Victoria Beckham Menyatakan “Tidak” Pada Material Eksotis

Selebritas sekaligus perancang busana ternama, Victoria Beckham, dengan tegas menolak menggunakan material eksotis untuk koleksi fashionnya.

Gerakan menolak penggunaan material eksotis yang melibatkan hewan-hewan yang dilindungi kian semarak di tengah industri fashion dewasa ini. Berselang dua bulan dari dirilisnya pernyataan resmi oleh Chanel untuk tidak menggunakan material eksotis seperti kulit maupun bulu binatang, kini giliran Victoria Beckham yang menggaungkan spirit yang sama.

Presentasi koleksi Fall/Winter 2019 menjadi titik dimulainya komitmen penuh Victoria Beckham untuk membuat produk-produknya memenuhi standar ethical fashion sehingga mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Meniadakan produk yang dikonstruksikan dengan material eksotis menjadi salah satu langkah tegas yang diambilnya.

“Keputusan ini tak hanya merefleksikan keinginan Victoria Beckham sebagai sebuah brand, namun juga pelanggan-pelanggan kami. Ke depannya kami tidak akan menggunakan kulit maupun bulu binatang lagi, apa pun bentuknya,” juru bicara Victoria Beckham memaparkan.

Langkah ini langsung diacungi jempol oleh organisasi perlindungan hewan, PETA. “Kami sangat berharap label fashion lainnya dapat turut serta dalam gerakan ini, karena dengan demikian dapat mengurangi jumlah hewan yang tersiksa atau bahkan terancam punah,” ujar direktur PETA, Elisa Allen.

Sejak pertama kali label ini berdiri di tahun 2008, Victoria Beckham tidak pernah menggunakan bahan berupa bulu binatang pada rancangannya. Ia berjanji akan melanggengkan no-fur policy di rumah modenya, seperti halnya Stella McCartney, Vivienne Westwood, Diane von Furstenberg, dan Chanel yang dengan tegas melarang penggunaan kulit eksotis.

Semakin bertambahnya jumlah label luks yang mendukung pendekatan ethical fashion akan menjadikan fashion sebagai industri yang sehat dan bertanggung jawab pada ekosistem. No harms done to the animals and the environment!

 

(Teks: Chekka Riesca. Foto: courtesy of Victoria Beckham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *