Kamus Gaya Hidup Berkelanjutan yang Lebih ‘Hijau’

green lifestyle - Conscious Consumer

Awali tahun baru dengan mempelajari segala hal yang perlu di ketahui mengenai ekologi dan keberlanjutan. Baik kuliner, mode, kecantikan, maupun gaya hidup yang menginspirasi. Oleh MARINE LE BRIS.

Apps

3 aplikasi ramah lingkungan yang perlu di unduh:

1. Good on You

green lifestyle apps Good on You

Aplikasi mode berbasis peringkat ini dapat menampilkan direktori label-label mode yang menjunjung tinggi etika ‘hijau’. Aplikasi ini dapat membantu para penggunanya untuk mengetahui seberapa etis dan sustainable dari berbagai label mode. Informasinya meliputi wawasan rantai suplai, menjelaskan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan hewan, dan bagaimana mereka menerapkan pedoman berkelanjutan dalam proses penciptaan busana. Emma Watson, figur populer yang mengedepankan asas berkelanjutan dalam berbusana merupakan salah satu pengguna aplikasi ini.

2. Too Good to Go

green lifestyle apps Too Good to Go

Aplikasi ini berguna untuk ‘menyelamatkan’ produk makanan yang sayang untuk dibuang. Sejumlah toko seringkali harus membuang makanan yang tak terjual yang sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi. Anda pun dapat menjadi seorang waste warrior dengan menyelamatkan makanan-makanan ini. Dengan lebih dari 16 juta pengguna dan 30,000 toko yang berpartisipasi di 14 negara, aplikasi ini memudahkan Anda untuk membeli makanan dengan harga miring sehingga tak terbuang sia-sia. Anda cukup memesan, membayar lewat aplikasi, mengambil, dan menikmatinya!

3. My Liittle Plastic Footprint

green lifestyle My Liittle Plastic Footprint

Aplikasi ini membantu untuk mengurangi pemakaian plastik dan mengajak siapa pun untuk diet plastik. Tak hanya itu, terdapat sejumlah alternatif sesuai keseharian Anda meliputi opsi produk kosmetik bebas plastik mikro, ajakan membawa tempat makan sendiri ketika memesan makanan take-away, atau penggunaan minyak kelapa sebagai penghapus riasan. Aplikasi ini juga didukung oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bee Influencer

Pernahkah Anda mendengar tentang B, influencer lebah pertama? Untuk menyoroti pentingnya peran lebah dalam ekosistem, La Fondation de France telah menciptakan seekor lebah influencer. Konsepnya sederhana. Semakin banyak pengikut B, semakin banyak pula dana yang dikumpulkan untuk menyelamatkan lebah-lebah. Beragam proyek edukasi lebah, workshop untuk anak-anak, hingga pelatihan pembiakan lebah pun dihelat dengan mempergunakan dana “Bee Fund”. Anda dapat mengikuti petualangan seru B di akun Instagram @Bee_nfluencer.

green lifestyle - Conscious Consumer

Conscious Consumer

Seorang yang menyadari dampak negatif dari produk-produk yang diproduksi secara tidak etis atau tidak sustainable. Mereka memilih untuk membeli produk-produk yang mengikuti pedoman sustainability dan menghindari produk-produk produksi masal yang melewati proses manufaktur boros dan berbahaya.

Discarded Clothes

95% pakaian yang telah dibuang dapat didaur ulang atau dipergunakan kembali. Memperpanjang usia pakaian selama sembilan bulan dapat mengurangi jejak karbon, limbah, dan air sebanyak 20-30% per helai pakaian.

Ecotourism

ecotourism

Ecotourism memiliki landasan pikiran bahwa kita harus mengutamakan kelestarian alam di atas segalanya. Keuntungan yang dihasilkan dari konsep pelesir ini diinvestasikan kembali ke dalam berbagai proyek konservasi. Richard Hammond dan Jeremy Smith, penulis Clean Breaks (sebuah buku pedoman pelesir ramah lingkungan), merangkum, “Pada dasarnya, ini tentang meminimalisir dampak lingkungan, selama berpelesir dan di tempat Anda berlibur, dengan memilah pilihan-pilihan bertanggung jawab menyoal transportasi dan resor tempat Anda menginap.”

Salah satu contoh terbaik adalah Bhutan, satu-satunya negara di dunia
yang memiliki jejak karbon negatif. Hal ini bukanlah suatu kebetulan. Raja
Bhutan, Jigme Singye Wangchuck, menciptakan Indeks Kebahagiaan
Nasional berdasarkan empat pilar: pembangunan berkelanjutan, konservasi lingkungan, pelestarian alam, dan juga pemerintahan yang baik.

Food

Food and Agriculture Organization of the United States (FAO) memperkirakan sebanyak 14% dari seluruh makanan di dunia terbuang bahkan sebelum mencapai pusat distribusi. Angka ini setara dengan nilai 400 juta dolar Amerika.

