Beyoncé Merespon 33 Pertanyaan Para Penggemar Dari Media Sosial

beyonce interview elle indonesia january 2020 cover

Beyoncé Knowles-Carter membuka diri tentang perannya sebagai ibu, mencari waktu untuk berkencan, dan bagaimana ia belajar untuk merasa utuh sebagai perempuan serta percaya diri dengan bentuk tubuhnya.

Beyoncé Knowles-Carter (BKC) seolah turun dari langit dengan parasut mengembang, lalu menapaki sudut umum di area Crenshaw, Los Angeles. Ia berjalan santai masuk ke salon di pinggir jalan, bodega, binatu, dan toko wig dalam busana koleksi IVY PARK x adidas besutannya. Ia merancang IVY PARK sambil memikirkan aksi tiap sosok manusia; dengan menekankan gaya untuk orang-orang dinamis—orang yang tengah mengantar anak ke sekolah, pergi ke gym, atau sedang berkencan.

Untuk sesi foto bersama ELLE, sang superstar berpose tegas dalam serangkaian foto berwarna sinematik dengan sentuhan vignette yang telah ia idamkan terjadi bersama Melina Matsuokas, kolaborator video Lemonade dan sutradara film Queen & Slim.

beyonce cover elle indonesia january 2020
Busana: IVY PARK x adidas (Mantel asimetris, 7/8 tights , sneakers), JUNYA WATANABE (gaun), HERMES (baret), LANA JEWELRY (anting), LORRAINE SCHWATZ (kalung), OFIRA (cincin).

Jukstaposisi ini—perempuan luar biasa yang hidup di dunia biasa—adalah bagian dari keajaiban, yang ia percaya ada dalam diri tiap orang, yang diciptakan Beyoncé untuk labelnya. Tahun 2016, saat pertama meluncurkan IVY PARK—sebuah label yang kini ia miliki sepenuhnya, menjadikannya salah satu perempuan termuda, dan satu-satunya perempuan AfricanAmerican, yang memegang 100% kepemilikan dari sebuah label mode athleisure—ia mendamba untuk dapat mengajak para perempuan beraktivitas mengenakan busana athleisure. Dan saat ia mengetahui laki-laki mulai memberi atensi pada IVY PARK, ia memperluas jangkauan pelanggannya dengan koleksi bergaya gender-neutral.

Dunia mode, tentunya, hanya tali yang merangkai pita besar Beyoncé: sosok perempuan ‘renaissance’, seorang sutradara (untuk film Homecoming yang meraih enam nominasi Emmy Awards), seorang aktor suara (sebagai Nala dalam The Lion King yang meraup 1,6 triliun dolar Amerika), dan juga seorang produser (The Lion King: The Gift, sebuah album musik African-soundscape). Satu faktor kunci suksesnya ialah senantiasa memposisikan diri berada di antara sejumlah kolaborator dengan visi serupa—termasuk Matsuokas.

Kini, Beyoncé Knowles-Carter membuka kesempatan langka bagi para penggemarnya: memberi akses penuh untuk para Beyhive agar dapat berbincang intim dengannya lewat email, direct message di Instagram dan Facebook. Kemudian, ia berbagi kepada ELLE dalam edisi ini.

beyonce cover elle indonesia january 2020
Busana: IVY PARK x adidas (jaket dan celana track), LANA JEWELRY (anting), LORRAINE SCHWATZ (kalung).

Saya menunggu gebrakan terbaru dari IVY PARK. Apa yang telah Anda siapkan untuk kami lewat kerjasama bersama adidas? –via Facebook.
BKC: “Ibu saya telah berhasil menanamkan ide bahwa kreativitas itu berawal dari loncatan keyakinan—mengontrol rasa takut untuk tidak menghalangi Anda mencapai tujuan. Saya bangga melakukan itu bersama adidas. Saya tidak sabar untuk Anda menyaksikan kampanye koleksi pertama kami. Koleksi itu menyatukan gaya pribadi saya dan dikembangkan untuk tiap orang. Label baru ini merangkul kreativitas, yakni kekuatan terbesarnya. Saya fokus dalam merancang koleksi sepatu dan busana unisex karena saya melihat banyak laki-laki yang menyukai IVY PARK. Cara mereka menghargai label ini merupakan hadiah yang tak terkira. Saya mengambil resiko besar saat membeli perusahaan ini kembali. Kita semua memiliki kepercayaan di mana kita sanggup mengambil resiko dan berani bertaruh pada diri sendiri.”

