Sebelum Gabung di Clubhouse, Latih Seni Berbicara Lewat 5 Buku Ini

books about public speaking - clubhouse

Baik sebagai pembicara maupun jadi pendengar, pahami dengan baik media sosial Clubhouse lewat rekomendasi buku berikut.

Kepandaian berbicara adalah sesuatu yang mutlak diperlukan. Baik di kehidupan nyata, maupun dunia maya. Termasuk di Clubhouse, di mana percakapan dilakukan secara virtual dan satu-satunya cara untuk memahami seseorang adalah dengan menyimak Bahasa lisannya. Terlebih ketika tujuan Anda berbicara di Clubhouse memiliki agenda yang sifatnya persuasif.

Komunikasi dalam bentuk virtual nyatanya juga memerlukan aturan dan etika. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar proses komunikasi, baik ketika berbicara maupun mendengar, berjalan mulus. Berikut rekomendasi buku yang layak dibaca sebelum Anda berpartisipasi dalam Clubhouse.

Bicara Itu Ada Seninya

Tahukah Anda bahwa berbicara itu ada seninya? Pakar komunikasi asal Korea Selatan, Oh Su Hyang, mengeluarkan buku tentang pentingnya komunikasi dalam keseharian manusia. Selain tentang pengalaman peningkatan diri, buku ini juga memuat berbagai konten mengenai teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi. 

Terbit secara global, berjudul asli The Secret Habits to Master Your Art of Speaking. Buku ini mengulas tentang bagaimana cara berbicara yang baik, pentingnya berbicara dengan artikulasi yang jelas, dan perlunya mengambil tarikan napas di saat berbicara. Suatu ucapan bisa disebut baik apabila kalimat-kalimat yang dilontarkan mampu menggetarkan hati. Mereka yang mahir berbicara adalah mereka yang mampu menghidupkan suasana dan kalimat-kalimatnya memiliki kekuatan. 

Buku ini menjabarkan apa-apa yang diperlukan untuk menguasai teknik berkomunikasi. Terdapat banyak episode menarik dari figur-figur terkenal yang berbagai rahasia dalam berkomunikasi. 

Listen Like a Dog

Buku ini menjelaskan cara meningkatkan kehidupan yang lebih baik dan berkualitas melalui kemampuan mendengar. Lewat Listen Like a Dog, kita mempelajari teknik terbaik dalam berkomunikasi melalui seekor anjing. Penulisnya, Jeff Lazarus, merupakan seorang pencinta anjing yang pernah bekerja sebagai konsultan di perusahaan farmasi. Ia juga lulusan studi komunikasi sekaligus pengajar public speaking

Salah satu kunci sukses dalam menjalin relasi sosial adalah kemampuan untuk mendengarkan orang lain. Lewat buku ini, manusia mempelajari keterampilan mendengar dari seekor anjing yang dianggap sebagai pendengar yang baik. Hewan ini mempunyai kemampuan luar biasa dalam hal mendengarkan. Hal-hal yang tertulis di buku ini antara lain tentang apa yang harus dihindari ketika mendengarkan orang lain, apa yang seharusnya dilakukan ketika mendengarkan orang lain, pentingnya mengambil jeda dan keheningan dalam berbicara, apa yang mesti dilakukan agar menjadi pendengar yang baik, serta apa manfaat positif dari spontanitas dan improvisasi ketika mendengarkan orang lain. 

Belajar Mendeteksi Kebohongan

Setiap orang pernah berbohong. Bohong merupakan bagian kehidupan kita sehari-hari dan tidak sepenuhnya jelek. Namun bila kebohongan digunakan dengan niat yang merugikan, maka mengenali kebohongan menjadi keahlian penting yang perlu kita kuasai. 

Dr. David Craig menulis buku yang mudah dibaca yang akan membantu mengembangkan kemampuan ‘mendeteksi kebohongan’ dan mengajari Anda keterampilan-keterampilan dalam mengenali kebohongan. Ia menyampaikan saran-saran dan teknik-teknik sederhana yang mudah untuk melihat ke balik dinding kebohongan dan menggali kebenaran. 

Seni Menguasai Lawan Bicara

Satu fakta yang tak bisa dilawan, bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kita pasti berhubungan dan perlu bekerja sama dengan orang lain. Kerja sama atau hubungan apa pun mensyaratkan terjadinya komunikasi. Berhadapan dengan lawan bicara, membahas suatu kepentingan, maupun membicarakan hal-hal ringan. Tentu saja kita tidak mau sekadar jadi pendengar. Seseorang harus mampu menguasai keadaan dan menyeimbangkan percakapan dengan “menaklukkannya”. 

Seni Menguasai Lawan Bicara karya William Andromeda berisi tentang strategi untuk menaklukkan lawan bicara di kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang sosok, karakter, dan teknik percakapan sehari-hari. Panduan teknisnya dapat diterapkan ketika Anda sedang mendengarkan seseorang, atau ketika Anda tidak tahu bagaimana harus memulai percakapan dalam sebuah diskusi. 

Mahir Berbicara

Siapa saja bisa jadi pembicara. Tetapi tidak semua orang mampu jadi pembicara yang menarik hati pendengarnya. Bagaimana caranya agar membuat orang lain ‘diam dan mendengarkan’? Apa rahasia yang dilakukan para pembicara hebat untuk membuat pendengarnya betul-betul menyimak percakapan? 

Jawabannya terangkum dalam Mahir Berbicara karya Asti Musman. Berbagai pemaparan dan tip untuk menjadi pembicara yang andal. Dan bersiaplah untuk didengar oleh ribuan orang di Clubhouse. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.