesar 1 juta Euro—kepada Rumah Sakit Lazzaro Spallanzani di Roma. Rumah sakit tersebut dikenal sebagai pusat penanganan Covid-19 di Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.