Baca E-Booknya, Nonton Filmnya

Sama-sama ‘story telling’, buku dan film keduanya menyenangkan dengan caranya masing-masing.

Satu perbedaan kontras adalah soal kekayaan imajinasi. Film menyampaikan cerita dalam bentuk visual dan audio. Ia dibikin semenarik mungkin agar penonton dapat menyerap apa yang ingin disampaikan oleh film tersebut. Sedangkan buku mengandalkan imajinasi liar. Susunan kalimat dalam sebuah karya tulis membuat manusia otomatis membayangkan apa yang tengah terjadi. 

Tentu menonton film lebih memuaskan sebab indera kita dimanjakan oleh audio dan visual yang menarik ketimbang teks panjang berupa kalimat-kalimat yang butuh pemahaman mendalam. Namun dari segi pemaknaan cerita, buku menjabarkan cerita secara lebih detail dan rinci dibanding film. Menikmati keduanya, buku dan film, adalah bentuk kepuasan tersendiri bagi penggemar buku ataupun penyuka film. Berikut daftar judul karya tulis yang menarik untuk dibaca, kemudian ditonton filmnya. 

NEWS OF THE WORLD

Captain Jefferson Kyle Kidd melakukan perjalanan dari kota ke kota, untuk menyebarkan berita kepada penduduk, yang tidak tahu apa yang sedang terjadi pada dunia. Suatu hari, sang kapten yang diperankan oleh aktor Tom Hanks, setuju mengantar seorang anak yatim piatu kepada kerabatnya di San Antonio. Perjalanan mereka ke selatan mesti melewati medan yang berbahaya dan sangatlah menegangkan 

Buku ini diadaptasi menjadi karya film dan dijadwalkan tayang 25 Desember 2020 di Amerika Serikat. Disutradarai oleh Paul Greengrass, News of the World memajang sederet pemain film yakni Tom Hanks, Neil Sandilands, Mare Winningham, Fred Hechinger, Helena Zengel, dan lainnya. 

THE NIGHTINGALE

Isabelle dan Vianne (diperankan Elle Fanning dan Dakota Fanning) adalah kakak beradik. Isabelle, sang adik, adalah perempuan pemberani yang tinggal di Paris. Sedangkan Vianne, lebih pendiam dan tinggal di pinggiran Prancis bersama anak dan suaminya, Antoine. Ketika Perang Dunia II meletus, Antoine dikirim berperang. Hubungan kakak beradik ini pun diuji dengan menghadapi bermacam ketakutan. 

Disutradarai oleh Mélanie Laurent, The Nightingale dirilis dalam bentuk film dan ditayangkan pada 22 Desember 2021 di Amerika Serikat. 

BREAKFAST AT TIFFANY’S

Berkisah tentang Holly Golightly, seorang perempuan misterius yang berjiwa bebas dan menjadi pujaan kaum laki-laki kelas atas di New York. Orang-orang mengenalnya sebagai ratu pesta, simpanan jutawan, sekaligus kaki tangan mafia. Ia penuh gaya dan menjadi sosialita Manhattan. Namun siapakah sesungguhnya perempuan ini? Apa yang dicarinya? Apakah cinta atau harta?

Diadaptasi dari novel karya Truman Capote, Breakfast At Tiffany’s memenangkan dua Academy Awards dan dapat ditonton di Amazon Prime Video. 

SENSE & SENSIBILITY

Tentang dua gadis remaja kakak beradik yang harus pindah tempat tinggal setelah ayahnya meninggal dunia. Keduanya ingin menemukan cinta sejati. Namun pada masa di mana banyak orang lebih mementingkan status dan harta daripada cinta sejati, dapatkah Elinor dan Marianne menikahi laki-laki idaman mereka? 

Tayang di Amazon Prime Video, Sense & Sensibility disutradarai oleh Ang Lee dan diperankan oleh Hugh Grant, Emma Thompson, dan Kate Winslet. Adaptasi novel klasik karya Jane Austen ini dirilis dalam bentuk film pada 13 Desember 1995. Film ini memenangkan Golden Globe Award untuk Best Screenplay tahun 1996, Academy Award for Best Writing (Adapted Screenplay) 1996, dan BAFTA Award untuk Best Actress in a Supporting Role 1996. 

HIDDEN FIGURES 

Menceritakan kisah nyata matematikawan Afrika-Amerika, Katherine Johnson dan dua rekannya Dorothy Vaughan dan Mary Jackson, yang bekerja pada program luar angkasa Amerika Serikat dan berpartisipasi dalam keberhasilan terbesar NASA. 

Hidden Figures tayang di Amazon Prime Video dengan durasi 127 menit. Mengisahkan tiga perempuan kulit hitam yang saat itu menjadi minoritas di Amerika Serikat. Mereka adalah Mary Jackson (diperankan Janelle Monáe), Dorothy Vaughan (diperankan Octavia Spencer), dan Katharine Goble (diperankan Taraji P. Henson).

Mary Jackson adalah seorang ahli teknik yang pernah ditolak menjadi teknisi di NASA, kecuali bila ia berhasil lulus di pendidikan tinggi yang dikhususkan bagi kulit putih. Kemudian Dorothy yang memiliki peran sebagai pelaksana tugas Supervisor atau pengawas dari Area Barat, selalu tidak berhasil memperoleh jabatannya secara permanen karena alasan warna kulitnya. Sementara Katherine Goble menjadi tokoh sentral dari film Hidden Figures. Saat Amerika Serikat berpacu melawan Rusia untuk menempatkan seorang laki-laki di luar angkasa, NASA menemukan bakat yang belum dimanfaatkan dari ketiga perempuan matematikawan keturunan Afrika-Amerika itu. Mereka berfungsi sebagai otak di balik salah satu operasi terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.