Academy Museum Perdana Gelar Pameran Retrospektif Hayao Miyazaki

retrospektif hayao miyazaki academy museum

Academy Museum of Motion Pictures merayakan enam dekade perjalanan kreatif Hayao Miyazaki dalam berkarya.

Academy Museum of Motion Pictures mengumumkan rencana pameran karya retrospektif sineas Hayao Miyazaki akan menjadi gelaran perdana saat museum membuka pintu pada 30 April 2021.

Galeri Marilyn dan Jeffrey Katzenberg dialokasi sebagai ruang pamernya. Dipecah ke dalam tujuh area secara tematik, lebih dari 300 objek yang mengeksplorasi 11 film animasi ikonis karya Hayao Miyazaki telah dikurasi oleh Jessica Niebel dan J. Raúl Guzmán bekerja sama dengan Studio Ghibli (didirikan bersama Miyazaki pada 1985) untuk merayakan enam dekade perjalanan karier sang maestro. My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Spirited Away (memenangkan Piala Oscar 2003 untuk kategori Film Animasi Terbaik), Castle in the Sky, dan Ponyo, nantinya termasuk di dalam konten pameran.

Ponyo, 2008 (Photo courtesy Academy Museum)

Selain pertunjukkan karya, pengunjung akan diajak menelusuri kreativitas sang maestro secara mendalam. Academy Museum menyusun katalog berisi 256 halaman yang menampilkan materi produksi karya-karya Miyazaki; mulai dari kreasi artistik untuk televisi hingga fitur filmnya. Dalam katalog turut dijelaskan tentang teknik Miyazaki dalam mengolah animasi. Film karya Miyazaki, dalam bahasa Jepang dan versi yang telah diterjemahkan bahasa Inggris, juga akan diputar di teater sinema museum. Pada akhir perjalanan, pengunjung juga bisa menemukan merchandise eksklusif buatan Studio Ghibli.

retrospektif hayao miyazaki academy museum
Castle in the Sky, 1986 (Photo courtesy Academy Museum)

“Hayao Miyazaki memiliki kemampuan luar biasa dalam menyajikan sudut pandang manusia memandang kehidupan dengan segenap ambiguitas dan kompleksitasnya. Sebuah kehormatan untuk bisa berkolaborasi dengan Studio Ghibli menciptakan sebuah pameran yang akan berkesan bagi penggemar Miyazaki hingga mereka yang tidak familiar dengan karyanya,” kata Jessica Niebel.

Spirited Away, 2001 (Photo courtesy Academy Museum)

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Academy Museum dengan pameran karya Miyazaki Hayao. Pameran ini akan menjadi yang terlengkap, sekaligus menjadi retrospektif perdana di Amerika Utara,” kata direktur Academy Museum, Bill Kramer, sebagaimana dilansir dalam pernyataan resmi yang dirilis lewat situs Academy Museum. “Ini adalah cara yang tepat untuk membuka pintu kami, yang menandakan cakupan global dari Museum Akademi.”

retrospektif hayao miyazaki academy museum
Kiki’s Delivery Services, 1989 (Photo courtesy Academy Museum)

“Kekuatan Miyazaki dalam mengingat detail akan apa yang telah ia lihat ialah titik kejeniusannya. Ia seperti menuangkan memorinya untuk menciptakan karakter, lanskap dan struktur yang begitu orisinil, ”kata produser dan salah satu pendiri Studio Ghibli, Toshio Suziki. “Kami harap pengunjung dapat merasakan seluruh ruang lingkup proses kreatif Hayao Miyazaki melalui pameran ini.”

retrospektif hayao miyazaki academy museum
Hayao Miyazaki menerima penghargaan Lifetime Achievement Academy Awards tahun 2014. (Photo courtesy Academy Museum).
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.