Goal

Sebagai bagian dari Program Pembangunan Berkelanjutan, PBB telah menetapkan 17 tujuan yang mengajak tiap negara—baik yang maju maupun yang tengah berkembang—untuk mengambil tindakan. Tujuannya untuk mengakhiri kemiskinan dan ketidaksetaraan lewat berbagai upaya pengembangan ekonomi dan perlindungan lingkungan. Berikut beberapa strateginya:

Untuk informasi lebih lanjut, klik: www.un.org/ sustainabledevelopment/sustainable- development-goals

HOME

elle indonesia - rumah kourtney kardashian

3 Tip Rumah Lebih Hijau!

Di dapur: Selalu menggunakan wadah penyimpanan berbahan kaca (bukan plastik) dan kantong snack silikon. Hentikan penggunaan kertas tisu dan pilih menggunakan handuk yang dapat digunakan kembali. Anda juga dapat pula menggunting kaus lama menjadi potongan kecil-kecil untuk dijadikan lap.

Di kamar mandi: Gunakan sikat gigi bambu dan pasta gigi bebas plastik. Anda dapat pula membuat sampo batangan Anda sendiri atau mempergunakan wadah kaca ketimbang menggunakan botol plastik. Gunakan cotton rounds dari katun organik 100% yang dapat dipergunakan kembali. Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin cuci atau mencucinya dengan tangan.

Di ruang keluarga: Pilih dekorasi rumah yang dapat didaur ulang dan terbuat dari materi daur ulang seperti kayu, kardus, kaca, anyaman, katun, hingga rotan untuk furnitur dan linen. Hindari penggunaan materi sintetis yang memerlukan banyak produk kimia dalam proses pembuatannya.

Jeans

Setiap detik, 60 pasang celana denim terjual di seluruh dunia. Hal tersebut menjadikannya salah satu produk yang paling populer di dunia. Pembuatan satu pasang celana denim membutuhkan lebih dari 10,000 liter air dan bahan kimia yang polutif. Lebih jauh lagi, sepasang celana jeans umumnya harus melakukan perjalanan sejauh 65,000 km sebelum akhirnya berakhir di dalam lemari pakaian kita. Ia meninggalkan jejak karbon yang begitu besar.

K-Beauty

Produk-produk kecantikan Korea atau K-Beauty menjadi alternatif produk kecantikan yang lebih hijau dalam merawat kulit. Sering kali terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi yang mengandung bambu, lotus, ginseng, delima, teh hijau dan tumbuhan. Bahan- bahan ini mampu merawat kulit Anda dengan sempurna sambil menjaga planet pada waktu yang sama.

Low Tox

Alexx Stuart meluncurkan gerakan holistik ini pada 2010 silam demi mengurai produk-produk industrial yang dapat ditemukan di keseharian dalam empat area berikut: tubuh, rumah, makanan, dan pikiran. Berkat situs, resep-resep DIY, podcast, dan TEDTalks miliknya, Alexx Stuart membantu kita untuk menjadi lebih sadar akan jumlah produk industrial yang kita pergunakan dan memberikan alternatifnya. Mantra komunitas ini adalah hidup lebih sehat untuk bumi yang lebih terlindungi.

Metal Straws

Setiap hari, 1 miliar sedotan plastik dibuang. Padahal, butuh ratusan tahun untuk membuatnya terurai. Sedotan plastik mewakili angka 4% dari seluruh sampah di laut, mengotori garis pantai, dan mengancam kehidupan biota laut. Mempergunakan sedotan logam dapat menggantikan penggunaan 540 sedotan plastik.

Netherlands

pulau buatan

Pemerintah Belanda telah membangun 5 pulau buatan untuk melestarikan margasatwanya. Pulau-pulau ini berada di bagian utara wilayah Holandia, di danau Markermeer. Berkatpulau-pulau tersebut, dalam dua tahun terakhir, 30,000 ekor burung dan 100 jenis tumbuhan telah tumbuh kembali ke ekosistem ini.

Ocean Conservancy

Baru-baru ini, Nike telah menggandeng Ocean Conservancy untuk mendorong perusahaan-perusahaan besar agar menghindari Samudra Arktik sebagai rute pengiriman mereka dan mengurangi penyewaan kapal via Arktik. Ada pun keputusan ini berlandaskan studi para ahli yang mengemukakan bahwa rute tersebut berdampak negatif pada ekosistem laut dan meningkatkan emisi rumah kaca global. Beberapa perusahaan besar yang telah menandatangani perjanjian tersebut adalah H&M, Kering Group dan Gap.

Plogging

plogging

Pernahkah Anda mendengar istilah plogging? Hobi ini mengombinasikan olahraga dengan upaya pelestarian alam lewat cara mengumpulkan sampah. Istilah plogging sendiri pertama kali muncul di Swedia pada 2016, dan merupakan gabungan dari kata ‘plocka upp’, yang berarti ‘memungut’ dalam bahasa Swedia, dengan jogging. Dengan kata lain, plogging adalah berlari sambil mengumpulkan sampah yang ditemukan sepanjang perjalanan dan membuangnya di tempat seharusnya. Moto plogging adalah memiliki tubuh yang sehat di lingkungan yang sehat. Olahraga ini membutuhkan usaha dan ketahanan fisik yang kuat. Anda perlu membungkuk, berjongkok untuk mangambil kaleng atau pembungkus kertas di bawah bangku taman, atau bahkan berlari kecil apabila ada sampah yang beterbangan.

