10 Penampilan Ikonis Keanu Reeves dalam Film

keanu reeves acting career

Keanu Reeves telah bermain peran dalam 107 film, berikut kurasi penampilan terbaik yang membuat dunia jatuh hati terhadap sosoknya.

Keanu Reeves pertama kali terekam kamera televisi sebagai figuran tahun 1984. Film perdananya Youngblood dirilis pada 1986. Lewat penampilannya sebagai Ted Logan dalam Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989), Keanu Reeves memastikan diri mendapat tempat di Hollywood. Kariernya melesat cepat. Tidak ada tahun tanpa film yang menampilkan figurnya.

Berdasarkan biografi IMDb, Keanu Reeves telah memiliki 107 karya visual yang menyajikan talenta aktingnya. Hari ini, sang aktor menginjak usia 56 tahun, dan ia masih memiliki, setidaknya, tujuh film—termasuk The Matrix 4—yang tengah dalam proses produksi untuk dipersembahkan kepada Anda di masa mendatang.

Era ’90-an mengawali masa kejayaan aktor kelahiran 2 September 1964 itu. Ia melahirkan beragam karakter yang menjadikannya ikon di dekade tersebut. Mulai dari seorang Don dalam Much Ado About Nothing, polisi penjinak bom di Speed, hingga sang Neo yang menyelamatkan umat manusia dari kurungan The Matrix.

Untuk merayakan ulang tahunnya, kami menjelejahu perjalanan aktingnya dan mengurasi 10 penampilan terbaik Reeves yang membuat dunia jatuh hati.

The Matrix—Saga

the matrix 4
Photo courtesy Warner Bros. Pictures

Sejak perilisan edisi pertamanya di tahun 1999, The Matrix Saga dapat dikatakan sebagai karya monumental dalam perjalanan karier Keanu Reeves. Reeves memerankan Thomas Anderson alias Neo, seorang programmer yang ahli meretas sistem komputer. Plotnya mengisahkan perjalanan Neo mengikuti takdir membebaskan umat manusia dari perangkap kehidupan simulasi virtual, Matrix.

Selain jalan cerita yang membangkitkan ragam teori konspirasi tentang teknologi, karakternya menjadi populer lewat pakaian serba hitam lengkap dengan kacamata ala agen yang khas (hingga menjadi ikon mode pada masanya), serta kekuatan menghentikan ratusan peluru dan bertarung dalam gerak lambat.

Edisi keempat film The Matrix direncanakan tayang pada 21 Mei 2021. Namun, seiring pandemi Covid-19, Warner Bros. terpaksa memundurkan jadwal perilisan Matrix 4 hingga, rencananya, April 2022. Filmnya sendiri kini tengah dalam proses produksi di bawah arahan Lana Wachowski, salah satu pencipta kisah The Matrix, yang juga berperan sebagai penulis skenario dan produser.

Speed (1994)

speed
Photo courtesy Twentieth Century Fox

Siapa yang tidak jatuh hati pada Jack Traven (diperankan oleh Keanu Reeves)? Anda yang besar di era ’90-an tentu tak akan melupakan aksi Reeves berupaya menyelamatkan penumpang bis dari ledakan bom waktu. Speed yang rilis di tahun 1994 juga menobatkan Reeves dan Sandra Bullock (lawan mainnya yang memerankan Anne) sebagai pasangan favorit sepanjang masa.

Toy Story 4 (2019)

toy story 4
Photo courtesy Walt Disney

Meski dalam wujud animasi, Keanu Reeves tidak kehilangan kharisma. Di Toy Story 4, Reeves menghidupkan tokoh Duke Caboom, seorang pemeran pengganti aksi daredevil (atraksi motor akrobat)—yang mana mencerminkan sosoknya di dunia nyata yang merupakan pencinta sepeda motor—lewat olah suara.

John Wick—Saga

john wick saga
Photo coutesy Lionsgate

Selain Neo, figur Keanu Reeves juga turut populer lewat tokoh John Wick (2014), sang pembunuh bayaran. Kehidupan tenang Wick pasca pensiun dari pekerjaan berakhir ketika sekelompok orang mendobrak rumahnya. Pencarian yang semula hanya untuk membalaskan kematian sang binatang peliharaan pemberian almarhum sang istri, kemudian terus berlanjut hingga membawanya kembali masuk ke ranah kelam kehidupan.

