Off The Grid: Komitmen Gucci Untuk Keberlangsungan Lingkungan

Tengok kreasi teranyar Alessandro Michele untuk Gucci yang sepenuhnya dihasilkan dari materi daur ulang.

Alur hidup mode yang cukup singkat menjadikan industri mode sebagai salah satu penghasil limbah terbesar di bumi saat ini. Menyadari hal tersebut, Gucci lewat sebuah gerakan inisiatif yang diberi nama Gucci Circular Lines, menjadi rumah mode luks pertama dalam menunjukkan komitmennya untuk memberikan solusi akan masalah tersebut lewat penggunaan sistem sirkular. 

Berlainan dengan sistem linear yang selama ini dilakukan, sistem sirkular memperpanjang umur atau ‘nyawa’ dari setiap atribut mode. Alih-alih dibuang, sistem ini mendaur ulang setiap atribut mode yang telah dikonsumsi menjadi sebuah benda baru yang dapat dinikmati kembali. Manifestasinya yang paling konkret dapat dilihat dalam koleksi kapsul Off The Grid, kreasi teranyar Alessandro Michele untuk Gucci.

Terdiri dari serangkaian busana unisex bernapaskan sportswear, koleksi ini sepenuhnya dihasilkan dari materi organik ataupun daur ulang. Contohnya, jaket dengan tudung berimbuhan logo GG, dirangkai dari materi Econyl, yakni bahan nilon yang dihasilkan lewat proses daur ulang. Begitu pula dengan tali serut pada jaket yang terbuat dari materi poliester daur ulang, berikut semua elemen seperti hardware dari daur ulang logam serta kancing yang dihasilkan dari proses daur ulang plastik.

Lini aksesori juga tak tertinggal dalam mendapat perlakuan yang serupa. Salah satunya yang paling mencuri perhatian, yakni tas ransel dengan kantung di bagian depan yang dihasilkan dari materi Econyl serupa, seperti yang terdapat pada koleksi busana. Untuk alas kaki, terdapat pula deretan sneaker berimbuhan logo dalam pilihan warna kuning dan hitam, berikut detail garis merah dan hijau khas Gucci yang atraktif. 

Sebuah kampanye berlatar rumah pohon di Los Angeles hasil besutan Harmony Korine jadi padanan yang tepat bersama dengan koleksi tersebut. Dengan dibintangi oleh aktris, Jane Fonda; penyanyi dan rapper, Lil Nas X; produser musik, King Princess; musisi dan aktor, Miyavi, serta pencinta lingkungan, David de Rothschild. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.