Sebagai chairwoman dan CEO dari Parkwood Entertainment, apa saja yang telah Anda terapkan untuk memastikan para pekerja perempuan memiliki hak sama dengan laki-laki? –via email.
BKC: “Saya percaya dalam memberikan suara untuk kaum yang tidak selalu didengar. Salah satu di antara para direksi perusahaan saya terdahulu adalah seorang perempuan. Saya mempekerjakan perempuan bukan sekadar untuk meramaikan, tapi untuk memimpin. Saya percaya perempuan lebih memiliki keseimbangan hidup dan empati dalam mengambil keputusan yang menguntungkan perusahaan. Perempuan pun cenderung setia dan berkomitmen 100% pada peraturan.”

beyonce cover elle indonesia january 2020
Busana: IVY PARK x adidas (Jumpsuit, atasan bodysuit, harness bag). LANA JEWELRY (anting), LORRAINE SCHWATZ (kalung), BOTTEGA VENETA (sandal).

Saya sangat terkoneksi dengan Lemonade dan nyaris pingsan saat menyaksikan Homecoming. Apa masalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam memberikan penghargaan? Apakah saat itu Anda kecewa karena tidak menang? Karena Anda harus tahu, bahwa Anda memenangi hati saya. –via Instagram.
BKC: “Saat itu saya mulai mencari makna sebenarnya, kala hidup mulai memberi pelajaran yang saya tidak tahu saya butuhkan. Keberhasilan tampak berbeda bagi saya saat ini. Saya belajar bahwa tiap rasa sakit dan kehilangan adalah bentuk hadiah. Sempat mengalami keguguran justru mengajarkan bahwa saya harusnya mendidik diri sendiri untuk menjadi ibu terlebih dahulu sebelum menjadi ibu bagi orang lain. Kemudian saya melahirkan Blue dan perjalanan saya mencari tujuan hidup menjadi jauh lebih dalam. Saya mati dan lahir kembali dalam hubungan dengan diri sendiri. Menjadi yang “nomor satu” bukan lagi prioritas. Kemenangan sesungguhnya adalah bagaimana saya mampu menciptakan seni dan peninggalan yang kelak hidup jauh lebih lama daripada diri saya sendiri.”

Apa yang membuat Anda stres? Anda selalu terlihat memiliki kontrol akan segalanya. – via Instagram.
BKC: “Saya pikir yang paling membuat saya stres adalah bagaimana menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Memastikan bahwa saya ada untuk anak-anak saya— mengantar Blue ke sekolah, mengantar Rumi dan Sir beraktivitas, mencari waktu berkencan dengan suami saya, dan tiba di rumah tepat waktu untuk makan malam keluarga—semua itu sangat menantang saat saya lakukan sambil mengurus sebuah perusahaan. Mengorganisir segala peran itu bisa membuat stres, namun saya pikir itu kehidupan semua ibu pekerja.”

beyonce interview - elle indonesia january 2020 cover

Berat badan adalah suatu hal yang naik turun. Apa yang Anda rasakan kala orang-orang menyerang Anda dengan berkomentar tentang penampilan Anda? –via Instagram.
BKC: “Bila ada yang mengatakan pada saya 15 tahun lalu bahwa tubuh akan melalui banyak perubahan berat dan bentuk, lalu perempuan akan merasa bahagia dan aman bila menjaga bentuk badannya, saya tidak akan percaya. Karena memiliki anak dan proses pendewasaan telah mengajarkan saya untuk menghargai diri sendiri jauh melampaui tampilan fisik semata. Tidak memerdulikan urusan orang lain dan apa yang orang lain komentari adalah ketenangan paling ideal dalam hidup ini. Saya selalu berharap agar orang-orang dapat lebih fokus dalam menemukan kecantikan yang terpancar dari diri mereka masing-masing daripada mengkritik kekurangan orang lain.”

Apa kata-kata favorit Anda? Least favourite?
BKC: “Least Favourite no. Favourite: why????

Baca artikel eksklusif Beyoncé Knowles-Carter dalam edisi ELLE Indonesia Januari 2020.

photography MELINA MATSUOKAS styling KAREN LANGLEY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.