John Wick: Chapter 3Parabellum yang dirilis tahun 2019 silam bukan edisi terakhirnya. Dilansir melalui Deadline, CEO studio Lionsgate, John Feltheimer, mengonfirmasi bahwa Keanu Reeves akan kembali untuk perannya hingga edisi kelima. “Kami sedang menggarap naskah untuk dua edisi film John Wick berikutnya. John Wick 4 dijadwalkan untuk diputar di bioskop pada akhir pekan Memorial Day 2022. Kami berharap untuk dapat memulai syuting John Wick 4 dan edisi kelimanya seiring dan berurutan pada tahun depan,” katanya.

Always Be My Maybe (2019)

Photo courtesy Netflix

Dalam film yang ditulis dan dibintangi oleh Ali Wong dan Randall Park, Reeves memerankan dirinya sendiri: Keanu Reeves, sang aktor. Namun, karakternya merupakan alter ego versi hipster, yang mana berbading terbalik dengan dirinya, di dunia nyata. Anda akan melihatnya bersikap arogan, narsistik, dan minim kepedulian hingga sarkastik terhadap orang ‘biasa’; dengan cara-cara jenaka yang membuat tergelak tentang bagaimana masyarakat tertipu akan ilusi mewah yang diciptakan dunia hiburan.

Sutradara Nahnatchka Khan mengatakan bahwa Reeves turut berkontribusi dalam menyuntikkan humor dalam naskahnya. “Kami bertemu dengannya untuk membahas naskah sebelum dia setuju berperan. Ia memiliki begitu banyak ide dan versi komedi satire yang menyulut tawa sehingga kami kembali merevisi naskah sesuai gagasannya.”

Sweet November (2001)

Photo courtesy Warner Bros.

Ada saat tertentu di mana Reeves tidak beraksi laga dan hanya bermain drama penuh emosi. Saat itu, salah satunya, adalah Sweet November. Film yang memasangkannya bersama Charlize Theron tersebut gagal memikat para kritikus (ratting Rotten Tomatoes: 15%), namun sukses populer di masyarakat. Kisah Nelson Moss (diperankan Kenau Reeves) yang harus melepas sang pujaan hati karena kanker dengan mudah meluluhkan hati para penonton, dan menjadikannya salah satu film cult di awal era Milenium.

Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989)

bill and ted
Photo courtesy Orion Pictures

Demi impian menjadi seorang bintang rock, Ted Logan (diperankan oleh Keanu Reeves) melakukan penjelajahan waktu bersama sang sahabat, Bill, untuk belajar sejarah langsung pada eranya. Keanu Reeves muda tampil memukau dengan mata coklatnya dan senyum lebar tiap kali melontarkan lelucon yang mengundang tawa penonton.

Constantine (2005)

Photo courtesy Warner Bros. Pictures

Reeves menampilkan salah satu karakter berkekuatan supernatural terpopuler sepanjang masa, John Constantine, dalam film bertajuk nama karakternya. Sinis, skeptis, penyendiri, dan memiliki kemampuan untuk melihat serta berkomunikasi dengan setengah malaikat dan setengah iblis yang berwujud manusia, atau bentuk aslinya.

Dangerous Liaisons (1988)

dangerous liason
Photo courtesy Warner Bros.

Reeves bukan merupakan tokoh utama dalam Dangerous Liaisons yang diadaptasi dari novel klasik. Namun, walau hanya tampil sebagai pemain tambahan, penampilannya memerankan Chevalier Danceny yang memikat hati sosialitas kelas atas (dalam filmnya), turut mencuri hati para penonton.

Much Ado About Nothing (1993)

Photo courtesy Lionsgate

Bermain peran di antara Danzel Washington, Emma Thompson, Richard Briers, Kate Beckinsale, dan Gerard Horan, Keanu Reeves—sebagai bintang baru—tidak kehilangan kharisma. Aktingnya memerankan seorang Don bersifat licik memberikan bumbu kuat bagi jalan cerita.

Something’s Gotta Give (2003)

Photo courtesy Warner Bros. Pictures

Saya tahu judulnya mengatakan 10 penampilan terbaik Keanu Reeves, tetapi kita tidak bisa tidak memperhitungkan kehadirannya dalam Something’s Gotta Give. Dunia kembali merasakan cinta ketika menonton Julian Mercer (diperankan oleh Keanu Reeves) jatuh cinta kepada Erica Barry (Diane Keaton). Period.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.