10 Akting Memukau Reese Witherspoon yang Tak Terlupakan

Figur perempuan cerdas, berkepribadian ceria dengan selera humor yang mengundang gelak tawa, simpatisan, dan selalu penuh percaya diri. Ragam karakter Reese Witherspoon di layar sinema yang senantiasa dipuja.

Reese Witherspoon telah menjadi bintang pujaan Amerika dan mencuri hati berjuta-juta penikmat sinema di seluruh dunia sejak debutnya dalam film The Man in the Moon di tahun 1991. Kini, Witherspoon tidak hanya dikenal sebagai pemeran profesional. Ia juga merupakan pemain ulung di balik layar sinema dengan duduk di bangku produser. Menandai 3 dekade perjalanan karier sang aktris, ELLE mengajak Anda mengenang kembali ragam karakter Reese Witherspoon di layar lebar dan televisi yang membuat figurnya kian dipuja.

Annette Hargrove – Cruel Intentions (1999)

photo courtesy Columbia Pictures

Beberapa tahun sebelum menjelmakan Elle Woods, Reese Witherspoon lebih dulu mengukir reputasi berakting dalam psychological drama remaja tahun ’90-an, Cruel Intentions. Perannya sebagai Annette Hargrove, perempuan cerdas yang menjadi objek narasi manipulatif tentang cinta dalam permainan dua saudara tiri, sukses melambungkan kredibilitas Witherspoon di jagat Hollywood. Bukan sekadar lakonnya sebagai pemeran, tetapi juga atas kontribusi dalam penulisan dialog sang karater. “Ia datang kepada saya, dan kami duduk bersama mengerjakan dialognya selama seminggu. Annette adalah karakter yang paling banyak kami revisi. Tidak mungkin film tersebut akan sukses jika bukan karena bakat Reese sebagai penulis,” ungkap Roger Kumble selaku sutradara sekaligus penulis screenplay filmnya dalam wawancara bersama EW.

Elle Woods – Legally Blode (2001)

LEGALLY BLONDE
Photo courtesy MGM Distribution Co.

Dua dekade berlalu sejak Elle Woods pertama kali menggebrak ruang sidang dan meruntuhkan sentimen publik terhadap stereotip perempuan berambut pirang yang mengenakan busana girly serba warna pink. Tokoh sentral film Legally Blonde (2001) itu pun menjadi salah satu peran ikonis Reese Witherspoon di layar lebar. Kepiawaian Witherspoon memerankan perempuan muda ceria yang cerdas dan mampu memenangkan situasi dengan caranya sendiri itu mengantarkannya sebagai bintang pujaan Amerika, plus nominator Golden Globes kategori Best Actress in a Motion Pictures Musical or Comedy pada tahun 2002.

Cheryl – Wild (2015)

wild
Photo courtesy Fox Searchlight Pictures

Wild mengisahkan memoar Cheryl Strayed yang menjalani misi impulsif pendakian di Pacific Crest Trail untuk menghapus duka kesedihan atas kepergian sang ibu, perceraian, dan penyesalan di masa lalu. Akting Reese Witherspoon menyampaikan emosi mendalam Cheryl berhasil menyentuh hati kritikus, hingga meyakinkan para juri di Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk menominasikannya sebagai Aktris Terbaik di Academy Awards tahun 2015.

Jill Green – F.R.I.E.N.D.S (1994 – 2004)

Photo courtesy NBC

Reese Witherspoon tidak menjadi bintang reguler dalam F.R.I.E.N.D.S. Ia hanya muncul sebagai bintang tamu dan tampil dalam dua episode di musim ke-6. Namun, penampilannya sebagai adik Rachel Green (diperankan oleh Jennifer Aniston) yang manja dan narsistik mampu membuat para penonton terkesan hingga menginginkan karakternya tampil lebih banyak. Sayangnya, Witherspoon menolak karena terlalu grogi dengan situasi live audience di lokasi syuting.

Becky Sharp – Vanity Fair (2004)

Photo courtesy Focus Features

Film yang mengadaptasi novel berjudul sama karya William Thackeray ini menampilkan Reese Witherspoon sebagai Becky Sharp. Seorang perempuan muda yang ambisius berusaha menempatkan dirinya dalam lingkaran status sosial para bangsawan elit di Inggris abad ke-19. Sharp mulai dengan menjadi seorang pengasuh anak yang mengantarkan dirinya sebagai nyonya pewaris kekayaan keluarga Crawley.

Madeline Martha Mackenzie – Big Little Lies (2017 – 2019)

Big Little Lies Season 1 finale, photo courtesy Hilary Bronwyn Gayle/HBO

Entah Anda menyukainya atau benar-benar mencintainya. Madeline Mackenzie membuat segala hal dalam hidupnya tampak rumit, dan Reese Witherspoon sukses memukau penikmat drama televisi ketika memerankan salah satu tokoh utama perempuan dalam serial Big Little Lies tersebut.

June Carter – Walk the Line (2015)

Photo courtesy 20th Century Fox

Reese Witherspoon mampu bernyanyi. Ia tunjukkan lewat aksinya menghidupkan musisi country June Carter dalam biopik karier Johnny Cash bertajuk Walk the Line. Performanya dalam berperan pun menjadi sorotan. Kritikus memberikan apresiasi tertinggi yang sukses mengantarkannya merajai panggung berbagai ajang penghargaan di tahun 2006; mulai dari Critics’ Choice Movie Awards, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, hingga Academy Awards, seluruhnya menobatkan Reese Witherspoon sebagai Aktris Terbaik.

Bradley Jackson – The Morning Show (Sejak 2019)

Photo courtesy Apple TV+

Bradley Jackson adalah seorang pembawa acara acara pagi yang klasik: berparas cantik, tubuh mungil, dan berkulit cerah. Karakternya diposisikan sebagai wajah perlawanan; suara untuk para perempuan yang minim kesempatan di televisi segmen pagi. Ironinya Witherspoon sendiri merefleksikan “wajah” serupa yang kita lihat mendominasi televisi sejak era lama. Walau begitu, integritas Witherspoon menjalankan perannya tak perlu dipertanyakan, mengingat sang aktris senantiasa vokal membicarakan kesetaraan gender di kehidupan nyata.

Tracy Flick – Election (1999)

Photo courtesy Paramount Pictures

Seorang siswa dengan daftar nilai A. Berkepribadian ceria dan peduli sesama. Rambutnya yang dicat warna pirang selalu tertata sempurna. Wajahnya berkilau natural karena riasan, dan padu-padan busananya elegan. Terlebih lagi, ia sangat percaya diri. Siapa lagi yang bisa memerankannya selain Reese Witherspoon? Tracy Flick yang ambisius dalam pemilihan Ketua OSIS di sekolah menawarkan komedi satire sebagai penghiburan.

Melanie Smooter – Sweet Home Alabama (2002)

Photo courtesy Buena Vista Distribution Company

Komedi romantis Sweet Home Alabama besutan Andy Tennant ini gagal membuat para kritikus tergelak. Tetapi penampilan Reese Witherspoon cukup menyakinkan mata, dan menuai pujian sebagai penyelamat jalan cerita. Witherspoon tampil memerankan seorang desainer mode New York Melanie yang pulang ke kampung halaman untuk mengurus perceraian dengan sang suami (diperankan oleh Josh Lucas), agar dapat menjalankan rencana pernikahan keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.