Questions

Sebelum berbelanja atau membeli pakaian baru, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah saya benar-benar membutuhkan benda ini? Apakah saya akan memakainya lebih dari 30 kali? Apakah saya sudah memiliki barang serupa? Apakah saya akan mendonasikan dua produk lain agar dapat membeli produk ini?

Rainforest

Para ahli telah menyepakati bahwa reboisasi adalah langkah efektif dalam upaya melawan perubahan iklim. Kita harus menanam 900 juta hektar pohon agar dapat menyerap dua per tiga emisi karbon. Hal ini dapat bermanfaat baik bagi wilayah seperti Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Brazil, dan Tiongkok.

Search Engine

Tahukah Anda bahwa ada mesin pencari web lain selain Google? Dan sebagian dari mereka mendonasikan sebagian profit yang dihasilkan untuk menangani isu-isu lingkungan dan sosial. Ecoasia mempergunakan penghasilan iklan dari pencarian-pencarian Anda untuk menanam pohon di seluruh dunia. Usai kebakaran hutan di Amazon, Ecoasia berkomitmen untuk menanam 1 juta pohon lebih banyak. Sementara itu, Lilo mendonasikan 50% penghasilannya ke berbagai proyek sosial yang dipilih langsung oleh para penggunanya.

T-Shirt

Dibutuhkan setidaknya 2,720 liter air untuk membuat sepotong kaus. Angka tersebut setara dengan banyaknya air yang kita minum selama periode 3 tahun.

Upcycling

Upcycling adalah poses mempergunakan kembali materi yang dapat meningkatkan nilai produk tersebut dan membuatnya diinginkan kembali. Suatu upaya menyelamatkan garmen-garmen agar tak terbuang secara cuma-cuma.

Vegan Leather

vegan leather

Kulit vegan adalah materi yang mengimitasi kelembutan kulit dan memiliki fungsi yang sama, tanpa mempergunakan produk hewan apa pun atau melewati proses uji coba pada binatang. Berikut beberapa opsi produk kulit vegan alternatif.

Kulit nanas atau Piñatex: Terbuat dari daun nanas, kulit yang lembut dan kuat ini memberikan sensasi sentuhan yang sama dengan kulit hewan.

Kulit eucalyptus: Terbuat dari daun kayu putih, kulit ini memiliki daya tahan yang sangat baik. Saat ini kulit eucalyptus diproduksi di Jerman tanpa menggunakan pestisida.

Muskin atau kulit jamur: Terbuat dari bagian kepala jamur.
kulit jenis ini biogredable dan memiliki tekstur seperti suede.

Cork: 100% alami, lembut, dan ringan. Jenis kulit ini kedap air dan tahan lama. Kulit jenis ini terbuat dari permukaan pepagan pohon cork oak.

Women

Perubahan iklim nyatanya berdampak besar—dan secara tidak proporsional—terhadap perempuan. Ini artinya, perempuan harus dilibatkan dalam kebijakan-kebijakan untuk menyelesaikan masalah-masalah spesifik gender. Perempuan hanya mewakili 20% dari seluruh ilmuwan di bidang fisika dan geosains. PBB pun menyadari bahwa untuk melawan pemanasan global, perempuan harus diikutsertakan dalam organisasi dan pembuatan kebijakan-kebijakan menyoal iklim.

XXL Project

MrBeast, seorang YouTuber asal Amerika Serikat, meluncurkan #teamtrees, sebuah proyek menanam 20 juta pohon. Dana sebesar $1 yang didonasikan sama dengan menanam 1 pohon. Sebanyak 21,7 juta pohon pun telah sukses tertanam! (www.teamtrees.org)

Youth For Climate

youth for climate - greta thunberg
Greta Thunberg

Generasi Z menjadi generasi pertama yang merasakan langsung dampak perubahan iklim. Mereka memahami bahwa kita harus melakukan sesuatu. Menurut sebuah survei dari Amnesty International di 22 negara, Generasi Z percaya bahwa perubahan iklim merupakan isu paling mendesak yang dihadapi oleh dunia saat ini. Youth Climate Summit yang diselenggarakan oleh PBB pada Desember 2019 silam mengumpulkan 500 aktivis muda untuk mendengarkan pendapat mereka akan masa depan planet ini.

Zero Waste

Beberapa kebiasaan baik yang patut dicoba:

  1. Saat berbelanja kebutuhan sehari- hari, hindari pengemasan plastik yang berlebih.
  2. Bawa wadah penyimpanan dan tas kain sendiri saat berbelanja.
  3. Beli produk secondhand, vintage, atau berpartisipasi dalam kegiatan clothes swap.
  4. Uraikan seluruh limbah rumah tangga di kebun atau balkon rumah.
  5. Minumlah air dari botol minum kaca atau logam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.